mediabangsa.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/01/21/6kDubyiR/kamera-3605-d463.jpeg”>

Hadirnya teknologi tentu untuk memudahkan penggunanya. Agar memudahkan pengemudi untuk memantau kondisi sekitar, saat ini mulai banyak pabrikan mobil massal menerapkan fitur kamera 360 derajat atau akrab disebut Around View Monitor. Ya, melalui teknologi ini, pengemudi bisa memantau kondisi sekeliling mobil dengan melihat layar monitor pada head unit. Teknologi ini layaknya pandangan burung saat melihat ke bawah (bird view).

Anda bisa memasang fitur kamera 360 derajat namun harus menggunakan head unit bermonitor

Meski baru populer beberapa tahun ini, sejatinya teknologi fitur kamera 360 derajat pertama kali dihadirkan untuk mobil massal oleh pabrikan Infiniti. Tepat pada tahun 2011, fitur ini diaplikasikan pada Infiniti FX50. Melihat respon positif, Nissan turut menyematkannya pada Elgrand pada tahun 2013. Hingga akhirnya teknologi ini semakin ramai dipakai oleh pabrikan seperti pada Nissan All New X-Trail, Mitsubishi All New Pajero Sport Dakar 4×4, Toyota Alphard hingga beberapa varian BMW.

Adapun cara kerja fitur ini adalah memanfaatkan 4 kamera yang dibantu oleh modul tambahan. Keempat kamera tersebut dipasangkan di depan, belakang dan dibawah spion kiri-kanan. Saat ini di pasar aksesori mobil sudah banyak yang menjual perangkat fitur kamera 360 derajat ini sebagai fitur tambahan. Sehingga mobil Anda yang belum mempunyai fitur ini bisa dipasangkan. Namun bila ingin memasang fitur ini, pastikan head unit mobil Anda sudah bermonitor dan akan lebih baik bila layar sentuh.

Bila spion mobil Anda tidak mempunyai dudukan kamera, maka cover spion akan dilubangi

Bila mobil Anda sudah mempunyai fitur kamera parkir belakang misalnya, tidak bisa dimanfaatkan karena sudut pengambilan gambar yang berbeda. Pada kamera parkir standar hanya 130 derajat, sedangkan bila kamera untuk fitur Around View Monitor mencapai 192 derajat. Pemasangan fitur kamera 360 derajat pada aftermarket ini sendiri sifatnya universal, sehingga bisa dipasang pada mobil manapun. Tetapi bila mobil Anda belum mempunyai dudukan kamera pada spion, maka terpaksa cover spion akan dilubangi untuk menaruh kamera.

cintamobil.com.