mediabangsa.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/05/31/cWC5a43e/mudik-tol-trans-sumatera-foto3-b304.jpg”>

Pemerintah memang sudah menggenjot persiapan tol Trans Sumatera untuk memperlancar pemudik pulang kampung tahun ini. Sebagian besar ruas tol sudah bisa digunakan. Namun sayangnya, beberapa ruas tol tidak bisa digunakan ketika malam menjelang karena kurangnya penerangan. Untuk mempersiapkan perjalanan bagi Anda yang ingin melalui mudik Tol Trans Sumatera, ada beberapa tips untuk perjalanan yang lebih aman dan nyaman.

1. Siapkan diri dan mental

Yang paling penting adalah mempersiapkan kesehatan diri sendiri sebelum menempuh ratusan, bahkan ribuan kilometer di jalan. Tentu saja, semua dimulai dengan mempersiapkan makanan dan cukup tidur sebelum Anda mudik. Jangan lupa mempersiapkan semua kebutuhan obat-obatan bagi Anda yang memerlukannya.

Pastikan untuk cukup istirahat sebelum bepergian untuk menghindari kantuk di jalan

Tren yang terjadi saat ini adalah mudik setelah sahur. Dipercaya jalanan yang masih sepi akan membuat perjalanan menjadi lebih cepat. Tetapi tentu saja, sebelum itu Anda harus mempersiapkan tubuh dengan tidur yang cukup dan makan makanan yang bergizi dan bernutrisi ketika sahur. Bagi Anda yang masih tetap berpuasa selama perjalanan, mengkonsumsi air yang cukup akan menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membuat Anda tetap fokus dan konsentrasi di jalan.

2. Sediakan makanan dan minuman

Di sepanjang perjalanan, Anda bisa melihat kedai atau toko. Namun ketika Anda memasuki tol Trans Sumatera, hanya ada beberapa rest area tersedia. Terlebih bagi Anda yang berpuasa dan tetap berkendara hingga malam hari, asupan makanan dan minuman sangat diperlukan. Karena itu, untuk menghindari kehabisan makanan dan persediaan minuman selama di jalan, jangan lupa untuk mempersiapkannya sebelum berangkat.

Jangan lupakan persediaan makanan untuk kondisi darurat, seperti berbuka di jalan

Menyediakan botol minuman di mobil adalah keharusan. Sediakan juga cemilan untuk kudapan sepanjang perjalanan, terlebih pada malam hari ketika lapar menyerang. Sediakan air putih yang banyak, terkhusus bagi pengemudi yang berpuasa. Tubuh yang dehidrasi karena kehilangan banyak cairan akan mengakibatkan konsentrasi menurun dan akhirnya menurunkan fokus.

3. Periksa kembali rute perjalanan

Meskipun tol Trans Sumatera sudah bisa digunakan, namun jika sore menjelang, petugas akan mengalihkan Anda menuju jalur biasa. Pasalnya, tidak semua tol sudah memiliki lampu jalan dan akan sangat membahayakan untuk melaju di jalanan tanpa penerangan yang memadai. GPS pada mobil atau aplikasi smartphone akan sangat membantu Anda memilih rute ketika Anda melanjutkan perjalanan di malam hari.

Lihat kembali rute perjalanan yang akan Anda tempuh

Jangan lupa untuk mempersiapkan kabel data atau charger mobil. Apalagi bagi Anda dengan mobil yang masih belum memiliki sistem navigasi sendiri. Anda juga bisa memilih rute yang akan ditempuh serta mempertimbangkan rute baru ketika titik merah telah memanjang pada salah satu rute. Anda juga bisa mencari spbu terdekat untuk menghindari kehabisan bahan bakar di sepanjang jalan.

4. Persiapkan kendaraan

Meskipun jalanan tol Trans Sumatera sudah mulus, namun kondisi beberapa ruas lain di jalur lintas Sumatera tidak begitu bagus. Banyak lobang yang masih terlihat dan sangat mengganggu. Diperlukan kaki-kaki yang cukup kuat untuk melaju di beberapa ruas jalan. Jangan sampai perjalanan mudik bersama mobil pribadi yang bertujuan untuk menghemat biaya perjalanan menjadi membengkak untuk biaya perbaikan.

Lakukan pengecekan sehari atau beberapa hari sebelum bepergian untuk kondisi maksimal

Karena itu, pastikan untuk mempersiapkan mobil dalam kondisi yang maksimal untuk menempuh perjalanan jauh. Periksa kendaraan sehari atau beberapa hari sebelum bepergian. Perjalanan mudik tol Trans Sumatera akan lebih nyaman ketika Anda memastikan kondisi mobil sudah siap sedia untuk semua kondisi jalan.