mediabangsa.com – Memakai Makeup. (Source: Shutterstock)

Dream – Makeup telah menjadi kewajiban bagi banyak orang. Tak hanya para pesohor yang selalu harus tampil sempurna, Sahabat Dream yang setiap hari bertemu klien atau teman kuliah juga menginginginkan terlihat cantik.

Aktivitas berdandan biasanya dilakukan sebelum keluar rumah dengan terlebih dahulu merias wajah untuk memastikan penampilan terlihat segar.

Namun bagaimana jika wajahnya memiliki jerawat yang masih meradang? Mau tidak mau, mereka tetap menggunakan makeup meski bisa memperparah kondisi jerawat.

Jika ingin lebih aman menggunakan makeup pada wajah yang berjerawat, kamu bisa mengikuti beberapa tips dari Dokter Kulit Yessica Tania berikut ini.

1. Perhatikan Makeup yang Digunakan

© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menggunakan makeup setipis mungkin agar kulit masih bisa bernapas dengan baik. Pastikan juga makeup yang digunakan bersifat non-comedogenic agar tidak memperparah kondisi jerawat maupun seluruh wajah.

2. Membersihkan Makeup Sesegera Mungkin

© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Setelah menggunakan makeup, lakukan double cleansing hingga wajahmu bersih dari sisa riasan. Maksimalkan perawatan kulit dengan menggunakan obat jerawat setelah membersihkan wajah.

3. Memakai Acne Patch

Sebelum merias wajah, gunakan acne patch untuk melindungi jerawat dari paparan produk makeup serta kotoran, debu, polusi, maupun gesekan.

Ini juga akan menghindari kebiasaan memencet atau menyentuh jerawat yang bisa memperparah kondisi kulitmu. Kandungan hidrokoloid pada acne patch dapat menyerap cairan di dalam jerawat. Sehingga, jerawat cepat mengempis dan mereda.

Tapi, jangan lupa menggunakannya di atas kulit yang kering. Kamu bisa memilih acne patch yang sangat tipis dan transparan agar bentuknya tetap tidak terlihat setelah wajahmu dirias.