mediabangsa.com – Merk kosmetik Barry M baru masuk ke Indonesia beberapa tahun kebelakang. Mungkin ada yang menyangka Barry M datang dari Cina karena kemasannya yang cantik namun sederhana dan harganya yang tak terpatok mahal. Tapi, Barry M bukan merk kosmetik Cina, melainkan berbasis di London, Britania Raya. Dan, brand ini sudah lama sekali ada, yaitu sejak tahun 1982.

Tentang Produk

Barry M Cosmic Lights Highlighting Palette adalah sebuah palet yang terdiri dari 6 warna highlighter yang aman untuk semua warna kulit. Uniknya, dari 6 warna tersebut dibagi menjadi dua tekstur, yaitu 4 krim dan 2 powder. Ukuran tiap tray-nya besar-besar, sehingga memungkinkan pemakaian jangka panjang!

Fun Fact!

Barry M dimulai oleh Barry Mero sejak dia masih sangat muda. Dia berjualan cat kuku di kebun depan rumah, lalu mulai merambah ke Pasar Ridley Road, London Timur.

Cat kuku Barry Mero memiliki 6 warna cerah, yang kemudian menginspirasinya untuk menciptakan brand kosmetik dengan berbagai warna yang berani. Barry M pun berhasil menjadi merk kosmetik paling ‘berwarna’ di Inggris.

Klaim & Benefit

Barry M sendiri merupakan merk kosmetik yang mengusung 100% vegan dan terbebas dari animal testing. Jadi, Highlighting Palette ini juga pasti sama-sama vegan dan cruelty-free. Untuk produk Highlighting Palette-nya sendiri diklaim memiliki warna yang sangat pigmented dan akan memberikan tampilan kulit radiant yang cantik.

Kemasan

Sesuai namanya, Barry M Cosmic Lights Highlighting Palette memiliki kemasan yang cocok dengan konsepnya. Dengan perpaduan warna biru muda dan ungu, serta tulisan hologram pada bagian depan, semuanya ‘berteriak’ cosmic (antariksa) banget, kan? Ada gambar-gambar planet, bintang, UFO, alien, dan roket juga yang mendukung tema cosmic.

Sedangkan pada bagian belakang kemasan berisi informasi mengenai produknya. Anyway, kita jadi tahu, walaupun Barry M merk kosmetik Inggris, ternyata dibuatnya tetap di Cina, ya.

Ini tampilan bagian dalamnya. Seperti yang sudah saya mention di atas, setiap tray highlighter di palet ini besar-besar. Total ada 6 highlighter dengan warna-warna yang earthy. Ada warna cokelat-bronze, krim, pink, peach, hologram-pink, dan putih-silver.

Karena terdiri dari 4 highlighter cream dan 2 highlighter yang pressed powder, palet ini dilengkapi lapisan plastik. Tapi sayangnya lapisan plastik tersebut hanya untuk highlighter yang berbentuk krim saja. Padahal yang bubuk juga saya pikir membutuhkan lapisan plastik.

Kenapa tidak satu lembar plastik saja yang besar, yang bisa dipakai terus, alih-alih penutup plastik highlighter krim saja? Soalnya, lapisan krim ini tidak bisa disimpan. Setelah kita buka, lem di plastiknya tidak lengket lagi sehingga akan terlepas seiring waktu.

Ingredient List

Nah, sekarang Kamini mau bahas kandungannya. Karena highlighter ini dibagi menjadi dua tekstur, kandungannya juga berbeda tentunya. Untuk mengetahuinya, silakan baca penjelasan di bawah.

    Full Ingredients

Creams: Ethylhexyl Palmitate, Polymethyl Methacrylate, Ozokerite, Cetearyl Ethylhexanoate, Hydrogenated, Polyisobutene, Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-2, Isopropyl Isostearate, Mica, Paraffin, Glycol Montanate, Synthetic Wax, Hydrogenated Microcrystalline Wax, Sorbitan Stearate, Silica, Phenoxyethanol, Tin Oxide [+/- Mica, CI 77891, CI 15850, Synthetic Fluorphlogopite, CI 77491, CI 77492, CI 77499]

Powders: Talc, Mica, Magnesium Stearate, Dimethicone, Ethylhexyl Palmitate, Polyisobutene, Synthetic Wax, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin, Paraffinum Liquidum [+/- Mica, Synthetic Fluorphlogopite, CI 77891, CI 15850, CI 77007, Tin Oxide]

    Key ingredients

Untuk highlighter yang bubuk, base-nya adalah Ethylhexyl Palmitate. Ini adalah ester dari 2-etilheksil alkohol dan asam palmitat. Merupakan alternatif untuk bahan berbasis silikon yang menawarkan nuansa dry-slip. Zat ini juga berfungsi untuk membantu menyesuaikan konsistensi dan juga memberikan aroma (parfum) pada produk.

Sedangkan highlighter krim memiliki bahan dasar Talc dan Mica, kemudian ditambah Synthetic Wax agar teksturnya creamy. Kalau dilihat-lihat, tidak ada bahan berbahaya di dalam produk ini, baik untuk yang highlighter krim maupun yang bubuk.

Impresi

Nah, sekarang kita bakal masuk ke insight, seperti apa impresi yang diberikan Barry M Cosmic Lights Highlighting Palette. Berikut penjelasannya!

Tekstur

Palet ini terdiri dari 4 cream highlighter yang ada di sisi kanan dan kiri, sedangkan 2 tray yang di tengah memiliki tekstur powder. Untuk feel-nya sih oke, lembut, tidak ada partikel glitter yang bakal melukai kulit. Untuk highlighter bubuk ada sedikit fall out tapi masih wajar, tinggal dilap-lap saja nanti paletnya supaya tidak kotor tiap sesudah dipakai.

Swatch

Swatch-nya dimulai dari tray paling atas, ya, dari arah kanan ke kiri. Terus, tray yang paling bawah dari kiri ke kanan. Tidak seperti foto campaign Barry M, saya merasa highlighter ini kurang nendang warnanya.

Paling yang sangat terlihat itu shade cokelat-bronze saja untuk tekstur krim, dan warna putih-silver saja untuk yang bertekstur powder. Sisanya kurang begitu terlihat warnanya, padahal saya sudah gosok di tangan beberapa kali supaya kelihatan di foto.