mediabangsa.com

    4SHARES

Wajah Mulus Bebas Komedo/ Foto: Shutterstock

Dream – Munculnya komedo memang sangat menjengkelkan. Biasanya berupa bintik putih dan hitam serta berminyak di sekitar hidung, dan dagu. Komedo bisa terjadi karena penumpukan minyak wajah (sebum) dan kotoran.

Berbagai cara pun dilakukan untuk menghilangkannya. Mulai dari eksfoliasi, facial, rutin pakai skincare dan masih banyak lagi. Satu hal yang sering dilupakan adalah mencegah komedo dengan perawatan dari dalam.

Caranya, dengan mengurangi konsumsi makanan yang bisa merangsang produksi minyak di wajah juga mengonsumsi makanan sehat. Apa saja yang bisa dilakukan?

Kurangi Konsumsi Produk Susu

Produk susu dapat menyebabkan efek berbahaya pada kulit. Protein yang ditemukan dalam susu mengandung insulin, yang dapat menyebabkab kulit berjerawat dan komedo. Protein susu bahkan bisa bercampur dan dengan hormon alami dalam tubuh kita yang dapat menyebabkan jerawat.

Konsumsi Kacang AlmondAlmond memiliki kandungan vitamin E yang secara alami dapat memblokir hal berbahaya yang mempengaruhi kulit, seperti polusi dan bakteri. Kandungan lemak sehat yang terkandung pada almond bahkan dapat menurunkan berat badan. Almond tidak dapat memperburuk jerawat jika dikonsumsi, justru bisa menyehatkan kulit.

Asam Lemak Omega-3Asam lemak omega-3 dapat mengurangi peradangan dan membantu melawan koemdo serta jerawat. Nutrisi ini juga dapat membantu mencegah kulit kemerahan, kering, dan gatal. Asam lemak bisa didapatkan dari salmon, tiram, sarden, biji chia, dan kedelai.

(Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita/ Sumber: BrightSide)

Noda Kehitaman di Pori-Pori Belum Tentu Komedo, Ini Sebabnya

Dream – Jerawat bukanlah satu-satunya masalah kulit yang membuat penampilan pria maupun wanita terganggu. Sebelum terbentuknya jerawat, sel kulit mati atau sisa kotoran yang menyumbat pori-pori akan membentuk komedo.

Komedo pun terbagi menjadi dua tipe, yaitu whiteheads dan blackheads. Sesuai namanya, whiteheads terlihat berwarna putih ketika kamu memperhatikan pori-pori kulit.

© Dream

Sedangkan blackheads akan terlihat berwarna hitam ketika kamu memperhatikan pori-pori. Namun, warna kehitaman yang mengisi pori-pori belum tentu diakibatkan oleh penumpukan sel kulit mati atau kotoran.

© TikTok @dr.ziee

Terkadang, hal tersebut disebabkan oleh folikel rambut yang terjebak di dalam pori-pori kulit atau biasa disebut trichostasis spinulosa.

Berdasarkan konten TikTok Dermatologis, Yessica Tania, kondisi ini terjadi di sekitar area hidung, pipi, dagu, atau glabela (di sekitar pangkal hidung atas).

Kamu bisa mengatasinya dengan menarik rambut yang terjebak dalam pori-pori menggunakan pinset atau melakukan perawatan laser hair removal agar lebih efektif.