mediabangsa.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/05/15/radrgpyy/cara-modifikasi-audio-pada-mobil-agar-suara-mengge-9c76.jpg”>

Fungsi Audio pada mobil saat ini bisa dibilang cukup krusial, khususnya untuk menemani pengemudi dan penumpang dalam perjalanan jauh, semisal mudik mengunjungi sanak saudara. Walaupun hanya bersifat hiburan semata, nyatanya tak sedikit orang yang memodifikasi audio mobilnya agar memiliki kualitas suara lebih baik, serta membuat perjalanan dengan mobil jadi lebih menyenangkan.

Saat ini, terdapat empat aliran modifikasi audio yang memiliki karakteristik berbeda menyesuaikan dengan selera dan kebutuhan tiap-tiap pemilik mobil. Ingin tahu apa saja? Simak penjabarannya di bawah ini.

SPL (Sound Pressure Level)

Untuk keluaran suara bass yang menggelegar, box subwoofer besar digunakan di aliran SPL

Aliran modifikasi audio SPL pada dasarnya menitik beratkan pada suara bass yang besar dan kencang, salah satu ciri-cirinya adalah penggunaan jumlah subwoofer yang sedikit, satu atau maksimal dua, namun dengan penggunaan box ber-volume besar.

Sementara itu untuk speaker, biasanya hanya digunakan di bagian depan saja. Untuk mengakomodir penggunaan subwoofer besar, power amplifier yang dipakai untuk aliran ini juga harus memiliki tenaga mumpuni.

SQL (Sound Quality Loud)

SQL fokus pada keseimbangan antara speaker dan subwoofer

Mengutamakan keseimbangan antara speaker dan subwoofer, aliran modifikasi audio SQL menggunakan banyak speaker dan subwoofer, namun dengan box subwoofer yang tidak sebesar SPL.

SQ (Sound Quality)

Ingin audio dengan suara jernih dan detail? Terapkan modifikasi audio SQ

Sesuai dengan namanya, aliran modifikasi SQ lebih mengutamakan detail suara, di mana semua frekuensi suara harus terdengar sama jernihnya. Oleh karena itu, penggunaan speaker three-way dan head unit high-end diperlukan, jangan lupakan prosesor yang dapat mengatur time alignment, dan membuat suara berkumpul di tengah.

Tidak hanya itu, agar suara luar tak masuk ke dalam biasanya mobil beraudio SQ juga memasang peredam tambahan yang ditanamkan di beberapa bagian pintu, langit-langit, dashboard, bagasi, dan lantai mobil.

Car Theater

Modifikasi Car Theater menjadikan suasana mobil jadi semakin mewah layaknya ruang tamu keluarga

Anda pasti ingat dengan serial MTV Pimp My Ride, di mana beberapa mobil modifikasi disisipkan TV berdimensi besar, dan juga konsol game seperti PlayStation. Dengan tujuan memberi hiburan terbaik kepada penumpang, mobil dengan aliran modifikasi audio car teather memasukan berbagai macam pusat hiburan ke dalam mobilnya, seperti TV, DVD Player, konsol game, centre speaker, dan berbagai perangkat lainnya.

cintamobil.com.