mediabangsa.com – JAKARTA – Track Day umumnya menjadi cara menyenangkan untuk komunitas mobil sport untuk bersenang-senang menikmati performa mobil kesayangannya. Selain untuk merasakan potensi sebenarnya dari mobil yang punya performa ganas, juga menjadi ajang silaturahmi dengan sesama anggota komunitas/klub. Hal itulah yang digelar oleh Porsche Indonesia mengajak para konsumennya.

Porsche Indonesia mengajak Porsche Club Indonesia (PCI) mengisi hari Jumat (2/9/2022) untuk melibas Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di Ancol. Acara bertajuk Porsche E-Performance Day ini menampilkan line up model elektrifikasi di Indonesia, sekaligus melanjutkan momentum Formula E beberapa waktu lalu di Jakarta.

Pihak Porsche Indonesia membawa beberapa model kendaraan untuk digunakan taxi drive melahap sirkuit di Utara Jakarta tersebut. Terdapat model Taycan Turbo, Cayenne e-Hybrid, Panamera e-Hybrid dan Macan. Sayangnya, pengalaman berkendara bersama mobil listrik Porsche Taycan ini tidak dirasakan yang hanya diberikan kesempatan menjadi penumpang di model Macan, model mesin konvensionalnya yang menjadi jagoan di segmen SUV.

Meski demikian sensasi sporty melibas sirkuit E-Prix tetap terasa maksimal lewat SUV yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 265 hp dengan top speed 232 km per jam dan kemampual 0 sampai 100 km per jam dalam waktu 6,4 detik. Selain itu, sensasi raungan knalpot yang membahana lebih mengintimidasi dibandingkan model kendaraan listriknya yang lebih senyap.

Baik konsumen dan penggemar Porsche mencoba satu per satu model yang disediakan. Setelah melewati briefing singkat mengenai sirkuit, panita meminta para pengguna Porsche berhati-hati dan menggunakan perlengkapan keselamatan dengan lengkap, termasuk helm dan sarung tangan.

Lebih dari 50 mobil Porsche berbagai tipe milik pelanggan dan anggota Porche Club Indonesia turun menjajal trek yang saat dibangun membutuhkan waktu 57 hari saja. Beberapa model sport ikonik Porsche seperti 911 GT3, GT2 RS dan 911 GT3 RS, raungan mesin internal combustion meraung bebas bersama dengan model Taycan yang jadi perhatian di ajang ini.

Sirkuit yang memiliki Grade 3 dalam standar homologasi FIA ini memang memiliki tantangan tersendiri bagi para pengguna Porsche. Tidak ada ruang kesalahan karena akan langsung menghantam barrier yang terbuat dari plastik dan beton. Pihak panitia sendiri sudah menyiapkan beberapa tambahan petunjuk untuk titik pengereman dan memaksimalkan tenaga kendaraan. Para pemilik Porsche mengaku senang dengan kesempatan mencoba sirkuit JIEC ini. Selain karena lokasi yang terhitung dekat, tantangan yang dirasakan juga cukup membuat adrenalin mereka bergejolak melibas sirkuit dengan panjang 2,4 kilometer tersebut.

Menyinggung soal Taycan yang menjadi bintang pada acara kali ini, sedan sport BEV dengan banderol miliaran rupiah tersebut memang menawarkan tenaga signifikan. Di atas kertas, model ini menghadirkan tenaga 321 hp bahkan bisa meningkat hingga 402 hp lewat fitur Launch Control dan menawarkan torsi instan sebesar 345 Nm. Besaran tenaga ini tentu menjadi tantangan tersendiri melahap sirkuit JIEC yang memiliki lebar sekitar 12 meter, 18 tikungan dan tidak memiliki area run off untuk kesalahan bermanuver, seperti yang terjadi pada kecelakaan Taycan di pagi hari.

Sebagai model kendaraan listrik, jarak tempuhnya mencapai 371 sampai 444 kilometer berdasarkan metode WLTP. Ukuran baterainya bervariasi mulai 79,2 kWh sampai 93,4 kWh. Kemampuan pengisian dayanya 9,5 jam dengan arus AC dari 0 sampai 100 persen. Lewat pengisian daya DC hanya membutuhkan waktu 93 menit dari 5 sampai 80 persen. Pada pengisian super fast charging hanya membutuhkan waktu 22,5 menit dari baterai 5 persen sampai 80 persen.

Taycan ditawarkan dalam beberapa varian. Terdapat varian Sport Turismo, 4S, 4S Sport Turismo, GTS, Turbo, Turbo Cross Turismo, dan Turbo S yang bisa dipilih konsumen Indonesia. Personalisasi membuat tidak ada harga pasti dari model ini. Namun dari NJKB Samsat DKI Jakarta Taycan memiliki nilai jual Rp 1,5 miliar, model Turbo di angka Rp 2,65 miliar, Turbo S di angka Rp 3,86 miliar, Taycan 4S di angka Rp 2,117 miliar dan 4S Cross Turismo di angka Rp 2 miliar. Ini artinya, setidaknya calon konsumen menyiapkan dana sekitar Rp 3 sampai Rp 4 miliar lebih untuk memiliki model-model ini.(SETYO ADI / WH)