mediabangsa.com – Jakarta Selama ini musik menjadi salah satu pelipur hati. Ada beraneka ragam musik yang bisa kita dengarkan. Dan dari beragam musik ini, para ahli menyebutkan jika semuanya memiliki manfaat mengesankan buat penderngarnya. Musik merupakan salah satu hal yang bisa membuat suasana hati seseorang mengalami perubahan misal dari yang semula sedih menjadi bahagia, dari yang semula penuh emosi jadi lebih sabar dan dari yang semula penuh luka lara jadi lebih baikan.

Mengutip dari laman sharpens.com, musik tak hanya bermanfaat memperbaiki suasana hati orang dewasa. Studi terbaru menemukan jika musik berperan penting dalam membentuk kepribadian anak bahkan sejak anak masih dalam kandungan.

Pentingnya Ibu Mendengar Musik Saat Hamil

Para ahli menganjurkan para ibu yang sedang hamil untuk rutin mendengarkan musik atau mendengarkan lantunan yang berdampak positif buat pikiran. Mengenalkan musik pada anak sejak usianya sedini mungkin bahkan sejak di dalam kandungan bisa membantu anak memiliki tumbuh kembang otak yang lebih baik. Musik juga dipercaya bisa melembutkan sikap anak dan meningkatkan suasana hatinya.

Penelitian yang dilakukan para ahli menemukan jika janin di dalam kandungan bisa mendengar suara detak jantung ibu bahkan suara-suara lain di sekitarnya sejak trimester kedua. Para ahli mengklaim bahwa musik menjadi salah satu suara yang memiliki pengaruh pada janin.

Manfaat Mendengar Musik Saat Hamil pada Janin

Ada beragam manfaat mendengar musik selama kehamilan bagi janin pun ibu. Adapun beragam manfaat tersebut antara lain sebagai berikut:

    Musik bisa menstimulasi perkembangan otak janin.

    Bayi dari ibu yang terbiasa mendengar musik saat hamil menunjukkan aktivitas otak yang lebih aktif, baik dan besar.

    Dalam kehidupan anak setelah ia dilahirkan, kebiasaan ibu mendengar musik selama hamil bisa membuat anak jadi anak yang lebih cerdas.

    Musik bisa meningkatkan suasana hati ibu yang berpengaruh besar terhadap kesehatan fisik pun psikis janin di kandungan.

    Studi menemukan jika musik mendorong ikatan prenatal antara ibu dan janin yang dikandungnya.

    Studi menemukan jika janin yang terbiasa diperdengarkan musik akan memiliki peningkatkan rentang perhatian dan kemampuan berbicara lebih awal.

    Musik dipercaya bisa meningkatkan indera pendengaran bayi.

Itulah sekilas mengenai musik dan kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan ragu untuk mendengarkan musik selama kehamilan ya Mom. Tak hanya musik, lantunan ayat suci Al-Quran, kalimat motivasi dan segala hal yang berdampak positif bagi Mom pun janin juga penting untuk didengarkan selama kehamilan.

#WomenForWomen