mediabangsa.com

    20SHARES

(c) Shutterstock

Memiliki kulit wajah yang sehat dan glowing memang nggak bisa diperoleh secara instan. Berbagai langkah demi langkah perawatan kulit perlu dilakukan untuk menjaga kondisinya tetap sehat dan terjaga kelembapannya. Salah satunya adalah menggunakan sheet mask yang belakangan ini booming sebagai tren kecantikan di Korea Selatan.

Masker berbentuk lembaran ini memang menjadi salah satu beauty items favorit karena praktis digunakan dan memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Di dalamnya terdapat essence yang dapat menutrisi sekaligus menjaga kelembapan kulit dengan maksimal. Tapi, setelah rutin menggunakan masker wajah yang satu ini kok malah bikin kulit jadi berjerawat ya? Jika mengalami hal tersebut, mungkin saja ini penyebabnya, Sahabat Dream.

Menggunakan Sheet Mask Tanpa Membersihkan Wajah Terlebih Dulu

© Shutterstock

Coba ngaku dulu, siapa nih yang sering melakukan kebiasaan yang satu ini? Asal menempelkan sheet mask pada wajah tanpa membersihkannya terlebih dulu bisa jadi salah satu alasan yang bikin kulit jadi berjerawat.

Debu, polusi, hingga minyak alami yang menempel di permukaan kulit bisa menyumbat pori-pori. Saat menggunakan sheet mask dalam kondisi wajah yang masih kotor, hal ini nggak akan membuat formulanya terserap dengan baik pada kulit dan malah menumpuk di permukaannya saja. Hasilnya adalah pori-pori yang semakin tersumbat dan memunculkan masalah jerawat yang mengganggu penampilan.

Salah Pilih Formula Sheet Mask yang Cocok untuk Kulit

© Shutterstock

Kalau diperhatikan, ada banyak varian sheet mask yang beredar di pasaran dengan kandungan dan manfaat yang berbeda. Inilah yang membuat kamu sebaiknya jangan asal menggunakan produk tertentu. Pastikan produk sheet mask yang dipilih sesuai dengan jenis kulit untuk memberikan manfaat yang maksimal.

Salah pilih produk bisa bikin wajah jadi jerawatan. Misalnya saja jika memiliki tipe kulit berminyak, hindari sheet mask yang ditujukan untuk kulit kering. Hal ini bisa membuat produksi minyak alami semakin meningkat yang kemudian memicu pertumbuhan jerawat.

Pakai Sheet Mask sampai Kering

© Shutterstock

Coba diingat-ingat lagi, seperti apa sih kebiasaanmu menggunakan sheet mask? Beberapa dari kamu mungkin berpikir jika menggunakan sheet mask sepanjang malam dan membiarkannya sampai mengering bisa membuat formulanya menyerap dengan maksimal. Eits, ini anggapan yang salah banget lho, Sahabat Dream!

Waktu ideal menggunakan sheet mask adalah 10-15 menit saja. Lebih dari itu, nutrisinya sudah hilang menguap terkena udara. Artinya, nggak ada lagi yang diserap kulit. Jika dipakai terlalu lama, hal ini bisa memicu penumpukan kotoran di permukaan kulit yang menyebabkan jerawat. Selain itu, lembaran masker yang masih menempel tersebut juga bisa menyerap kembali nutrisi kulit sehingga formula yang harusnya diserap dengan baik malah menguap kembali ke sheet mask yang masih menempel. Hal ini juga yang bisa memicu pertumbuhan jerawat!

Saatnya melakukan introspeksi diri, apakah ritual penggunaan sheet mask yang biasa diterapkan sudah sesuai dengan rules yang seharusnya, Sahabat Dream? Biar nggak jerawatan, pastikan untuk pilah-pilih sheet mask yang paling cocok dengan kondisi dan kebutuhan kulit. Jangan lupa lakukan perawatan dalam waktu yang sudah disarankan ya!