mediabangsa.com – Brand kenamaan L’Oréal Paris punya sederet produk foundation dengan finish look yang berbeda-beda. Ada yang menawarkan dewy finish, satin finish, hingga matte finish. Tentu saja sebagai pemilik kulit kombinasi berminyak, saya lebih prefer foundation dengan hasil matte finish demi mengurangi tampilan ‘kilang’ minyak pada area T-Zone.

Kebetulan, L’Oréal Paris memperkenalkan salah satu foundation andalannya yang bisa mengontrol produksi minyak di kulit dengan hasil akhir matte. Bukan cuma itu, konon produk ini juga jadi salah satu favorit para Make Up Artist karena punya coverage yang tinggi. Produk yang dimaksud adalah Infallible 24H Matte Cover Foundation.

Pada tulisan kali ini, saya akan menceritakan pengalaman selama menggunakan L’Oréal Paris Infallible 24H Cover Foundation dimulai dari sensasi penggunaannya hingga ketahanan produk selama berjam-jam. Tapi sebelum itu, sebaiknya kita korek sedikit informasi mengenai produk ini dulu, yuk!

Tentang Produk

Seri infallible dari L’Oréal Paris merupakan koleksi produk kompleksi yang menawarkan hasil akhir natural, matte, dan punya ketahanan hingga 24 jam. Seri ini diformulasikan khusus oleh L’Oréal Paris agar memiliki kemampuan dalam menahan minyak dengan tekstur yang tetap ringan dan tahan lama. Singkatnya, seri ini menawarkan tampilan effortless beauty yang long-lasting.

Koleksi Infallibe sendiri terdiri produk More Than Concealer, 24H Fresh Wear Foundation, 24H Matte Cover Foundation, Pro-Matte 16H Powder, Ultra-Thin Mattifying Powder, serta Pro Spray & Set Makeup Extender. Saat ini, Infallible memang difokuskan pada produk-produk yang menunjang kompleksi.

Klaim dan Benefit

L’Oréal Infallible 24H Matte Cover Foundation merupakan produk yang dapat menutupi ketidaksempurnaan pada wajah dengan high coverage serta hasil akhir matte natural. Diperkuat dengan duo oil-control ingredients yang dapat menyerap minyak secara instan sekaligus menjaga makeup tetap matte seharian. Keunggulan lain dari produk ini adalah sebagai berikut:

    Mengandung SPF 20 dan PA+++

    24 jam matte finish dan shine control

    Konsentrasi pigmen yang tinggi dalam tekstur ultra cair, untuk coverage yang tinggi dengan hasil akhir layaknya second skin

    Non-comedogenic

    Transferproof meski menggunakan masker

    Waterproof dan sweatproof

    Breathable dengan tekstur tetap ringan

Cara Pakai

Saya sebenarnya nggak menemukan tata cara pemakaian khusus yang dianjurkan L’Oréal untuk produk ini. Karena itu saya simpulkan bahwa penggunaannya sama seperti kebanyakan produk foundation. Hanya saja, ada sedikit catatan yang tertera pada kemasan bahwa produk ini harus dikocok dahulu sebelum pemakaian.

Kemasan

Hadir tanpa box luar, L’Oréal Paris Matte 24H Cover Foundation dikemas dalam tube plastik berwarna dominan hitam doff yang sleek. Meski ramai karena semua informasi mengenai produk diletakkan pada tube-nya, tetap ada bagian pada badan tube yang dibuat transparan, sehingga konsumen bisa melihat shade dari foundation secara langsung.

Kemasan ini terkesan lebih konvensional karena L’Oréal nggak menggunakan pump seperti 24H Fresh Wear Foundation, melainkan pointy nozzle biasa yang disertai cap ulir. Meski begitu, kemasan ini tetap tidak mudah bocor dan cenderung lebih ringan untuk dibawa-bawa.

L’Oréal Paris Infallible 24H Matte Cover Foundation memiliki volume 35ml dengan 12 months PAO. Produk ini juga sudah memiliki nomor izin BPOM dan barcode khusus, meski masih dalam bentuk stiker. Pada stiker ini pula tanggal expire dari produk disimpan.

Ingredients List

Meski merupakan produk makeup, nggak ada salahnya untuk breaking down satu per satu ingredients dari L’Oréal Paris Infallible 24H Matte Cover Foundation. Supaya kita tahu apa saja kandungan yang bermanfaat dalam menunjang performa produk. Yuk, kita tinjau!

Full Ingredients

Aqua / Water, Dimethicone, Isododecane, Acrylates/Polytrimethylsiloxymethacrylate Copolymer, Butylene Glycol, Silica, Peg-10 Dimethicone, Synthetic Fluorphlogopite, Isohexadecane, Cellulose, Isononyl Isononanoate, Pentylene Glycol, Bis-Peg/Ppg-14/14 Dimethicone, Magnesium Sulfate, Phenoxyethanol, Disodium Stearoyl Glutamate, Caprylyl Glycol, Silica Silylate, Disteardimonium Hectorite, Calcium Aluminum Borosilicate, Tocopherol, Hydroxyethyl Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Parfum / Fragrance, Aluminum Hydroxide, Hexyl Cinnamal, Benzyl Salicylate, Linalool, Sorbitan Isostearate, Polysorbate 60, Alpha-Isomethyl Ionone, Benzyl Alcohol, Citronellol, Ci 77891 / Titanium Dioxide, Ci 77491, Ci 77492, Ci 77499 / Iron Oxides

Key Ingredients

Dari list yang cukup panjang tersebut, ternyata memang ada beberapa bahan yang saya kenali dan punya manfaat untuk menunjang performa produk. Berikut daftarnya:

    Dimethicone

Pada klaim yang disebut L’Oréal Paris, 24H Infallibe Matte Cover punya kandungan duo oil-control ingredients yang bertanggung jawab dalam menyerap minyak dan menjaga tampilan makeup tetap matte seharian. Satu dari ingredients yang dimaksud sepertinya adalah dimethicone.

Bahan ini memang sering digunakan dalam produk kosmetik wajah karena kemampuannya mengontrol minyak dan membuat tampilan kompleksi menjadi halus. Dimethicone juga punya sifat sedikit matte, makanya sangat cocok ditambahkan pada produk-produk matte finish.

    Silica

Satu lagi anggota yang mungkin masuk dalam duo oil-control ingredients, silica. Bahan yang punya karakter white powdery ini memang biasanya terdapat pada kaca dan pasir. Namun, silika juga bisa digunakan dalam produk kosmetik karena punya kemampuan menyerap minyak.