mediabangsa.com – TOCHIGI – Model hatchback andalan Honda di Jepang, yaitu Fit, kini resmi mendapat penyegaran. Di negara asalnya, alias dari Honda Jazz ini kini dapat tambahan varian yaitu Fit RS. Selain melalui tampilan yang lebih sporty, Honda Fit RS terbaru juga punya banyak hal menarik baru yang ditawarkan kepada para penggemarnya.

Kehadiran varian RS menambah ragam varian yang sudah lebih dulu hadir. Sebut saja Basic, Home, Luxe serta Crosstar. Ini membuat konsumen dapat memilih tipe sesuai dengan kebutuhan juga gaya masing-masing.

Soal desain ini, Fit masih menggunakan bahasa desain neo retro. Sentuhan sporty pada varian RS terlihat pada perbedaan bumper depan yang menghadirkan lubang angin berukuran besar serta penggunaan warna hitam. Logo RS berwarna oranye hadir sebagai penanda varian ini.

Grillenya menggunakan motif jaring dengan garis-garis melintang mendominasi fascia depan. Headlampnya serupa dengan varian lain, berteknologi LED dengan desain DRL futuristik. Belum ada spesifikasi detail, namun kemungkinan Fit RS menggunakan velg 17 inci dengan model bilah.

Masuk ke interiornya, masih sama dengan desain Fit varian lainnya, namun kini dengan tambahan detail jahitan di beberapa bagian. Selain itu penggunaan warna interior hitam dan abu-abu serta sentuhan chrome di beberapa tombol membuat kesan elegan dan sportynya menyatu dengan baik.

Sistem penggerak Fit RS berteknologi hybrid e:HEV. Meski belum mengeluarkan spek detailnya, diklaim kehadiran teknologi ini membuat pengalaman berkendara layaknya respons kendaraan listrik.

Teknologi ini juga menghadirkan fitur deselerasi selector. Fitur ini untuk meningkatkan deselerasi motor listrik layaknya sensasi engine brake pada mobil konvensional. Honda juga memberikan mode berkendara untuk dipilih yakni Normal, Sport dan ECON.

Fit RS juga dilengkapi dengan fitur keselamatan Honda Sensing. Fitur ini terdiri dari beberapa teknologi seperti collision mitigation brake, reverse erroneous starts suppression function, pedestrian accident reduction steering, serta off-road departure control function. Masih ada fitur adaptive cruise control with traffic jam following function, lane keeping assist system, traffic jam assist, preceding vehicle start notification function, sign recognition function dan auto high beam.

Fit generasi keempat pertama kali diperkenalkan di pameran Tokyo Motor Show 2019. Produksi dan penjualan hatchback ini mulai 2020. Honda berkonsentrasi pada kenyamanan berkendara dengan desain pilar A cross sectional yang diklaim lebih aman meredam tubrukan. Selain itu, Fit menawarkan kabin yang lapang dengan ruang penyimpanan untuk memenuhi kebutuhan mobilitas pengemudi maupun penumpangnya di dalam kota maupun perjalanan jauh.

Fit terbaru tidak dijual di Indonesia. Model Jazz berhenti ditawarkan dan diganti dengan City Hatchback yang lebih sporty.(SETYO ADI / WH)