mediabangsa.com

    36SHARES

Ilustrasi Menanak Nasi. (Source: Shutterstock)

Dream – Memasak makanan sehari-hari kerap dijadikan kunci hemat bagi anak kos. Mulai dari menanak nasi hingga memasak lauk pauk, seperti ikan, ayam, tumis sayur, dan lain-lain.

Sayangnya, porsi nasi yang dikonsumsi anak kos dalam sehari tidak sebanyak ukuran di rice cooker. Akibatnya, nasi pun tersisa cukup banyak dan cepat basi. Apalagi, jika sebelumnya ditanak menggunakan air yang cukup banyak.

Mencari rice cooker kecil pun cukup sulit. Minimal ukuran rice cooker yang terjual di pasaran adalah 0,3 liter. Mau tidak mau, anak kos harus membeli atau berbagi nasi dengan penghuni lainnya jika ingin menghemat.

Selain itu, anak kos juga bisa melakukan trik yang dibagikan akun TikTok dengan hampir 2500 pengikut @b141018i. Trik ini sangat efektif menghemat nasi dan cocok diterapkan bagi anak kos yang tidak membayar tagihan listriknya sendiri.

Pertama-tama, isi rice cooker dengan air secukupnya. Lalu, taruh beras di dalam mangkuk anti panas. Tambahkan air pada nasi hingga terendam.

© TikTok @b141018i

Foto: TikTok @b141018i

Setelah itu, taruh mangkuk berisi beras dan air ke dalam rice cooker. Pastikan air yang ada di rice cooker tidak lebih tinggi daripada wadah beras. Masak nasi dengan rice cooker hingga matang. Selamat mencoba!

Tak Boros Tenaga, Ibu Ini Bersihkan Kerang Pakai Mesin Cuci

Dream – Kerang merupakan hidangan laut yang memiliki cita rasa gurih. Biasanya jadi menu favorit di restoran seafood. Dalam mengolah kerang, dibutuhkan proses pembersihan yang ekstra.

Jika tak dibersihkan berulang kali, saat memakannya akan masih terasa banyak pasir. Rupanya ada cara unik untuk membersihkan kerang sebelum diolah. Pemilik akun Instagram @dewi.jalal membagikan video cara membersihkan kerang bukan pakai tangan, tapi mesin cuci.

Ada Gubukan Mi Instan di Pesta Perkawinan, Laris Disukai Tamu

© Instagram @dewi.jalal

” Cara mencuci kerang yang banyak versi saya, pastikan kerang direndam dulu kurang lebih setengah jam atau hingga si kerang membuka cangkangnya, jadi pasir dan kotorannya keluar sendiri,” tulis Dewi.

Bilas Kerang di Mesin Cuci

© Instagram @dewi.jalal

Baru kemudian masukkan kerang ke mesin cuci. Mesin yang ia gunakan merupakan merupkan mesin cuci dua tabung.

DIY Resep French Toast dengan 4 Bahan Sederhana

” Nah setelah itu baru deh mulai cuci menggunakan mesin cuci tanpa deterjen ya, jadi memang air saja,” ungkapnya.

Video dan Komentar

Baru setelah itu bilas lagi dengan air bersih. Kerang pun siap diolah dengan beragam bumbu. Komentar pun bermunculan menanggapi cara unik bersihkan kerang tersebut.

” Apa ntar mesin cucinya ga bau amis?,” tulis salah satu akun.

Warganet Pesan Paha Ayam, Saat Datang Versinya ‘Ayam Diet’

” besok auto lgsung mau coba gini juga aaah,” ungkap warganet.

” Auto kinclong kerangnya momm,” komentar lainnya.

Lihat saja videonya.

Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai ‘etalase’.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

Manfaat Menyantap Berbagai Jenis Tiram Segar untuk Kesehatan Tubuh