mediabangsa.com – Apakah Anda merasa jenuh dan ingin beristirahat sejenak, namun tidak tahu harus ke mana? Sebenarnya terdapat banyak tempat wisata yang dapat Anda kunjungi, mulai dari gunung, danau, air terjun, pantai, bukit, puncak, hingga alun-alun. Biasanya tempat wisata yang sangat favorit untuk dikunjungi yaitu wisata-wisata perairan seperti danau dan pantai.

Jika Anda tinggal di sekitar Kuningan, Jawa Barat, Anda dapat mencoba untuk mengunjungi Telaga Nilam. Objek wisata ini memiliki air jernih sebening kristal yang dijamin dapat menambah keseruan liburan Anda. Nah, berikut ini informasi selengkapnya mengenai wisata alam ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Telaga Nilam

Berbicara mengenai daya tarik, tentu saja setiap tempat wisata memiliki kekhasan dan keunikan masing-masing. Ada yang unik dari segi airnya, segi pemandangannya, segi fasilitas, dan sebagainya. Sebagai ikon kaki Gunung Ciremai, berikut ini beberapa hal yang menjadi daya tarik khas bagi Telaga Nilam.

1. Asal Usul Nilam

Tahukah Anda, mengapa dinamakan Telaga Nilam? Jawabannya cukup sederhana, karena nama tersebut berasal dari nama ikan yang sengaja ditempatkan di telaga tersebut, yaitu ikan Nilam atau bisa juga disebut ikan Nilem, yang mana jumlahnya mencapai ribuan. Sampai sekarang, ikan-ikan tersebut masih saja betah dalam menempati telaga tersebut.

2. Air yang Sangat Jernih dan Bening

Keunggulan utama yang dimiliki adalah airnya yang jernih dan bening seperti kristal ataupun kaca serta berwarna hijau kebiruan. Mengapa demikian? Ternyata sumber air dari danau tersebut berasal dari pegunungan, sehingga sangat menyegarkan Anda dan siapapun yang mengunjungi danau kece ini. Dijamin Anda dapat betah berlama-lama di tempat wisata menyehatkan yang satu ini.

3. Akuarium Danau yang Indah

Saking jernihnya air yang mengalir di kawasan wisata tersebut, Anda dapat melihat pemandangan ekosistem bawah air di dasar danau yang sangat indah, misalnya dari kehidupan berbagai ikan emas di dalamnya yang sedang berenang, kerikil-kerikil, bebatuan, lumut, dan ganggang, yang bisa Anda lihat dari atas air. Hal itu tentu membuat orang-orang berlomba-lomba untuk mengabadikan momen di bawah air layaknya sedang menyelam atau snorkeling benaran. Selain itu, batu-batu yang ada di dalamnya tidak akan membuat air danau menjadi keruh. Keren.

4. Udara yang Sejuk

Tempat wisata yang alami biasanya akan memberikan suasana yang sejuk dari udaranya. Letaknya yang jauh dari perkotaan, berada di kaki Gunung Ciremai serta dikelilingi oleh hutan-hutan atau pepohonan hijau asri nan rimbun, sekiranya sudah cukup untuk meyakinkan bahwa Anda pantas untuk melakukan piknik ke Telaga Nilam.

5. Dua Kolam yang Unik

Telaga ini memiliki dua kolam yang ternyata memiliki kedalaman yang berbeda. Satu kolam memiliki kedalaman 1,2 meter alias dangkal, sedangkan satu kolam lainnya memiliki kedalaman sekitar 4 meter alias cukup dalam. Nah, bagi Anda yang tidak ingin berenang terlalu jauh, Anda bisa bersantai secara bebas di sekitar telaga dangkal sembari menikmati ketenangan suasana di sekitarnya. Sedangkan bagi Anda yang ingin mengeksplor keindahan telaga lebih jauh, Anda dapat berenang hingga ke kolam yang dalam dengan berbagai pemandangan ekosistem laut yang dapat menyejukkan mata Anda.

6. Strategis di Antara Telaga yang Lain

Selain mengunjungi Telaga Nilam, Anda juga dapat mengunjungi telaga lain yang juga populer di media sosial, misalnya Telaga Remis dan Telaga Biru Cicerem. Tentunya di antara ketiganya memiliki daya tarik tersendiri. Misalnya, di Telaga Remis terdapat banyak kerang air tawar yang bernama remis sebagai sumber protein yang baik, sedangkan di Telaga Biru Cicerem memiliki ciri khas yaitu air jernih berwarna biru sehingga dijuluki Blue Lake.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Telaga Nilam, sebuah kawasan wisata danau yang jernih sebening-beningnya kaca, terletak di kawasan kaki Gunung Ciremai, tepatnya di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, sekitar 500 meter dari Telaga Remis. Menariknya lagi, lokasi tempat wisata tersebut dibilang sangat strategis karena terletak di antara perbatasan dari tiga kabupaten di Jawa Barat, yaitu Cirebon, Kuningan, dan Majalengka. Anda dapat pergi ke sana menggunakan sepeda motor, mobil, atau bahkan bis dengan pemberhentian tertentu, tentu saja dengan akses jalan yang baik dan terdapat plang penunjuk arah di sepanjang perjalanan.

Jika Anda berada dekat dengan pusat Kuningan, Anda tinggal mengarahkan kendaraan Anda ke arah selatan menuju rute berikut: Jl. Baru Awirarangan – Jl. Eyang Weri – Jl. Aruji Kartawinata – Jl. Siliwangi I (melewati bundaran) sekitar beberapa kilometer – Jl. Raya Cilowa – Jl. Raya Jalaksana – Jl. Raya Maniskidul – Jl. Raya Cilimus – belok kiri menuju Jl. Madirancan – Jl. Raya Kasab – Jl. Cirea Pasawahan – Jl. Sindang Jawa-Mandirancan – Jl. Cisaat-Kramat – Jl. Pahlawan – Jl. Telaga Remis – Jl. Kaduela.

Untuk mengetahui rute tersebut Anda dapat menggunakan Google Maps yang biasanya terpasang di gadget Anda, dengan total 32 km selama 1 jam 13 menit. Namun, jika Anda memutuskan untuk berangkat dari Kota Bandung, Anda harus lebih bersabar lagi karena membutuhkan waktu sekitar 3 jam 36 menit dengan jarak 116 km, serta jika berangkat dari Cirebon, jaraknya sekitar 24 km dengan waktu tempuh sekitar 40-45 menit.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Sejauh ini, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, yaitu cukup membayar 5 ribu sebagai tiket masuk (17,5 ribu rupiah di hari weekend) serta 2 ribu untuk biaya parkir kendaraan beroda dua dan 5 ribu untuk kendaraan beroda empat.

Lokasi tempat wisata tersebut berdekatan dengan Telaga Remis, sehingga bagi Anda yang ingin melanjutkan perjalanan wisata menuju ke telaga tersebut, Anda harus menambah tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah. Selain itu, kawasan danau indah nan kece yang satu ini dibuka dari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Telaga Nilam

1. Bersantai di Sekitar Danau

Telaga Nilam menyediakan dua jenis kolam yaitu yang bersifat dangkal maupun cukup dalam yang dapat Anda nikmati. Namun, bagi Anda yang tidak ingin berenang melainkan hanya bersantai dengan tenang, Anda dapat memanfaatkan kolam yang dangkal karena hanya memiliki kedalaman ratusan meter saja sekitar 0 – 1,2 meter. Tetapi, Anda harus menggunakan floating bean bag demi keamanan Anda sendiri. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan gazebo jika tidak ingin repot-repot membasahkan diri di dalam air, karena dari situ Anda juga dapat menikmati segarnya, sejuknya, dan syahdunya suasana yang ada di telaga tersebut.

2. Berenang, Menyelam, atau Snorkeling

Nah, bagi Anda yang ingin berenang atau bahkan melakukan snorkeling atau menyelam di bawah air namun bisa dibilang ingin berlatih menyelam sebelum menyelam di dasar laut, Anda bisa mencoba menyelam di Telaga Nilam yang super kece ini. Bayangkan saking jernihnya air yang mengalir, Anda dapat melihat dasar telaga dengan jelas, sehingga Anda bisa melakukan aktivitas tersebut layaknya menyelam di dasar laut pada umumnya. Bahkan, Anda tidak akan merasakan mata yang perih meskipun membuka mata di dalam air.

3. Berburu Foto

Sebenarnya, di Telaga Nilam, terdapat beberapa spot foto yang dapat Anda manfaatkan, mulai dari pemandangan di sekitar danau seperti hutan-hutan rimbun nan asri hingga di danau itu sendiri. Bahkan, Anda dapat berfoto dengan background tanaman air dan bebatuan di bawah air yang kece.

Selain itu, Anda juga dapat mempersiapkan kamera underwater Anda jika ingin mengabadikan foto ataupun merekam video Anda yang lebih suka untuk menyelam di bawahnya. Tentu saja hasilnya dijamin akan mengecoh banyak orang karena hasilnya mirip dengan snorkeling di laut. Namun, jika ingin menambah kecantikan pada foto Anda, Anda disarankan untuk datang sebelum atau setelah pukul 12 siang saat matahari dalam posisi condong, karena pada saat itu tingkat pencahayaan ke dalam kolam akan semakin maksimal, sehingga jika difoto rasanya akan semakin keren lho! Uniknya lagi, tempat bawah air tersebut dapat dijadikan foto pre-wedding lho!

4. Menyusuri Danau

Telaga Nilam menyediakan berbagai kendaraan yang bisa Anda nikmati di atas air, seperti sepeda air, perahu motor, dan bebek dayung. Tidak diinformasikan lebih lanjut berapa harga yang ditawarkan, tetapi semoga harga pemakaiannya terjangkau sehingga Anda bisa mencoba menyusuri danau sepuasnya secara aman tanpa harus takut tenggelam di dasar danau.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Telaga

Telaga Nilam menyediakan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh semua pengunjung, termasuk Anda sendiri, baik di danau itu sendiri maupun di kawasan sekitarnya. Umumnya beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati, yaitu sebagai berikut:

1. Gazebo

Bagi Anda yang tidak repot berbasah-basahan di dalam danau melainkan hanya sekadar bersantai saja, Anda bisa mencoba gazebo sebagai tempat peristirahatan Anda. Dengan lokasi di sekitar danau yang segar, tentu saja membuat Anda ikut merasakan kesejukan tanpa harus menceburkan diri secara langsung di dalamnya.

2. Tempat Parkir

Tempat parkir yang disediakan di kawasan wisata telaga tersebut cukup luas untuk kendaraan beroda dua dan beroda empat, namun Anda harus membayar biaya parkir sebesar 3 ribu rupiah untuk setiap kendaraan, namun tidak dibatasi jam kunjungannya, sehingga Anda bisa menikmati indahnya Telaga Nilam sepuasnya begitu kendaraan sudah terparkir di tempatnya.

3. Warung Makan dan Kafetaria

Bagi Anda yang sekiranya belum sempat membawa bekal makanan atau minuman dari rumah, jangan khawatir, karena Anda dapat mengunjungi warung makan dan kafetaria di sekitar danau, di mana di situ dapat dijajakan makanan khas Kuningan ataupun yang lainnya, yang dijamin dapat memuaskan hasrat lapar Anda.

4. Kendaraan di Danau

Anda juga dapat mencoba beberapa fasilitas kendaraan yang dapat Anda naiki untuk melewati danau, misalnya perahu motor, sepeda air, dan bebek dayung. Harga yang ditawarkan pengelola mungkin terjangkau bagi Anda, jadi jika misalnya Anda ingin berjalan-jalan di danau Anda bisa menaiki kendaraan yang telah disediakan dan rasakan sensasinya!

5. Mushola

Jika Anda beragama Islam dan bingung mau sholat di mana karena jauh dari masjid, jangan khawatir, karena pengelola juga sudah menyediakan mushola yang bisa Anda gunakan untuk melaksanakan ibadah sholat. Anda harus bersyukur karena tidak semua tempat wisata menawarkan fasilitas ini karena kurangnya pengelolaan.

6. Toilet Umum

Jika Anda ingin bermandi ria atau bahkan menyelam di danau tersebut, tentu saja Anda membutuhkan baju ganti yang bisa digunakan selepas melaksanakan aktivitas tersebut. Nah, jangan khawatir, karena kawasan wisata tersebut juga menyediakan WC/toilet untuk mengganti baju Anda atau bahkan mandi Kembali.

7. Toko Cinderamata

Ternyata, di sekitar danau juga terdapat toko cinderamata, pusatnya oleh-oleh yang bisa Anda beli, terutama bagi Anda yang merupakan wisatawan pendatang dari luar Kuningan. Dicoba saja dulu, dijamin oleh-oleh yang dijual di sana akan bermanfaat bagi Anda maupun teman-teman, kerabat, dan keluarga Anda.

Demikianlah beberapa hal menarik terkait Telaga Nilam yang menawan di Kuningan. Bagaimana, sangat menarik perhatian Anda, bukan? Danau yang terletak jauh dari pusat kota dengan air jernih dan keindahan di dalamnya yang sangat memanjakan mata menjadikan kawasan wisata ini layak direkomendasikan untuk dikunjungi oleh Anda. Jadi, apakah Anda tertarik untuk menghabiskan waktu liburan di alun-alun?