mediabangsa.com – Salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki tempat wisata begitu menarik yaitu Provinsi Yogyakarta. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Gunung Kidul, Kota Jogjakarta yaitu Sungai Bengawan Solo Purba. Dikatakan purba karena memang sungai tersebut sudah ada sejak jutaan tahun lalu dan disebut sebagai sungai purba.

Hal yang sangat unik bisa dinikmati oleh wisatawan ketika berlibur di Kota Jogjakarta. Keberadaan sungai ini memang membuat Indonesia mempunyai warisan wisata yang sangat bersejarah dan terawat hingga sampai saat ini. Selain itu, peninggalan tersebut bisa dinikmati dan dijadikan sebagai area wisata.

Bengawan Solo Purba tersebut termasuk sebagai sungai yang terpanjang di Jawa yang memiliki muara di Kota Gresik serta hulunya di daerah Wonogiri. Untuk Anda yang kebetulan berada di Yogyakarta, maka tak ada salahnya singgah sejenak di tempat wisata tersebut. Karena dipastikan Anda akan mendapatkan pengalaman seru di sana.

Daya Tarik yang Dimiliki Sungai Bengawan Solo Purba

1. Sungai Jutaan Tahun

Sungai ini diketahui sudah berumur jutaan tahun dan sungai ini adalah sungai terpanjang di Pulau Jawa. Panjang sungai tersebut membentang hingga ke dua provinsi. Pesona dari sungai ini memang susah untuk Anda sangkal. Saat berkunjung ke tempat ini sambil lalu Anda bersepeda maka akan banyak keindahan yang bisa disaksikan.

Dari pinggir jalan Anda sudah dapat menyaksikan lembah Sungai Bengawan Solo Purba yang begitu asri dan juga berada di tempat yang terlihat oleh tanaman-tanaman perkebunan dari masyarakat sekitar. Sungai tersebut memang begitu unik dan istimewa. Selain di sini Anda dapat melihat dari segi usianya yang bahkan mencapai jutaan tahun tersebut.

Sungai tersebut dikelilingi oleh area pegunungan yang pada tahun 2015 masuk daftar UNESCO di konferensi Asia Pasifik global, Jepang. Hal itulah yang akhirnya membuat sungai ini begitu istimewa keberadaannya di Negara Indonesia.

2. Wisata Edukasi

Wisata Sungai Bengawan Solo Purba dianggap sangat cocok sekali dijadikan sebagai tempat wisata edukasi, karena di area wilayah Kecamatan Giri Suho banyak sekali lokasi yang memang dijadikan sebagai lokasi penelitian atau pelajaran sejarah pada zaman-zaman purba. Karena itu di sini tidak hanya memperoleh pengalaman berlibur yang seru dan menyenangkan saja.

Melainkan pengunjung juga akan memperoleh edukasi yang tentunya hal itu akan sangat berguna dan bermanfaat. Melalui literatur yang berkaitan dengan pengembangan Pulau Jawa, maka di sini Anda bisa menyaksikan wilayah yang akan dijadikan sebagai lokasi wisata edukasi dan juga dapat dilihat dari papan yang telah terpasang.

Salah satu wisata edukasi yang begitu tampak jelas yaitu di area kawasan Gunung Sewu. Wisata tersebut membentang relatif luas mulai dari Kabupaten Pacitan hingga menuju ke Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Jawa Timur.

3. Keberadaan Goa Braholo

Wisata edukasi lain yang juga terdapat tak begitu jauh dari tempat wisata ini yaitu Goa Braholo. Gua yang satu ini merupakan peninggalan manusia purba pada zaman dahulu. Untuk yang tertarik mempelajari kehidupan-kehidupan di zaman prasejarah atau purba, maka sangat pas sekali Jika mengunjungi Sungai Bengawan Solo Purba tersebut.

Untuk pengunjung yang ingin melihat sekilas tentang kehidupan purba dan prasejarah serta seluruh hewan yang ada di sana, maka dapat membaca informasi yang tersedia di papan yang sudah disediakan mengenai sejarah dari lokasi tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi Sungai Bengawan Solo Purba, maka sebenarnya tidak terlalu sulit karena area sungai tersebut berada di wisata lain yang juga banyak dikunjungi oleh wisatawan. Destinasi alam yang bersejarah ini berada di Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Yogyakarta.

Jika di sini Anda masih merasa kesulitan untuk menemukannya, maka Anda bisa mencarinya melalui bantuan navigasi Google Maps. Dengan menggunakan bantuan navigasi tersebut tentu akan memudahkan bagi Anda menemukan area wisata.

Lokasi dari sungai ini memang cukup jauh jika Anda menempuhnya dari pusat Kota Yogyakarta. Perjalanannya nantinya perlu Anda tempuh akan berjarak hingga puluhan kilometer serta memakan waktu lebih dari satu jam.

Untuk bisa sampai ke lokasi Sungai Bengawan Solo Purba, maka rute yang harus Anda lewati memang cukup terjal dan memacu adrenalin. Nantinya pengunjung harus melintasi perbukitan lebih dahulu yang notabene berliku dan menanjak.

Bagi Anda yang memang suka sekali dengan medan yang cukup susah seperti ini, maka sangat cocok jika memutuskan untuk mengunjungi tempat ini. Jalur tracking yang harus dilalui akan membuat Anda tertantang.

Setelah semua lelah yang Anda lalui dalam perjalanan menuju ke tempat wisata ini, segalanya akan langsung terbayar lunas ketika sudah sampai di lokasi wisata yang menyimpan sejarah jutaan tahun.

Biaya Wisata ke Sungai Bengawan Solo Purba

Keindahan yang dimiliki oleh Sungai Bengawan Solo Purba memang begitu luar biasa. Anda akan menyaksikan bagian lembah sungai yang berada di area pinggir jalan dan memang tampak begitu alami serta terlihat tanaman perkebunan yang seolah begitu melimpah dan tak ada habisnya.

Ketika ingin menyaksikan semua keindahan tersebut, Anda tidak perlu khawatir harus mengeluarkan biaya besar, karena memang harga tiket untuk masuk ke area wisata tergolong sangat murah dan terjangkau.

Untuk pengunjung yang kebetulan membawa kendaraan pribadi telah disediakan lahan parkir yang aman. Harga parkir untuk kendaraan roda dua yaitu sebesar Rp 2.000. Sedangkan Jika Anda butuh membawa kendaraan roda empat, maka nantinya perlu membayar uang Rp 5.000.

Kegiatan yang Menarik di Sungai Bengawan Solo Purba

1. Menyaksikan Keindahan Sungai

Sungai Bengawan Solo Purba merupakan tempat wisata yang begitu menarik dan perlu untuk Anda kunjungi, keindahan sungainya akan membuat siapapun terpukau. Anda akan benar-benar dibuat terkesima ketika menyaksikan alam yang begitu elok. Bagi Anda yang berasal dari area perkotaan, maka sangat rekomended untuk mengunjungi tempat ini.

2. Berburu Foto

Aktivitas berikutnya yang wajib untuk Anda lakukan selama berada di tempat tersebut yaitu berburu foto. Berburu foto merupakan kegiatan yang akan sangat menyenangkan sekali ketika Anda lakukan di tempat dengan alam yang begitu elok tersebut. Ada banyak sekali spot foto instagenik bisa Anda peroleh dan Anda abadikan dalam jepretan kamera.

3. Bersantai

Suasana alam yang begitu tenang, asri dan alami akan membuat siapapun merasa tentram dan bisa bersantai di tempat tersebut. Semua itu akan membuat Anda rileks dan bisa menghilangkan penat aktivitas sehari-hari oleh karena beban kerja.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Sungai Bengawan Solo Purba telah menyediakan beberapa fasilitas yang cukup memadai untuk wisatawan yang datang berkunjung ke tempat ini. Fasilitas tersebut meliputi toilet untuk melakukan kegiatan MCK.

Tak hanya itu saja, pihak pengelola wisata juga telah menyediakan area parkir yang cukup luas dan juga aman. Dengan begitu Anda tak perlu merasa khawatir ketika harus meninggalkan kendaraan mereka di tempat parkir tersebut.

Untuk yang merasa paus dan lapar, maka tempat ini juga telah menyediakan warung-warung yang menawarkan beragam hidangan lezat. Tak hanya lezat saja, tapi harga yang dibanderol pun relatif murah.

Demikianlah ulasan mengenai Sungai Bengawan Solo Purba yang berada di Provinsi Yogyakarta. Untuk Anda yang merupakan pecinta sejarah, maka tak perlu ragu untuk segera meluncur ke Kabupaten Gunung Kidul dan menyaksikan peninggalan sejarah jutaan tahun di tempat tersebut.