mediabangsa.com – Siapa sih yang nggak kenal sama Focallure? Beauty enthusiast pasti hafal banget sama brand asal Cina ini. Focallure memiliki sederet produk-produk kosmetik dengan berbagai varian dan harga yang terjangkau. Salah satu varian kosmetik Focallure yang menurut saya sangat unik dan beda adalah Focallure Capsule Lipstick.

Produk lipstik ini jauh berbeda dari lipstik kebanyakan di pasaran sana karena bentuknya yang menyerupai kapsul. Yes, beneran mirip dengan karakteristik kapsul yang kecil, sleek, dan ujung membulat. Dengan ukurannya yang super mini ini, lipstik jadi lebih gampang dibawa-bawa. Selain itu, mereka juga memiliki varian warna yang cukup beragam dan eye-catching, lho!

Gak cuma 1 shade, totalnya ada 7 shade dari keseluruhan seri capsule lipstick yang dirilis oleh Focallure ini. Penasaran dengan ulasannya? Baca terus sampai selesai ya!

Tentang Produk

Lipstick matte berbentuk kapsul ini dirilis sudah cukup lama dan merupakan salah satu produk unggulan dari brand yang bermula dari Aliexpress ini. Konsep brand Focallure yang memang mengusung “Beauty and Love without Boundary” memang seperti tercermin dalam lipstik ini karena dalam 1 box, kamu bisa mencoba banyak varian warna dengan harga yang terjangkau.

Klaim dan Benefit

Mengutip langsung dari web asli Focallure, lipstik ini diklaim full coverage dengan hasil akhir yang ultra-matte. Sedikit berbeda dengan matte, ultra-matte memiliki karakter lebih ringan tapi bisa meng-cover keseluruhan warna bibir. Lipstik ultra-matte juga biasanya lebih transferproof dan kissproof.

Kandungan dalam Focallure Capsule Lipstick ini juga diklaim bisa diterima kulit karena menggunakan bahan-bahan yang aman dan nyaman. Tekstur lipstik ringan, nggak kering, dan nggak lengket. Dengan semua klaim ini, saya jadi makin nggak sabar buat cobain langsung produknya!

Cara Pakai

Meskipun punya kemasan yang berbeda, tapi pemakaian lipstik ini sama seperti lipstik lainnya. Kamu cukup pulaskan produk secara perlahan ke bibir. Kemudian ratakan dengan tangan. Untuk mendapatkan hasil akhir yang lebih natural, kamu bisa coba tap-tap bibir dengan menggunakan jari setelah memulaskan lipstik-nya.

Kandungan

Nah, sekarang kita lihat apa saja kandungan yang ada dalam lipstick ini, ya!

Full Ingredients:

Polyethylene, Microcrystalline Wax, Vinyl Dimethicone/Methicone Silsesquioxane Crosspolymer, Isononyl Isononanoate, Caprylic/Capric Triglyceride, Caprylyl Methicone, PEG-10 Dimethicone, Lecithin, Polyhydroxystearic Acid, Isostearic Acid, Parfum, May Contain: CI 77491, CI 77492, CI 77499, CI 45410, CI 15850, CI 15985, CI 16035, CI 77891, CI 17200.

Star Ingredients:

Pada klaimnya, produk ini mengunggulkan tekstur yang ringan, tahan lama, dan juga nyaman dipakai. Setelah saya mencoba mencari tahu, beberapa kandungan inilah yang bisa mendukung klaim tersebut.

    Microcystalline Wax

Bahan ini merupakan sejenis petroleum jelly yang biasa digunakan sebagai emollient dalam produk-produk kosmetik. Fungsi emollient sendiri adalah untuk menahan kelembaban. Ngkak heran, ya, kalau akhirnya lipstik ini nggak terasa kering di bibir.

    Dimethicone

Nggak cukup hanya dengan 1 kandungan pelembab saja, lipstik ini juga memiliki kandungan pelembab lainnya yaitu dimethicone. Kandungan ini merupakan salah satu jenis silikon yang banyak digunakan dalam produk-produk kosmetik. Fungsinya adalah agar bibir tidak kehilangan kelembaban. Dengan tambahan dimethicone, lipstik ini semestinya bisa menahan lembab lebih lama, ya!

Kemasan

Kalau kamu membeli dalam versi bundle, kamu akan mendapatkan box berisi 5 shade Focallure Capsule Lipstick. Pada box terdapat keterangan ingredients. Sayangnya, dalam box produk yang saya beli, keterangan yang tertulis berbahasa Cina. Namun, kamu tetap bisa mendapat info mengenai kandungannya di website resminya, kok.

Tidak hanya dalam box, Capsule lipstik ini juga terbungkus plastik bening mirip permen. Gemas! Kemasannya yang seperti ini bikin produk ini cocok banget untuk dijadikan sebagai hadiah.

Kemasan lipstik ini terdiri dari 2 warna, yakni warna-warni kemerahan yang mewakili setiap shade lipstik dan warna putih tulang atau broken white di bagian penutupnya. Sayangnya, tidak tercantum nama-nama shade dalam kemasan kapsulnya, sehingga agak membingungkan.

Selain desainnya yang mirip kapsul dan berukuran mini, selebihnya produk ini punya fitur yang sama dengan lipstik pada umumnya. Tidak sulit untuk memutar kemasan hingga produknya keluar. Kamu cukup memutar bagian bawahnya untuk mengeluarkan produknya. Isi produk di dalamnya tentu saja jauh lebih sedikit dibanding lipstik lain karena ukurannya yang super mini.

Meski begitu, buat saya yang hampir jarang ngabisin lipstick, isi yang sedikit ini mengurangi rasa bersalah saya karena susah menghabiskan lipstik. Dengan ukuran yang mini seperti ini, lipstik jadi lebih sering terpakai.

Impresi

Selanjutnya, saya akan kasih tahu kalian apa saja yang saya temukan ketika pertama kali menggunakan lipstik ini ya!

Tekstur

Pada website resminya, Focallure mengklaim bahwa lipstik ini memiliki tekstur yang silky. Sebagai informasi, tekstur silky ini maksudnya adalah lembut dan halus seperti sutra. Dengan klaim tersebut, tentu saja ekspektasi saya cukup tinggi pada lipstik ini.