mediabangsa.com

Era elektrifikasi segera hadir di Indonesia, hal itu mendorong pabrikan mobil untuk lebih banyak memasarkan mobil hybrid bahkan mobil listrik. Masalahnya, infrastruktur di Indonesia belum sepenuhnya siap untuk mobil-mobil full listrik, maka mobil hybrid jadi salah satu solusi untuk menjembatani era elektrifikasi. Sayang, umur baterai mobil hybrid itu berkisar 10 tahunan, dan jika harus mengganti baterai di bengkel resmi, biayanya bisa nyaris Rp50 juta, tapi tenang, kami ada solusi ganti baterai mobil hybrid lebih murah dari bengkel resmi.

Baterai Toyota Camry hybrid berisi 34 baterai sementara Prius ada 28 baterai

MASALAH DI BATERAI MOBIL HYBRID

“Yang rusak di baterai hybrid itu biasanya Cell baterainya. Misalnya di Toyota Camry Hybrid itu ada 34 baterai, kalau discan pakai scanner dikelompokkan menjadi 17 blok (1 blok ada 2 Cell),” papar Suparno kepada Cintamobil.com. Pria yang juga punya sertifikasi master hybrid ini juga bilang, selain masalah pada baterai, juga seringkali terjadi masalah pada konektor baterai. “Memang bisa diatasi dengan scanner, tapi enggak lama nanti masalah akan muncul lagi,” tambahnya.

Jika di indikator terbaca REPLACE BATTERY PACK maka ada masalah pada baterai hybrid mobil Anda

Jika ada satu buah cell baterai yang bermasalah, maka indikator hybrid akan menyala. “Dan kalau penyebabnya dari battery hybridnya, itu disebabkan karena komputer mendeteksi adanya perbedaan voltase blok yang besar (lebih dari 1 volt),” tambah ayah satu anak ini. Sebagai informasi, untuk penggantian satu unit baterai utuh bagi Toyota Camry Hybrid keluaran 2012-2015, harga battery hybrid saat ini Rp46,4 juta plus jasa penggantian sekitar Rp 2 jutaan di bengkel resmi.

Selain baterai konektor juga bisa jadi penyebab bermasalahnya mobil hybrid

INI DIA SOLUSI MURAHNYA

Tentu saja biaya nyaris Rp50 jutaan itu akan memberatkan bagi pengguna mobil hybrid. Untungnya, pria asal Yogyakarta ini kasih solusi servis hybrid yang lebih murah dari bengkel resmi. “Kalau service di saya dapat garansi 10 bulan, harga partnya Rp15 juta dan ongkos pasang Rp1 juta,” tukas pria berkacamata yang punya alamat workshop di Jalan Samu RT 03/10 No.88, RT.004/RW.013, Kunciran Indah, Kecamatan. Pinang, Kota Tangerang ini.

Bisa layanan home service, jelas mempermudah konsumen yang super sibuk

Makin sip, pengerjaan servis mobil hybrid bisa dikerjakan di rumah pelanggan alias home service. “Saya hanya menerima dengan perjanjian pak, saya biasanya mengerjakannya di rumah pelanggan ini jadi salah satu kemudahan buat pelanggan. Jadi di rumah saya mempersiapkan part dan mengetesnya, jika sudah OK tinggal dipasang di rumah pelanggan, ada beberapa pelanggan yg di rumah saya mengerjakannya tapi jarang,” kata Suparno lagi.

Nah, bagaimana apakah mobil hybrid kepunyaan sobat bermasalah? Sobat tinggal telepon saja ke nomor 0813-1133-9333 untuk langsung janjian dengan Suparno guna service mobil hybrid Anda.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com