mediabangsa.com

Bagi sebagian orang, mobil adalah kebanggaan pribadinya. Tak jarang mobil kesayangan juga menjadi objek foto untuk kemudian dibagikan melalui akun media sosial sang pemiliknya.

Namun agar mobil tampil menarik saat dipajang di akun media sosial Anda, tentunya dibutuhkan teknik fotografi otomotif yang perlu dikuasai. Berikut ini beberapa tips mengambil foto mobil agar terlihat menarik.

1. Lokasi

Pastikan lokasi sesuai dengan jenis mobilnya

Lokasi pemotretan berperan penting untuk menghasilkan sebuah karya fotografi yang bagus. Termasuk juga saat mengambil foto mobil untuk kebutuhan pribadi Anda. Sesuaikan jenis mobil dengan lokasi pemotretan.

Misalnya untuk mobil-mobil jenis city car, Anda bisa foto di jalan-jalan perkotaan berlatar gedung bertingkat, atau bisa juga di taman kota. Untuk mobil sedan atau sport car, Anda bisa foto di sisi jalan atau bahkan ketika mobil tengah melaju di jalan. Sementara untuk mobil SUV, Anda bisa pilih daerah-daerah adventure seperti padang rumput atau pegunungan.

2. Sudut Pengambilan Gambar

Sudut menarik ciptakan hasil foto menarik

Sebelum mengambil foto mobil pribadi Anda, sebaiknya kelilingi dahulu mobil tersebut untuk mencari sudut kamera paling baik. Posisi foto dari sisi pojok mobil (three-quarter view) merupakan sudut yang sering banyak dipilih untuk memfoto kendaraan. Karena dari sini, hampir ekseluruhan mobil bisa tertangkap kamera, seperti bemper depan, bagian samping, serta atap mobil.

Beberapa fotografer juga sering menggunakan teknik low angle, yaitu kamera diletakkan serendah mungkin dari mobil. Ini untuk menciptakan kesan dramatis dari mobil tersebut. Selain itu perhatikan pula latar belakang mobil. Jika ada iklan atau papan nama jalan, sebaiknya ditutupi dengan objek yang akan Anda foto.

3. Detail Mobil

Jangan lupakan detil desian dari sebuah mobil

Selain memfoto keseluruhan bodi mobil, jangan lupakan juga desain detil dari kendaraan tersebut. Misalnya logo mobil, bentuk lampu utama atau foglamp, desain pelek, atau bahkan pernik-pernik di interior seperti model tuas transmisi atau lingkar kemudi. Karena biasanya ini jadi ciri khas mobil tersebut dibanding mobil lainnya.

Nah kalau sudah paham bagaimana teknik mengambil foto mobil yang benar, tinggal siapkan kameranya ya. Bisa DSLR, kamera mirrorless, atau bahkan kamera ponsel sekalipun. Kalau tekniknya benar, maka hasil fotonya pun baik.