mediabangsa.com – Jakarta Ngobrolin soal rutinitas perawatan wajah dan makeup sehari-hari, sunscreen jadi salah satu produk wajib yang nggak boleh di-skip. Formulanya sangat penting untuk menjaga kulit dari efek radiasi sinar ultraviolet yang bisa menyebabkan wajah kusam, belang, hiperpigmentasi, bahkan kerutan halus yang menjadi tanda penuaan dini, lho.

Biarpun memiliki banyak manfaat, tapi masih ada nih sebagian perempuan yang enggan menggunakan produk tersebut. Terlebih bagi pemilik kulit berminyak. Kecemasan kalau sunscreen bisa membuat wajah semakin banjir minyak jadi alasan utama menghindari produk tabir surya tersebut.

Eits, tunggu dulu! Pemilik kulit berminyak tetap bisa menggunakan sunscreen dengan tenang tanpa perlu cemas wajah jadi makin mengilap kok. Perhatikan dulu beberapa tips berikut ini, Sahabat Fimela!

Pilih Jenis Sunscreen yang Tepat

Hal pertama yang wajib dilakukan supaya wajah berminyak nggak semakin mengilap saat menggunakan sunscreen adalah memilih produk yang tepat. Ada beberapa kriteria produk sunscreen untuk pemilik kulit berminyak nih. Mulai dari pilih tekstur produk gel yang watery sehingga mudah meresap ke dalam kulit. Selain itu, kamu juga bisa memilih produk sunscreen yang memiliki hasil akhir matte untuk mencegah efek kilap pada wajah.

Jangan lupa untuk memilih sunscreen dengan formula ringan dan non-comedogenic agar tidak menyumbat pori-pori. Soalnya, kondisi pori-pori yang tersumbat bisa menyebabkan wajah semakin banjir minyak.

Gunakan Pada Wajah yang Bersih

Rules paling penting yang perlu diperhatikan saat akan mengaplikasikan produk perawatan wajah apapun adalah gunakan pada wajah yang bersih. Hal ini penting untuk mencegah wajah terlihat semakin berminyak setelah penggunakan produk skincare tertentu.

Jadi, pastikan wajah bersih sebelum menggunakan sunscreen. Lakukan double cleansing, yang diawali dengan membersihkan wajah menggunakan micellar water atau facial cleanser lainnya dan cuci wajah menggunakan facial foam yang sesuai jenis kulit. Dengan wajah yang bersih, maka kamu juga meminimalisir tampilan yang mengilap.