mediabangsa.com – JAKARTA – Toyota saat ini sangat aktif meramaikan kegiatan motorsport di Tanah Air. Ini merupakan upaya brand asal Jepang tersebut dalam memajukan dunia balap Indonesia yang terus berkembang. Tapi langkah pabrikan pembuat Veloz dan Rush ini tak berhenti sampai di situ.

Melihat semakin kuatnya minat masyarakat terhadap kompetisi motorsport berbasis virtual, PT Toyota Astra Motor (TAM) hadirkan kompetisi e-Motorsport Toyota Gazoo Racing (TGR) GT Cup 2022.

Laga tersebut bukan yang pertama, TAM sendiri telah menginisiasinya sejak 2021 guna menjadi wadah bagi para atlet e-sport untuk mengembangkan bakat. Kompetisi pada 2022 dapat diikuti masyarakat Indonesia dengan usia di atas 13 tahun. Di mana permainan menggunakan platform game Gran Turismo 7 yang dapat dimainkan melalui konsol Playstation 4 atau Playstation 5.

“Toyota Gazoo Racing GT Cup 2022 merupakan kompetisi e-Motorsport Toyota Global yang kami bawa dan kompetisikan di Indonesia. Bekerjasama dengan IMI (Ikatan Motor Indonesia) sebagai organisasi induk dari olahraga bermotor di Indonesia, kami harap kegiatan ini dapat berkontribusi dalam pengembangan e-Motorsport di Indonesia, sekaligus memberikan kesempatan bagi atlet e-Sport nasional untuk mengembangkan skill dan pengalamannya dengan membawa mereka berkompetisi hingga tingkat Asia, bahkan global,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy melalui rilis media, Selasa (23/08/2022).

Gran Turismo 7 sengaja dipilih lantaran memberikan atmosfer balap layaknya di sirkuit. Sehingga kemampuan para pemain bisa terasah baik. Tak cuma kemahiran dalam mencari racing line di trek, tapi juga menemukan setelan terbaik untuk mobil balap Toyota yang digunakan. Mereka pun telah bertanding di babak kualifikasi pada 6 Agustus menggunakan Toyota GR86 di sirkuit fiksi Tokyo Expressway South.

Dari hasil kualifikasi terpilih 20 pemenang yang terbagi dalam dua kelas, yakni Rookie Class dan Rising Star Class. Semuanya akan melaju ke babak selanjutnya secara offline pada 4 September dan ditayangkan langsung di channel resmi Youtube Toyota Indonesia. Kemudian pada 13 Agustus seluruh peserta telah mengikuti putaran pertama Toyota Gazoo Racing GT Cup dengan mobil sama di trek Fuji International Speedway.

Adapun tiga besar di Rookie Class adalah Kevin Qadri Kurniawan Ma’ruf (P1), Niko Falah (P2), dan Gregorius Nathan Syailendra (P3). Sementara di Rising Star Class, juaranya Moreno Pratama (P1), Andika Rama Maulana (P2) dan Pradana Yogatama (P3).

Selang sepekan, putaran kedua digelar dengan pilihan sirkuit Autopolis International Racing Course. Kompetisi kembali berlangsung sangat ketat, apalagi GR Yaris memiliki karakter rally car yang sangat lincah dan cekatan di arena balap sehingga membuat persaingan berlangsung seru hingga finish. Tampil sebagai 3 besar di Rookie Class adalah Kevin Qadri Kurniawan Ma’ruf (P1), Yehezkiel Des Noel (P2), dan Niko Falah (P3). Untuk Rising Star Class, juaranya adalah Andika Rama Maulana (P1), Pradana Yogatama (P2) dan Moreno Pratama (P3).

Berdasarkan dua seri tersebut, didapat klasemen sementara. Pada Rookie Class, posisi pertama diraih Kevin Qadri Kurniawan Ma’ruf (26 Points), diikuti Niko Falah (18 Points) dan Gregorius Nathan Syailendra, serta Dean Putro Dewanto (14 Points).

Untuk kelas Rising Star, urutannya adalah Andika Rama Maulana (22 Points), Moreno Pratama (21 Points) dan Pradana Yogatama (19 Points). Peringkat sementara membuat persaingan di babak final akan berlangsung sangat kompetitif mengingat masing-masing peserta masih memiliki peluang menjadi juara tingkat nasional.

Khusus gelaran terakhir, peserta bakal mengemudikan Toyota GR010 Hybrid sebagai juara dunia balap ketahanan World Endurance Championship (WEC) di Circuit de la Sarthe. Pemenang dengan poin terbanyak bakal melaju ke tingkat Asia Finals pada Oktober 2022. Bila beruntung dan meraih posisi pertama maka dilanjutkan ke tingkat Global Finals pada November 2022.

“Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh atlet e-Sport dan masyarakat yang telah berpartisipasi aktif di TGR GT 2021. Bahkan banyak di antaranya pun kembali berkompetisi di TGR GT Cup 2022. Dengan melibatkan e-Motorsports sebagai salah satu pilar kegiatan Gazoo Racing di Indonesia, kami dapat turut menyebarkan Joy of GR kepada seluruh masyarakat yang turut menyaksikan jalannya balapan melalui official Youtube channel Toyota Indonesia,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Fumitaka Kawashima.(MUHAMMAD HAFID / WH)