mediabangsa.com – Kabupaten Tegal merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang kawasannya berada di dataran tinggi. Hal tersebut membuat Tegal menyimpan sederet objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya yaitu Wisata Prabanlintang Danasari, atau yang dikenal pula dengan nama Wana Wisata Prabanlintang atau Praba Lintang.

Destinasi tersebut sangat cocok dijadikan sebagai tujuan rekreasi keluarga maupun bersama teman atau orang tersayang. Karena kealamiannya benar benar akan membuat siapapun betah berlama lama di lokasi. Sehingga anda tidak perlu repot mencari tempat yang mahal dan mewah untuk refreshing dan menghilangkan penat.

Daya Tarik yang Dimiliki Wana Wisata Prabanlintang

1. Suasana Alami yang Cocok untuk Refreshing

Prabanlintang Danasari yang berada di Kabupaten Tegal, mempunyai ciri khas wisata dataran tinggi yang umumnya dipenuhi dengan hutan pinus. Di sini para pengunjung memang bisa dengan mudah menemukan pepohonan pinus yang menjulang tinggi, membuat suasana di lokasi terasa sangat asri dan sejuk.

Tidak heran apabila wana wisata tersebut sangat cocok dijadikan sebagai tujuan liburan untuk refreshing dan menghilangkan penat. Anda bisa mengajak keluarga, sahabat, teman, maupun kolega di kantor untuk menikmati pemandangan indah nan alami ini bersama sama. Daerahnya yang cukup jauh dari hiruk pikuk perkotaan juga akan membuat anda betah menghabiskan waktu di sana.

2. Spot Foto yang Instagramable

Bagi para millenials yang hobi melakukan swafoto, Wana Wisata Prabanlintang adalah tujuan yang tepat untuk menikmati waktu liburan. Pasalnya di tempat wisata yang dipenuhi dengan hutan pohon pinus tersebut sudah tersedia banyak sekali spot foto Instagramable, yang bisa dijadikan tempat untuk mengambil berbagai potret ciamik.

Bahkan tidak hanya satu atau dua spot foto saja yang bisa anda temukan. Melainkan ada sangat banyak spot foto menarik yang bisa membuat anda bingung harus memilih spot mana yang terlebih dahulu harus dijajal. Apalagi dengan pemandangan nan hijau yang menyegarkan mata, sudah pasti hampir semua sudut di lokasi wisata tersebut bisa anda nikmati sebagai spot foto apik.

3. Banyak Trek Jalan yang Bisa Dilewati

Apabila anda menyukai aktivitas trekking, Wisata Prabanlintang Danasari menghadirkan beberapa trek jalan yang dapat disusuri. Bahkan pengelola wisata secara aktif menambah trek jalan tersebut untuk para pengunjung. Salah satunya yaitu trek jalan yang pembatasnya terbuat dari ban mobil bekas.

Trek tersebut mulai dibangun pada tahun 2018 lalu dan tidak butuh waktu lama menjadi favorit bagi para pengunjung. Terlebih sejauh mata memandang yang bisa disaksikan adalah nuansa alam yang masih sangat alami, sehingga begitu memanjakan dan menyegarkan penglihatan. Untuk trek dari ban mobil bekas ini sendiri mempunyai panjang sekitar 100 meter dari pintu masuk.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Wana Wisata Prabanlintang beralamatkan di Jalan Raya Danasari, Ladang, Desa Danasari, Kecamatan Bojong, Tegal, Jawa Tengah. Karena termasuk sebagai wisata yang sedang naik daun dan populer di kalangan masyarakat Tegal sendiri, anda yang berasal dari luar daerah tidak akan sulit untuk menemukannya.

Dari arah pusat kota, jaraknya kurang lebih 39 kilometer atau membutuhkan waktu perjalanan sekitar satu jam. Dimana akses jalan menuju lokasi tergolong sudah bagus, sehingga anda bisa menggunakan berbagai kendaran untuk mencapai tempat wisata baik itu kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Adapun rute yang dapat diambil yaitu mulai dari Jalan Kapten Sudibyo dan mengarah ke Jalan Raya Tegal-Purwokerto-Cilacap dan Jalan Bojong ke Karang Jambu. Setelahnya anda bisa mengarahkan kendaraan ke Jalan Raya Danasari. Apabila masih bingung dengan rutenya, bisa bertanya pada masyarakat sekitar atau andalkan navigasi peta digital supaya lebih mudah.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Apabila ingin berkunjung dan menikmati berbagai keseruan di Wana Wisata Prabanlintang, pastikan anda datang saat jam operasionalnya yang berlangsung mulai pukul 07.00 sampai dengan 17.00 WIB setiap harinya. Yang mana informasi terbaru untuk harga tiket masuknya termasuk sangat murah meriah dan ramah bagi semua kalangan.

Anda hanya perlu menyiapkan uang sebesar kurang lebih Rp. 5.000 saja per orangnya. Dan untuk tarif parkir kendaraan berlaku tarif normal seperti objek wisata pada umumnya, yaitu Rp. 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 3.000 untuk kendaraan roda empat. Namun harga bisa berubah lagi sewaktu waktu tergantung kebijakan pihak pengelola.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Wana Wisata Prabanlintang

1. Naik ke Rumah Pohon

Rumah pohon merupakan salah satu spot foto yang populer di Wisata Prabanlintang Danasari, sehingga anda sebaiknya jangan melewatkan kesempatan untuk berpose dan mengambil gambar di sana. Bahkan spot tersebut sangat hits di kalangan anak muda Tegal, khususnya yang aktif di media sosial dan menyukai fotografi.

Apabila anda takut dengan ketinggian, tidak perlu khawatir. Karena wahana ini sudah sangat aman dan terdapat pembatas yang sengaja dibangun untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan. Apalagi setelah sampai di atas, anda bisa melihat panorama alam sekitar yang begitu indah dengan lebih jelas dari rumah pohon ini.

2. Berpose dan Bersantai di Hammock

Sama seperti wisata dengan hutan pinus lainnya yang seringkali menghadirkan hammock sebagai wahananya. Pun dengan Wisata Prabanlintang Danasari, yang menyediakan hammock dengan susunan 2 sampai 3 baris di antara pohon pinus. Biasanya para pengunjung terlihat asyik berpose di atas hammock dengan latar belakang hutan pinus yang rindang.

Bahkan lebih seru lagi biasanya ada juga hammock yang disusun sampai 5 baris ke atas, cocok sekali untuk foto grup apabila anda datang berkelompok dengan anggota cukup banyak. Namun pastikan anda hati hati saat naik ke hammock, khususnya bagi anda yang berada di hammock barisan paling tinggi.

3. Menikmati Pemandangan di Jembatan Kayu

Di Wana Wisata Prabanlintang Danasari, anda bisa menemukan jembatan kayu estetik yang biasa dijadikan sebagai tempat berburu foto. Jembatan kayu di sini ada 2, satu menggunakan tali sebagai penopangnya dan dijadikan sebagai penghubung antara zona A dan zona B.

Sementara satu jembatan lagi berada di danau, yang begitu populer dijadikan tempat foto prewedding. Bagaimana tidak, jembatan air tersebut memang sangat estetik dengan latar belakang pemandangan hijau nan asri. Tidak heran apabila lokasinya banyak dimanfaatkan sebagai spot pengambilan foto untuk prewedding. Namun karena tidak mempunyai pegangan di sisi sisinya, sebaiknya anda berhati hati.

4. Mencoba Ayunan

Seperti sebuah taman bermain di tengah hutan, di Wisata Prabanlintang Danasari terdapat ayunan yang juga sering dimanfaatkan untuk mengambil foto Instagramable. Jadi baik anak anak maupun orang dewasa sering terlihat menjajal ayunan tersebut, rasanya sangat asyik dengan ditemani panorama alam yang indah dan suasana asri di sekitar.

5. Piknik

Objek wisata nan asri yang ada di Tegal ini memang sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga. Karena di antara puluhan atau bahkan ratusan pohon pinus, rerumputan di sana tumbuh dengan subur dan beberapa lokasinya mempunyai kontur yang rata. Biasanya banyak pengunjung yang memanfaatkan lokasi tersebut untuk menggelar tikar.

Bahkan tidak jarang ada yang membawa tenda kecil untuk sekadar piknik di pagi hari menikmati keindahan alam yang ada di sekitar. Baik bersama keluarga maupun teman, rasanya kegiatan piknik seperti ini sayang sekali dilewatkan ketika berkunjung ke Wisata Prabanlintang Danasari.

6. Trekking

Punya banyak jalur trekking, tentunya anda wajib menyusuri setiap jalur yang ada untuk menikmati lebih jauh lokasi wisata yang ada di Tegal ini. Apabila tidak memiliki waktu lebih, anda bisa memilih salah satu yang dirasa paling sesuai dengan selera. Misalnya jalur trekking sepanjang 100 meter dari arah pintu masuk yang pembatasnya dibuat dari ban mobil bekas.

Jalur trekking tersebut termasuk yang paling populer di kalangan wisatawan. Pasalnya jalurnya sendiri sudah sangat apik sebagai tempat untuk mengambil berbagai foto ciamik. Dan di sisi kiri dan kanan sepanjang jalur sudah tampak hutan pinus yang menjulang tinggi di pandangan mata, sehingga membuatnya terlihat makin indah rupawan.

7. Outbound

Satu lagi kegiatan menarik yang dapat dilakukan di Wisata Prabanlintang Danasari, yaitu outbound. Karena wahana outbound yang tersedia di sini termasuk cukup banyak. Itulah kenapa banyak kegiatan employee gathering atau outing yang dilakukan di sini. Beberapa wahana outbound yang tersedia antara lain flying fox, jembatan gantung, dan masih banyak lagi.

8. Bermalam di Tengah Hutan Pinus

Wana Wisata Prabanlintang menyediakan camping ground yang sering dimanfaatkan sebagai tempat piknik dan mendirikan tenda. Bahkan anda yang ingin menikmati keindahan wisata alam ini lebih lama, bisa bermalam di lokasi dan menikmati berbagai keseruannya di sana.

Rasakan pengalaman seru menginap di dalam hutan pinus dan menikmati pemandangan indah sekaligus menantang di malam hari. Direkomendasikan untuk mencari waktu saat hari cerah apabila ingin bermalam di tengah hutan pinus Prabanlintang Danasari. Karena bermalam dengan ditemani langit berbintang akan membuat anda mendapat suasana yang lebih syahdu.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Wisata Prabanlintang Danasari dikelola dengan baik untuk memanjakan para pengunjung, supaya betah berlama lama menikmati berbagai keseruan yang ada di lokasi wisata. Tidak heran apabila fasilitas yang tersedia di sini pun termasuk sangat lengkap. Benar benar dapat menjawab semua kebutuhan pengunjung selama rekreasi di area wisata.

Seperti sejumlah spot foto keren dan Instagramable yang tersedia di berbagai tempat di dalam objek wisata, sehingga para pengunjung tidak perlu mengantre terlalu lama untuk mendapatkan potret ciamik. Lalu ada toilet bersih yang disediakan di beberapa tempat, sampai mushola bagi para pengunjung yang beragama muslim sehingga tidak perlu khawatir ketinggalan waktu sholat.

Selain itu, wisata alam nan sejuk dan asri ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas pelengkap seperti wahana outbound sampai deretan warung yang menyediakan berbagai makanan dan minuman untuk pengunjung. Bahkan bukan tidak mungkin apabila ke depannya akan ada lebih banyak fasilitas lain yang dibangun untuk menunjang kenyamanan pengunjung.

Dengan adanya sederet daya tarik sampai fasilitas yang dihadirkan di Wana Wisata Prabanlintang Danasari, tidak heran apabila objek wisata alam di Tegal ini berhasil menggaet banyak pengunjung lokal maupun dari luar daerah. Bahkan sejak awal pembukaannya, tidak butuh waktu lama bagi wisata hutan pinus tersebut menjadi populer di kalangan wisatawan.