mediabangsa.com

Sebelum Anda pergi beraktifitas dengan menggunakan mobil, disarankan untuk melakukan pengecekan kondisi mobil. Hal ini cukup penting untuk dilakukan karena sebagai tindakan preventif jika saja ada hal yang berpotensi mengganggu keamanan dan kenyamanan selama berkendara. “Tak perlu sering-sering, cukup lakukan pengecekan pada pagi hari sebelum pergi ke kantor atau kuliah. Tak perlu lama-lama juga, cukup 5 menit kok,” ujar praktisi safety driving Arief Mulyana.

Untuk melihat jumlah oli, Anda bisa lakukan pengecekan dengan menggunakan dipstick pada mesin

Bagian pertama yang perlu mendapatkan pengecekan adalah ruang mesin. Anda bisa melihat jumlah pelumas dengan bantuan dipstick. Jika sudah berkurang di bawah tanda ideal, lekaslah lakukan penggantian pelumas. Kedua lakukan pula pengecekan seperti pada jumlah cairan radiator dan air pada wiper. “Pengecekan pada tabung wiper kerap terlupakan karena dianggap sepele, tahu-tahu airnya sudah habis dan ketika dibutuhkan untuk membersihkan kaca. Efeknya, jadi mengganggu kenyamanan saat mengemudi karena kaca dibiarkan kotor,” wanti Arief.

Lakukan pengecekan tekanan angin pada ban secara berkala agar terhindar dari kemungkinan ban meletus di jalan

Jika Anda menggunakan aki jenis basah, bisa juga mengecek jumlah air aki apakah masih dalam batas ideal, demi kerja aki yang tetap optimal. Setelah ruang mesin, Anda bisa beralih melakukan pengecekan pada kolong mobil. perhatikan apakah ada kebocoran di lantai garasi Anda. Jika ada, lekas cari tahu apakah kebocoran tersebut adalah air, bahan bakar atau pelumas, lewat tekstur atau baunya. Sehingga mobil Anda bisa lekas mendapatkan perbaikan jika ada kebocoran.

Setelah bagian kolong mobil, pengecekan bisa beralih ke bagian lampu-lampu. Hidupkan sejenak semua lampu untuk melihat sekiranya ada lampu yang sudah putus dan perlu diganti bohlamnya. Khusus untuk lampu, Anda juga bisa lakukan pengecekan pada malam hari setelah pulang beraktifitas, bersamaan lampu mobil yang masih menyala. Jangan sampai lampu Anda mati di kedua sisi, baik lampu depan ata belakang, yang pastinya akan mengganggu Anda dan pengemudi di belakang karena tak bisa melihat Anda dengan jelas. Tentunya akan membahayakan.

Hindari lampu mati di kedua sisi dengan lakukan pengecekan sebelum berkendara

Terakhir, Anda bisa lakukan pengecekan pada bagian ban. komponen satu ini sangat krusial karena sangat menentukan keselamatan Anda selama berkendara. Cek kondisi fisik ban, mulai dari dinding ban, lihat apakah ada goresan atau robek pada dinding ban. Cek pula tapak ban, lihat tingkat keausannya. Oiya, jangan lupa cek juga tekanan anginnya. Akan lebih baik jika Anda memiliki alat pengukur tekanan ban portable yang banyak tersedia di pasaran dengan harga terjangkau. Dengan melakukan pengecekan selama 5 menit, Anda sudah melakukaan tindakan preventif yang akan berpengaruh besar atas keselamatan Anda dan pengguna lalu lintas lainnya.