mediabangsa.com

Momen IMOS 2022 bisa dimanfaatkan untuk mencoba Yamaha E01

Bagi yang penasaran sensasi berkendara motor listrik Yamaha E01. Unitnya bisa dijajal di pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2-6 November 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta. Setidaknya pabrikan akan menyediakan 2 unit test ride dari skutik bebas polusi tersebut.

Asst General Manager Marketing & Public Relations PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro mengatakan, bagi masyarakat yang mau mencoba E01 syarat dan ketentuan test ride-nya akan lebih mudah ketimbang meminjam secara reguler.

“Tidak banyak memang karena area test ride IMOS kan kecil, jadi mungkin nanti akan ada banyak orang mencoba, silakan. Dan prosedur untuk mencoba di IMOS berbeda dengan reguler, karena trek singkat dan waktunya pendek jadi lebih mudah,” kata Anton di sela-sela Media Test Ride Yamaha E01 di Bogor, Jawa Barat, belum lama ini.

Kehadiran Yamaha E01 di IMOS nanti disebutkan Anton sesuai dengan arahan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang mengedepankan inovasi dan teknologi electric vehicle (EV). Di lain hal juga mendukung pemerintah mempercepat kendaraan listrik di Tanah Air.

“Tujuannya tentu kita ingin mencapai komitmen kuat daripada Yamaha terhadap perkembangan EV motorcycle di Indonesia, bagaimana berkontribusi menjadikan EV lebih baik. Yang pasti nanti di IMOS ada E01,” imbuhnya.

Sekadar informasi, sebanyak 20 unit motor listrik Yamaha E01 didatangkan ke Indonesia secara utuh dari Jepang. Pihak YIMM belum menjual resmi motor ini karena masih berstatus prototipe dan perlu melakukan tes pasar.

Meski begitu, wujudnya sudah mengarah seperti motor produksi massal. Komponen wajib seperti lampu, spion, panel meter, hingga tatakan pelat nomor sudah tersedia.

Rencananya Yamaha E01 akan melakoni test pasar selama 1 tahun ke depan. Adapun target minimal masyarakat yang mencoba diharapkan Yamaha bisa tembus 4 ribu orang. Fokus kota yang akan menjajal E01 adalah Jakarta, Bandung, Medan, dan Bali.

Terkait spesifikasinya, Yamaha E01 diklaim setara dengan motor matik konvensional berkubikasi 125 cc. Dia dibekali dengan baterai berkapasitas 4,9 kWh plus Battery Management System (BMS). Klaim pabrikan motor ini mampu digeber hingga kecepatan puncak 100 km/jam dan memiliki daya jangkau 104 km dengan catatan kecepatan konstan 60 km/jam.

Sementara untuk fiturnya, skutik listrik ini punya 3 mode berkendara yakni Eco, Standard, dan Power yang memiliki output tenaga serta torsi berbeda. Selain itu, E01 juga sudah mengusung penerangan full LED, panel meter full digital, kontrol traksi, ABS-2 channel, power outlet, Regenerative Braking, Engine Brake, peranti konektivitas Y-Connect, dan pengisian daya baterai cepat alias fast charging. (KIT/ODI)