mediabangsa.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/05/24/Ay6TmsFs/summer-car-care-d89e.jpg”>

Pada 2016, kemacetan parah terjadi di Brexit (gerbang tol Brebes Timur). Kemacetan horor selama berjam-jam mengakibatkan 12 orang meninggal dunia. Sebagian besar karena kelelahan dan kepanasan. Untuk menanggulangi hal tersebut, mempersiapkan makanan dan minuman di mobil bisa menghindari kelelahan di jalan selama mudik. Intip bagaimana tips dan triknya.

1. Siapkan pasokan makanan dan minuman di dalam mobil

Kurangnya pasokan makanan dan minuman, terlebih ketika Anda akan melewati jalur tol panjang. Memang, pemerintah sudah mempersiapkan puluhan rest area di sepanjang jalur tol. Tetapi untuk mengantisipasi masalah yang terjadi ketika Anda melewati rest area di saat kehausan/dehidrasi, mempersiapkan makanan maupun minuman di dalam mobil perlu dilakukan.

Jangan ragu untuk membawa pasokan makanan/minuman di dalam mobil

Terlebih ketika Anda melakukan mudik dalam kondisi berpuasa. Masalah yang sering terjadi adalah pengemudi masih berada di jalan ketika adzan berkumandang. Untuk itu, pasokan makanan dan minuman di dalam mobil akan membantu Anda tanpa harus berhenti lebih lama di rest area.

2. Jika memadai, sediakan cooler bag

Jika perlu, bawa cooler bag untuk menjaga makanan/minuman tetap dingin

Cobalah tas pendingin kecil di jalan untuk menjaga air minum yang Anda bawa tetap dingin. Minum minuman dingin dapat membantu mendinginkan suhu tubuh. Lebih baik lagi, bawa batu es atau air beku. Jadi tak perlu lagi ada es pendingin dan Anda bisa mendapatkan minuman dingin yang enak ketika mulai mencair.

3. Perhatikan asupan makanan/minuman

Hal ini berlaku bagi Anda yang senang menyeruput kopi untuk tetap terjaga selama mengemudi. Mengkonsumsi kopo mempermudah tubuh untuk terdehidrasi. Jika Anda merupakan tipe pengendara yang minum kopi selama berkendara, pastikan untuk minum dua kali lipat dari jumlah kopi yang Anda minum.

Jangan konsumsi makanan/minuman yang membuat tubuh dehidrasi

Untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, buah-buahan seperti beri dan apel dapat memberikan cakupan air, vitamin, dan mineral tanpa harus minum banyak air. Jika perlu, Anda bisa membeli es kelapa muda yang mampu menggantikan air yang keluar melalui keringat.

4. Periksa mobil sebelum mudik

Melakukan perawatan atau memeriksakan mobil ke bengkel tidak hanya untuk menjaga kendaraan mampu melaju dengan lancar selama perjalanan. Untuk kenyamanan di dalam mobil, pastikan kondisi AC bisa berjalan dengan sempurna untuk menghindari kerusakan yang terjadi selama dalam perjalanan.

Pastikan untuk selalu memeriksa kondisi mobil sebelum bepergian

Hindari berkendara dengan kondisi AC yang mati atau rusak. Pasalnya, tanpa adanya pendingin di dalam mobil, tubuh akan lebih cepat panas. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah mengalami kelelahan di jalan ketika mudik. Apalagi disertai dengan kondisi jalanan yang panas dan tanpa angin. Kondisi ini akan semakin memburuk ketika Anda terjebak kemacetan selama mudik tanpa pendingin udara yang bisa diandalkan.