mediabangsa.com – Pantai Baruna dikenal masyarakat Semarang sebagai destinasi alam yang memiliki sejarah tersendiri. Keindahan setiap sudut wisata menjadi hal yang membuat para tamu nyaman. Bahkan Anda dapat melihat air yang jernih dengan ombak putih melengkapi keindahan. Pasang surut air pun tampak cantik jika dilihat langsung dari arah kursi Pantai.

Kawasan tempat rekreasi itu juga memiliki hamparan pasir putih yang memukau. Anda tentu bisa bermain atau sekedar melihat ombak dari pasir. Biasanya pelancong sering tidak memakai alas kaki untuk menikmati pasir yang begitu lembut.

Kesegaran udara yang berasal dari pohon bisa dinikmati selama berlibur. Selain itu para tamu bisa beranjak ke area lain untuk mendapat background foto yang menarik. Jangan lupa pula untuk menikmati kebersihan air dengan sekedar bermain disana.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Baruna

1. Keindahan Pantainya

Pantai Baruna menawarkan pesona keindahan alam yang tidak pernah mengecewakan. Setiap sudut di tempat ini memiliki spot foto instagramable yang bisa digunakan. Selain itu terdapat spot sebagai tempat duduk menikmati semua keindahan dari dekat. Pengunjung banyak yang sekedar menghirup udara segar sambil melihat pasang surut air laut.

Tanaman hijau pun menjadi bukti bahwa Pantai indah ini masih alami dan asri. Wisatawan biasanya berteduh di bawah pohon sambil menikmati camilan. Anda dijamin tidak akan kecewa selama berada di Baruna karena pesona alam mampu membuat betah. Apalagi saat siang destinasi itu cocok dipotret dengan bantuan sinar dari matahari ke arah Pantai.

2. Air Pantai

Air laut yang terlihat sangat jernih selalu dipakai memancing maupun berenang oleh wisatawan. Pencemaran limbah sampah tidak ada di tengah laut yang membuat air selalu terpancar biru kehijauan. Bahkan jika diamati dari dekat terdapat beberapa batu pemecah ombak yang indah. Tak hanya itu, ada pula perahu milik nelayan yang berjejer rapi.

Wisata yang cantik itu juga mempunyai pasir yang membentang luas dari ujung. Apalagi setiap sudut pasir tidak ada batu kerikil karena terasa begitu lembut. Traveller yang ingin melepas penat sangat cocok sekedar bermain di air laut atau pasir putih itu. Jadi jangan sampai melewatkan pesona kecantikan yang ada di sepanjang Pantai.

3. Sejarah Wisata

Pantai Baruna menyimpan sejarah yang menarik untuk dipelajari. Dahulu memang ada pertempuran saat zaman penjajahan Jepang yang menjadi salah satu sejarah Pantai ini. Pada saat itu pemerintah Jepang membangun monumen ketenangan jiwa yang tidak jauh dari area Pantai. Anda yang berlibur tentu bisa belajar sejarah disana.

Biasanya traveller ada pula yang mengabadikan momen di sekitar monumen itu. Berlibur ke Pantai tersebut memang tidak hanya bisa digunakan melepas penat, tetapi juga dapat menambah wawasan. Maka dari itu siapkan waktu bersama kerabat untuk sekedar mampir ke wisata Baruna.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Pantai Baruna tepat berada di Pelabuhan Mas, Semarang, Jawa Tengah. Beragam pilihan rute sangat mudah dijangkau karena Pantai hits itu cukup dekat bandara dan stasiun. Titik lokasi diketahui strategis serta banyak angkutan yang melewati kawasan Pantai. Para tamu yang datang dari luar Jawa Tengah tentu tidak usah khawatir selama melakukan perjalanan.

Berkendara menuju lokasi pantai bisa dilakukan dengan mengambil rute dari Jalan Imam Bonjol. Lurus sampai bertemu Jalan Grobogan dan belok kiri ke Jalan Layur. Lalu arahkan kendaraan belok kanan menuju Jalan Komodor Laut Yos Sudarso. Selang beberapa meter belok ke kanan dan pengunjung akan menemukan Pantai dengan suara ombak yang sudah terdengar.

Perjalanan yang akan Anda lalui tidak jauh serta membutuhkan waktu 50 menit saja. Pakai google maps jika membutuhkan petunjuk jalan yang lebih akurat. Biasanya traveller juga ada yang memperhatikan papan petunjuk di jalan yang terlihat cukup jelas. Pemandangan alam akan menemani perjalanan ke Pantai dan Anda tentu semakin senang saat berlibur kesana.

Harga Tiket Masuk Pantai Baruna

Untuk memasuki kawasan pantai, pengelola memberikan tawaran harga tiket sebesar Rp 3.000 yang masih aman di kantong semua pengunjung. Penawaran harga sudah termasuk semua sudut wisata yang bisa dipakai sebagai spot berlibur. Traveller banyak yang suka datang ke tempat rekreasi ini bersama keluarga dan teman. Apalagi biaya berlibur yang dibutuhkan masih cukup murah.

Selama berkunjung ke Pantai Baruna, Anda bisa membawa makanan untuk dinikmati. Kuliner yang dijual pedagang memang maasih belum banyak karena kios yang berjejer hanya sedikit. Namun, harga kuliner tidak mahal dan masih cocok di kantong wisatawan. Selain itu, persewaan sebagian alat bermain air pun harua Anda siapkan agar budget lebih hemat.

Harga retribusi khusus untuk parkir kendaraan juga dijamin tidak menguras budget tamu. Semua yang berkunjung bisa membayar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan mobil Rp 5.000 saja. Biaya yang dikeluarkan untuk parkir berlaku mulai Pantai buka sampai tutup. Pelancong bisa menitipkan kendaraan pribadi agar lebih aman saat melakukan kunjungan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Baruna

1. Memotret Foto

Pantai Baruna menyediakan tempat cantik untuk tamu yang ingin sekedar memotret foto. Mulai dari ujung manapun selalu menyuguhkan keindahan yang memukau. Anda bisa menyiapkan aksesoris khusus untuk menambah kecantikan hasil foto. Jangan lupa pula mengambil foto dari pemandangan yang terpancar saat suasana sunrise dan sunset disana.

2. Melihat Pemandangan

Setiap pesisir Pantai tampak menawan karena dikelilingi panorama menakjubkan. Mulai dari air yang jernih sampai pasir putih mampu memanjakan mata para tamu. Bahkan beranjak ke area lain Anda bisa melihat pohon hijau yang membuat suasana asri. Berlibur ke Pantai indah ini memang disukai banyak orang karena wisata masih dikelilingi pesona yang alami.

3. Piknik di Pantai Baruna

Kalangan muda hingga tua biasanya banyak yang suka membawa kuliner ke Pantai sambil bersantai. Melakukan kunjungan ke wisata ini sambil menyiapkan tikar dan camilan memang wajib dilakukan. Meskipun cuaca sedang terik, kawasan Pantai tidak panas karena angin berhembus sejuk. Hal ini tentu semakin menunjang aktivitas piknik yang dilakukan.

4. Memancing

Menangkap ikan di laut lepas menjadi hobi sebagian pengunjung yang sering dilakukan. Pantai hits tersebut memiliki spot pemancingan yang bisa dikunjungi. Tempat itu juga sangat nyaman bagi siapapun yang ingin memancing bersama kerabat. Hasil tangkapan dapat Anda masak di sekitar hamparan pasir sambil membawa peralatan agar liburan semakin berkesan.

5. Berenang

Pada jam tertentu ombak Pantai Baruna tampak surut dan cocok bagi yang ingin berenang. Pelancong dapat membawa pelampung supaya lebih aman. Pastikan berenang di tepian saja dan jangan terlalu ke tengah karena ombak bisa datang kapan saja. Nikmati Pantai yang jernih sambil merekam keindahan memakai kamera anti air yang telah Anda siapkan.

6. Bermain Voli

Mencoba bermain voli di pasir putih Pantai membuat wisatawan senang. Apalagi spot disana sangat luas untuk sekedar mencoba olahraga ini. Pengunjung dapat membawa net dan bola dari rumah karena di sekitar masih belum ada tempat sewa. Rasakan kesejukan udara dan suara ombak yang akan menemani selama Anda mencoba bermain bola voli.

7. Camping

Berkunjung ke spot kemah yang disediakan oleh pengelola menjadi favorit traveller. Tenda bisa Anda siapkan dari rumah sambil membawa alat masak. Selain itu Pantai menawan ini juga memiliki udara yang lumayan dingin karena banyak pohon berjejer. Sehingga Anda perlu membawa pakaian tebal yang dapat digunakan selama camping di sekitar destinasi.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Pantai Baruna diketahui mempunyai fasilitas penunjang yang tersebar di sepanjang pesisir. Spot pemancingan ada di area dengan tempat duduk yang nyaman untuk tamu. Tempat parkir yang memiliki lahan luas sudah disediakan dengan aman oleh pengelola. Biasanya saat akhir pekan lahan ini selalu dipadati mobil serta sepeda motor milik pelancong.

Tempat foto instagramable tersebar di tiap kawasan dengan background alam. Kios milik pedagang yang menawarkan makanan masih tersedia dalam jumlah sedikit. Hal tersebut membuat traveller harus membawa bekal agar tidak lapar. Kamar mandi sebagai ruang ganti dan tempat membasuh diri sudah ada di area sekaligus dijaga kebersihannya oleh petugas.

Wisatawan bisa pula memakai fasilitas tempat ibadah yang mempunyai ruangan khusus. Selain itu persewaan alat masih belum ada karena Pantai masih terus dikembangkan. Spot untuk melakukan camping sudah disediakan dengan tempat luas. Jadi gunakan semua fasilitas sesuai kebutuhan saja dan pastikan jangan merusak selama datang ke Pantai itu.

Demikian informasi Pantai Baruna yang menyuguhkan kecantikan serta sejarah wisata. Pengunjung tentu dapat melihat sekitar wisata sambil bersantai. Siapkan pula perlengkapan yang akan dipakai untuk menunjang aktivitas Anda. Jangan lupa mengajak keluarga dan teman dekat karena datang ke Pantai dengan rombongan akan membuat liburan seru.