mediabangsa.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/05/23/radrgpyy/komparasi-toyota-hiace-hyundai-starex-f53a.jpg”>

Sebagian besar pengusaha travel pasti akan memilih mobil yang memiliki kapasitas angkut banyak, bandel, dapat diandalkan. Baik Toyota Hiace 2017 maupun Hyundai Starex Mover 2017 memiliki kelebihan dan daya tarik masing-masing. Untuk membantu Anda dalam menentukan pilihan, berikut kami tampilkan komparasi keduanya.

Eksterior

Dengan dimensi 5.380 mm (Panjang) x 1.880 mm (Lebar) x 2.285 mm (Tinggi), Toyota Hiace 2017 memiliki keunggulan ruang yang lebih luas, Hiace mampu menampung 15 orang karena memiliki lima baris tempat duduk. Lebih banyak satu baris ketimbang Hyundai Starex Mover, yang hanya bisa mengakomodir 11 penumpang.

Dengan dimensi lebih besar, Toyota Hiace menawarkan lebih banyak daya angkut

Namun, di sisi lain Hyundai Starex Mover 2017 punya keunggulan saat bermanuver karena dimensi yang lebih kecil, yakni 5.125 (panjang) mm x 1.920 (lebar) mm x 1.925 mm (tinggi). Dengan dimensi lebih kompak dari Hiace, Starex Mover dapat diandalkan saat melewati medan yang sempit, begitupun saat parkir.

Mesin

Untuk sektor dapur pacu, Hyundai Starex Mover 2017 dilengkapi mesin A2 – CRDi berkapasitas 2.494 cc yang memiliki tenaga puncak 135 dk dan torsi 334 Nm. Di sisi lain, Toyota Hiace 2017 dibekali mesin diesel D-4D berkapasitas 2.494 cc, namun dengan tenaga lebih kecil. Mesin besutan Toyota itu hanya mampu menyemburkan tenaga 103 dk dan torsi maksimal 262 Nm.

Namun, dari segi mesin Hyundai Starex lebih bertenaga ketimbang Toyota Hiace

Bukan hanya mesin, transmisi Starex Mover juga lebih unggul ketimbang Hiace. Meski sama-sama menggunakan transmisi manual, Hyundai menanamkan transmisi enam tingkat percepatan manual, lebih banyak satu ketimbang yang dimiliki mobil komersial racikan Toyota itu.

Fitur

Toyota Hiace 2017 di antaranya ABS dan BA, yang memberikan kualitas pengereman maksimal serta sanggup mencegah terjadinya ban selip. Selain itu, ada juga Dual SRS Airbag yang akan menjaga anda terhindar dari cedera serius ketika terjadi kecelakaan atau benturan keras.

Seat belt pada mobil ini juga dilengkapi dengan Pretensioner dan Force Limiter yang akan mengencang untuk menjaga anda agar tidak bergerak kemanapun ketika terjadi kecelakaan.

Selain fitur keamanan standar, Hyundai Starex Mover juga menggunakan suspensi McPherson Strut di bagian depan

Sementara itu, Hyundai Starex Mover 2017 menggunakan sasis bodi Monocoque sehingga dapat meminimalisir benturan baik saat melaju di area kurang baik ataupun saat terjadi kecelakaan. Selain itu, mobil ini juga dipersenjatai suspensi McPherson Strut yang terbukti handal untuk bagian depan, dan Rigid Axle 5-Link pada bagian belakang. Pengemudian mobil juga menjadi semakin mudah dengan pengaplikasian sistem Hydraulic, dan membuat manuver jauh lebih responsif.

Harga

Untuk Harga, saat ini Toyota Hiace 2017 dibanderol sekitar Rp. 462 juta, sementara itu Hyundai Starex 2017 dibanderol jauh lebih murah, yakni Rp 396 juta untuk versi CRDi.

Kesimpulan

Tak bisa diragukan lagi, Toyota Hiace 2017 memiliki keunggulan daya angkut penumpang atas Hyundai Starex Mover 2017. Dan, itu adalah poin terpenting dalam memilih mobil bisnis travel, lebih muat banyak lebih menguntungkan, bukan?

Jika harga bukan kendala, kami sarankan Anda memilih Toyota Hiace 2017

Namun demikian, jika Anda juga mempertimbangkan faktor di luar kapasitas penumpang, seperti tenaga mesin mumpuni, kelincahan dalam bermanuver, serta harga yang lebih murah, Hyundai Starex Mover 2017 adalah opsi yang menarik.