mediabangsa.com – BSD CITY – Gelaran perdana Hot Wheel Legends Tour di Indonesia akhirnya memasuki tahap final dan para juara yang akan berlanjut ke tahap selanjutnya telah diumumkan. Setelah menyingkirkan 130 peserta ditambah 29 kontestan finalis lainnya, Denny Kusumah dinobatkan menjadi juara pertama Hot Wheels Legends Tour Indonesia.

Mobil dengan konsep modifikasi ekstrem ini merupakan gabungan antara VW Kombi dengan VW Kodok 1962 dan menghadirkan kendaraan yang unik serta dapat dikendarai secara normal.

Keberhasilan Denny Kusumah ini sekaligus membawanya ke tahap selanjutnya yakni di Asia Pasifik dan beradu gengsi dengan sejumlah modifikator dari beberapa negara. Pada tahap tersebut, Denny akan mempersiapkan kembali kendaraan tersebut dan berharap dapat menjuarai kompetisi ini hingga pada akhirnya kendaraannya hadir dalam bentuk Hot Wheels.

“Saya sangat senang dan bangga bisa menjadi pemenang Hot Wheels Legends Tour Indonesia dan mewakili negara saya ke jenjang yang lebih tinggi yaitu berkompetisi dengan negara-negara lainnya. Saya membayangkan apabila mobil saya bisa memenangkan Hot Wheels Legends Tour dan dibuatkan miniatur skala 1:64 maka saya sudah tidak sabar lagi untuk memamerkannya kepada teman-teman atau keluarga pada saat kita jalan-jalan ke toko mainan Toys Kingdom dan saya akan bilang “Ya, itu mobil saya,” ucap Denny Kusumah.

Sementara itu dari pihak penyelenggara terdapat lima kriteria penjurian yang dilakukan dalam Hot Wheels Legend Indonesia ini. Pertama yakni Hot Wheels Story atau sedalam apa peserta terinspirasi dari mobil diecast Hot Wheels dalam memodifikasi mobil mereka. Kedua, yang dinilai adalah desain yang berkarakter seperti diecast Hot Wheels, serta orisinalitas dan semangat garasi dari para modifikator yang terlibat. Terakhir, performa dan pengalaman berkendara yang mengasikan saat digunakan ditambah kendaraan tersebut harus memenuhi klasifikasi layak jalan di jalan raya.

Penjurian akan dilakukan langsung secara hybrid oleh desainer Hot Wheels dari Amerika Serikat dan juga para juri lokal dari Indonesia. Terdapat sejumlah juri seperti Audi Wajong dari pegiat otomotif, Didiet Bandietoz dari Bandietoz Garage Custom dan Feldani Effendy pemimpin redaksi Majalah Diecast Indonesia sekaligus kolektor diecast.

Nantinya pemenang yang berhasil melewati tahapan kompetisi di sejumlah negara, akan maju ke ajang semifinal yang juga melibatkan juri dari Hot Wheels Amerika pada bulan Oktober 2022. Di Indonesia sendiri, beberapa tahap kompetisi sudah dilakukan, mulai dari pendaftaran online, aktivitas pre-event di mana Hot Wheels Indonesia berkolaborasi dengan Indonesia Diecast Expo (IDE) dan The Elite, dan penjurian oleh juri dari lokal maupun global pun sudah dilakukan. Sekarang, kompetisi ini memasuki tahap final bertajuk Hot Wheels Legends Tour Indonesia Finale.

Hot Wheels Legends Tour memiliki misi untuk mencari mobil modifikasi terunik dan terbaik dari seluruh dunia dengan beberapa tahap kompetisi. Nantinya pemenang dari kompetisi Hot Wheels Legends Tour ini akan diabadikan sebagai miniatur mobil diecast Hot Wheels berskala 1:64 yang akan diproduksi dan dipasarkan secara massal ke seluruh dunia. Tahap registrasi Hot Wheels Legends Tour Indonesia dilakukan selama periode 3 bulan, dari tanggal 1 Juni sampai dengan 8 Agustus 2022.

Sementara itu, dengan adanya Hot Wheels Legends Tour Indonesia ini adalah sebagai aksi nyata dari brand Hot Wheels untuk mendukung kemajuan industri otomotif, terutama di bidang modifikasi mobil. Selain itu, Hot Wheels Legends Tour ini juga sebagai ajang untuk memperkuat hubungan baik Hot Wheels dengan para penggemar dan pengoleksi (collector) baru maupun lama mainan Hot Wheels, memperkuat relevansi merek Hot Wheels di mata konsumen, sekaligus memposisikan Hot Wheels sebagai merek yang berkaitan erat dengan gaya hidup (lifestyle) budaya otomotif Indonesia.

“Setelah empat tahun dan puluhan acara telah digelar, sungguh luar biasa melihat perkembangan Hot Wheels Legends Tour, baik di Amerika Serikat maupun di luar Amerika Serikat. Mengalihkan sebagian besar acara dengan konsep virtual selama dua tahun terakhir, kami melihat kompetisi telah bersatu dalam sebuah komunitas pegiat modifikasi global dan penggemar Hot Wheels yang sepenuhnya baru. Kami bersemangat untuk melanjutkan pertumbuhan ini pada tahun 2022 ketika kami kembali dalam acara langsung yang merupakan akar kami. Kompetisi tahun ini dijamin menjadi yang terbaik, dan kami tidak sabar untuk melihat berbagai modifikasi luar biasa yang akan muncul selama Tur,” kata Ted Wu, Vice President, Global Head of Design for Vehicles, Mattel.(ALVANDO NOYA / WH)