mediabangsa.com – Mojosemi Forest Park atau yang dikenal dengan Mojosemi Dinosaurus Park adalah salah satu tempat wisata yang bisa anda temui di tengah hutan pinus kaki Gunung Lawu, Kabupaten Magetan. Destinasi taman bertema hewan purba tersebut memang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

Pasalnya, disini anda akan disuguhkan dengan area yang terhampar luas sebesar 16 hektar. Suasana yang asri dan sejuk akan langsung anda rasakan sewaktu memasuki kawasan hutan pinus ini. Bagi anda yang ingin berkunjung ke destinasi tersebut, pastikan mengetahui beberapa hal berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Mojosemi Forest Park

1. Menyuguhkan Pemandangan Alam yang Indah

Mojosemi Forest Park adalah salah satu tempat wisata yang memiliki pemandangan mengagumkan. Hal tersebut tidak mengherankan karena lokasinya yang berada di lereng Gunung Lawu dan diapit oleh pohon pinus yang berderet deret di kanan kiri. Tentu saja, pemandangan tersebut akan membuat anda sejenak lupa akan aktivitas perkotaan yang menjemukan.

Wisata alam yang berada di Magetan ini sampai sekarang memang masih menjadi pilihan bagi wisatawan yang sedang berlibur di area tersebut. Pasalnya, keindahan alam yang disuguhkan memang menjadi keunggulan tersendiri dari taman ini. Di sini, anda pun akan bisa melihat dengan jelas panorama alam dari lereng Gunung Lawu yang akan mengundang decak kagum.

2. Terdapat Tanaman Langka

Setelah puas melihat lihat keindahan yang disuguhkan oleh Mojosemi Forest Park, anda juga bisa belajar dari sisi edukasi. Sebab, ada banyak tanaman langka yang bisa untuk anda temukan disini. Mulai dari puspa ekaliptus hingga jamuju bisa anda jumpai. Selain itu, ada pula jenis tanaman langka lain yang mungkin baru anda lihat disini.

3. Sensasi Berkemah Ala Hotel

Hal yang menjadi daya tarik dari wisata di lereng Gunung Lawu ini adalah anda bisa berkemah ala hotel. Pasalnya, terdapat banyak jenis tenda yang bisa anda pilih. Pertama adalah Lawu Forest Camp. Tempat satu ini memang menjadi yang tertinggi diantara dua pilihan yang lain. Sehingga, anda pun akan dijamin dengan fasilitas yang menarik.

Mulai dari 1 king size bed, 1 medium size bed dan jika anda menginap dengan keluarga besar, anda pun bisa mendapatkan extra bed. Selain itu, tendanya juga dilengkapi dengan LED TV, kamar mandi air hangat dan sarapan untuk tiga orang. Anda juga bisa mendapatkan kupon wahana dan juga tiket masuk ke taman bermain Mojosemi Dinosaurus Park.

Pilihan tenda kedua adalah Container Forest Camp. Menginap di sini, anda pun akan bisa mendapatkan tempat tidur dengan ukuran yang besar dilengkapi dengan ranjang susun. Selanjutnya, kamar mandi dengan air hangat juga bisa anda dapatkan disini. Selain itu, sarapan untuk empat orang dan juga coffee corner menjadi fasilitas tambahan yang bisa anda dapatkan.

Sedangkan untuk pilihan tenda yang ketiga adalah Tenda Deck Camp. Paket ini, anda telah bisa mendapatkan 2 single bed dan kamar mandi hangat. Selain itu, anda juga bisa memperoleh complimenter laun yakni air mineral, the, kopi, dan gula lengkap dengan pemanasnya. Anda juga berhak mendapatkan tiket masuk menuju ke wahana bermain.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Mojosemi Forest Park berada di Jalan Raya Sarangan, Cemoro Sewu Km 5, Kali jumok, Sarangan, Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Apabila anda pertama kali berkunjung kesini, wisata ini pun sangat mudah untuk ditemukan. Hal ini lantaran lokasinya yang berada di antara Sarangan dan Cemoro Sewu.

Jika anda berangkat dari tengah kota Magetan, maka anda pun bisa memulai perjalanan dari Alun Alun Kota Magetan. Jaraknya sendiri yakni sekitar 19 km atau sekitar 32 menit apabila anda menempuhnya dengan menggunakan mobil. Namun, hal ini juga tergantung macet atau tidak kondisi lalu lintas.

Anda bisa mengikuti arah dari Google Maps untuk menuju ke lokasi Mojosemi Forest Park. Patokannya, anda bisa mengambil arah timur dari Alun Alun Magetan. Setelah itu, masuk ke jalan utama menuju ke Karanganyar via Cemoro Sewu. Anda pun hanya perlu mengikuti jalan utama hingga masuk ke kawasan di sekitar Gunung Lawu.

Setelah melewati pusat Kecamatan Plaosan, anda tetap bisa mengambil jalur di jalan utama. Ketika anda telah melihat banyak pohon pinus di area kanan dan kiri, maka jarak menuju ke Mojosemi sudah tidak jauh lagi. Anda pun bisa menemukan wisata ini berada di sebelah kanan jalan.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Pengunjung yang ingin memasuki taman wisata ini memang diperlukan untuk membayar biaya tiket masuk terlebih dahulu. Akan tetapi, anda tidak perlu khawatir karena biaya yang harus anda bayarkan bisa dikatakan cukup terjangkau. Bagi anda yang ingin berlibur ketika weekday akan dikenakan biaya yakni untuk anak anak sekitar 25 ribu rupiah dan dewasa sekitar 35 ribu rupiah.

Sedangkan bagi anda yang berlibur kesini ketika weekend, maka biaya yang perlu dibayarkan untuk anak anak dan dewasa yakni kurang lebih sekitar 35 ribu rupiah. Apabila anda ingin masuk ke wahana dinoshow, tentunya anda pun akan dikenakan biaya tambahan yakni sekitar 20 ribu rupiah.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika ingin berlibur ke Mojosemi Forest Park. Sebab, wahana dinosaurus hanya dibuka ketika hari Sabtu dan Minggu saja. Selain itu, bagi anda yang membawa anak dengan usia di atas 4 tahun tentunya wajib membayar harga tiket masuk sesuai dengan ketentuan.

Jam buka dari tempat wisata ini sendiri beroperasi setiap hari, baik itu week end ataupun weekday. Jam operasionalnya yakni mulai pukul 8.30 pagi hari dan akan tutup pada jam 4 sore. Jika anda ingin menghabiskan waktu lebih lama bermain di taman penuh dengan dinosaurus ini, disarankan anda datang mulai pagi hari.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Mojosemi Forest Park

1. Hunting Foto

Kegiatan hunting foto menjadi salah satu aktivitas menarik yang tidak bisa anda abaikan begitu saja. Sebab, sejauh mata memandang, anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang mempesona. Tentu saja, deretan pohon pinus yang menjulang menjadi salah satu spot paling menarik untuk mengambil foto.

Selain itu, bagi anda yang datang ketika Sabtu dan minggu, juga bisa memasuki kawasan wahana dinosaurus. Patung patung hewan purba tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengambil gambar. Apabila anda membawa si kecil, pastikan untuk mengabadikan momen bahagianya bersama dengan dinosaurus.

2. Camping

Keunggulan yang dimiliki oleh Mojosemi Forest Park adalah lokasi campingnya. Disini, anda pun akan bisa berkemah dengan suasana yang berbeda, yakni layaknya di hotel mewah. Sebab, anda tidak perlu untuk membawa tenda sendiri dan mendirikannya. Melainkan, pihak pengelola telah menyediakan paket paket tenda yang bisa anda pilih.

Dengan berbagai paket pilihan yang tersedia tersebut membuat anda bisa bermalam dengan nyaman. Ditambah lagi, fasilitas yang tersedia selama camping pun akan terjamin. Tentu saja, anda tidak akan melewatkan kesempatan untuk menginap di tenda atau bermalam di lokasi camping ground ini.

3. Bermain ATV

Jika anda merupakan salah satu orang yang menyukai wahana adrenalin, ada salah satu aktivitas menarik yang bisa anda jajal ketika berada di Mojosemi Forest Park. Diantaranya adalah mengendarai ATV. Disini, anda pun bisa berkeliling dengan menggunakan kendaraan tersebut sembari menikmati pemandangan alam yang asri dan masih sejuk.

4. Airsoft Gun

Kegiatan lain yang bisa anda lakukan untuk menghabiskan waktu di wisata alam dengan pemandangan apik ini adalah bermain airsoft gun. Apabila anda datang kesini bersama dengan rombongan, tentu saja kegiatan tersebut akan sangat menyenangkan. Anda pun akan betah menghabiskan waktu berlama lama di Mojosemi Forest Park.

5. Keliling Hutan dengan Mengendarai Mobil Jeep

Ingin berkeliling kawasan hutan tapi takut kelelahan? Salah satu solusi atau alternatif yang bisa anda coba adalah dengan mengendarai mobil jeep. Anda pun akan diajak untuk berkeliling hutan dengan mobil jeep. Keseruan akan bisa langsung anda rasakan sesaat ketika berkendara dengan mobil ini.

Bagi anda yang tertarik, maka anda pun bisa langsung saja mengikitui Jeep Lawu Tour. Biasanya dalam satu mobil, akan diisi dengan empat orang saja agar suasana tetap kondusif. Keuntungan menggunakan tour ini adalah ketika berada di tengah jalan, supir akan berhenti sejenak dan memotret pengunjung pada spot spot yang keren.

6. Bermain Panahan

Belum puas berkeliling dengan menggunakan jeep, maka anda pun bisa melanjutkan aktivitas berikutnya. Salah satu kegiatan yang bisa anda lakukan untuk menghabiskan waktu di Mojosemi Forest Park ini adalah bermain panahan. Terdapat area khusus yang tersedia bagi anda yang ingin memanah. Dijamin, keseruannya akan membuat anda ketagihan.

7. Outbond dan Flying Fox

Ada berbagai macam kegiatan seru yang bisa anda lakukan selagi berada di taman yang sejuk ini. Contohnya saja seperti outbond dan flying fox. Anda pun bisa sekaligus olahraga tipis tipis dengan mengikuti kegiatan ini. Ditambah lagi, anda bisa menutupnya dengan bermain flying fox yang menyuguhkan keindahan alam tersendiri ketika anda sedang meluncur.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas yang tersedia di Mojosemi Forest Park ini memang cukup lengkap. Selain memiliki tempat menginap yang nyaman ala hotel, anda juga akan disuguhkan dengan fasilitas lain guna menunjang liburan anda. Adapun fasilitas tersebut antara lain adalah area parkir yang sangat luas. Sehingga anda tidak perlu kebingungan lagi bagi yang membawa kendaraan pribadi.

Selain itu, ada pula tempat makan atau restoran bagi perut anda yang keroncongan. Dengan begitu, anda tidak perlu khawatir lagi kegiatan anda akan terkendala perkara makanan. Bagi anda yang ingin membawa pulang oleh oleh ketika berkunjung kesini pun juga bisa. Sebab, disini tersedia pula sentra oleh oleh yang memiliki harga cukup terjangkau.

Hal lain yang membuat anda betah menghabiskan waktu disini adalah memiliki toilet dan mushola yang bersih. Sehingga, bagi anda yang tidak menginap di tenda tenda yang telah disediakan, tetap bisa melangsungkan ibadah dan juga pergi ke toilet dengan nyaman. Tidak heran dengan lengkapnya fasilitas yang tersedia, destinasi ini pun banyak dikunjungi oleh pelancong.

Itulah beberapa hal menarik seputar Mojosemi Forest Park yang populer di Kabupaten Magetan. Berada di alam bebas memang memiliki pengalaman tersendiri, terlebih jika menawarkan beragam kegiatan seru yang membuat liburan mengesankan.