mediabangsa.com – Kamu masih bingung bagaimana cara menggunakan JKN Mobile yang benar?

Pastikan yuk kamu ikuti artikel Finansialku berikut ini untuk tahu step by step yang benar dan bisa langsung dipraktikkan di rumah!

Pengertian Mobile JKN

Mobile JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) merupakan salah satu aplikasi yang diluncurkan oleh BPJS (Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial) Kesehatan Indonesia.

Aplikasi ini dibuat senantiasa untuk memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan mereka kapanpun dan dimanapun dengan hanya menggunakan akses internet.

Terlebih lagi, seiring berkembangnya teknologi masa kini, hampir semua bentuk pelayanan masyarakat serba mengandalkan cara online dari rumah saja.

Tentunya aplikasi ini juga hanya bisa digunakan oleh orang yang memiliki kartu Indonesia sehat atau JKN KIS (Kartu Indonesia Sehat).

Informasi Penting Seputar Mobile JKN

Mobile JKN ini dibuat agar bermanfaat dan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat dan informasi seputar aplikasi Mobile JKN yang dapat membantu kamu.

Mempermudah Jika Ingin Mendaftarkan Peserta Lain untuk JKN

Dengan aplikasi ini, kamu tidak perlu repot lagi untuk datang ke kantor BPJS dan menunggu nomor antrean. Kamu bisa melakukan pendaftaran melalui aplikasi JKN Mobile saja.

Aplikasi ini ditujukan bagi para penerima upah maupun bukan penerima upah. Juga bisa untuk seseorang yang telah mendaftarkan BPJS sebelumnya.

Dapat Nomor Antrian Tanpa Berdiri Mengantri

Manfaat yang kedua adalah kamu bisa langsung mendapatkan antrean online di fasilitas kesehatan.

Jika kamu ingin berobat ke suatu layanan kesehatan atau fasilitas kesehatan yang terdaftar di dalam BPJS, maka kamu bisa mendapat antrean secara online.

Manfaat ini sejalan dengan aturan pemerintah yang mengimbau agar tidak berkerumun terutama dengan adanya kemungkinan risiko banyak orang yang sakit dan melakukan antrean pelayanan kesehatan juga jika kamu datang ke kantor BPJS langsung.

[Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan: Antara Digitalisasi vs Efisiensi]

Mengatasi Masalah Secara Online

Ada kalanya mungkin kamu ternyata mengalami beberapa kesalahan teknis terkait dengan program JKN Mobile.

Jika kamu memiliki keluhan tentang pelayanan yang mengecewakan, kamu bisa menulisnya secara online dan fasilitas kesehatan yang bersangkutan akan segera merespon keluhan kamu.

Dengan layanan tersebut, kamu lebih dimudahkan dalam menyampaikan semua pengaduan atau keluhan melalui JKN Mobile. Daripada kamu harus repot-repot datang ke kantor BPJS, ada baiknya kamu akses dari rumah saja ya!

Cara Gunakan Mobile JKN untuk Proses Pembayaran Mudah

Layanan BPJS mengharuskan kamu membayar sesuai dengan kelas yang kamu pilih pada waktu pendaftaran. Dengan aplikasi JKN Mobile, kamu dimudahkan untuk mengecek tagihan dan juga melakukan pembayaran.

Dalam aplikasi ini, kita diberikan beberapa pilihan untuk proses pembayaran seperti melalui transfer bank atau melalui Tokopedia.

Manfaat ini mempermudah kita untuk tidak perlu lagi pergi dan mengantre di bank atau biro pembayaran lainnya. Terasa lebih mudah, praktis, dan pasti lebih aman tentunya!

Cara Konsultasi ke Dokter Via Online

Tak kenal maka tak sayang! Saat kita ingin berobat ke dokter, tentunya kita ingin mencari tahu dulu dokter siapa dan di mana letaknya.

Aplikasi JKN Mobile memudahkan kita melihat daftar dokter yang mumpuni dan ahli sebagai partner konsultasi sesuai kebutuhan layanan kesehatan kamu.

JKN Mobile juga menyediakan jadwal-jadwal dokter yang sedang praktek sehingga kamu bisa langsung datang ke tempat dan mendapatkan layanan kesehatan yang tepat di waktu yang tepat pula.

Tidak sedikit orang loh yang mengeluhkan tentang ketidaktahuan mereka akan jadwal praktek dokter.

Banyak orang mengeluhkan sudah datang dari rumah yang sangat jauh dengan tempat praktik dokter tetapi sesampainya di sana dokter tersebut sedang libur atau tidak praktik sementara.

Fitur JKN Mobile tersebut melindungi kamu dari rasa kecewa seandainya kamu sudah meluangkan waktu untuk datang ke fasilitas kesehatan tapi ternyata dokter tersebut sedang tidak praktik.

Cara Mengakses Aplikasi dengan Mudah

Semua orang saat ini pasti sudah memiliki handphone berbasis Android.

Dengan adanya teknologi yang semakin berkembang ini maka semua bisa diakses secara online dan juga secara mudah, termasuk aplikasi JKN Mobile.

Aplikasi JKN Mobile sudah tersedia di Play Store dan juga IOS Store. Kamu tinggal cari dengan ketik Mobile JKN di kolom pencarian aplikasi, install, dan manfaatkan aplikasinya di manapun kamu berada!

Oh ya, pastikan Sobat Finansialku punya koneksi jaringan internet yang lancar.

Sistem online ini juga memudahkan pola untuk pegawai BPJS agar meringankan pekerjaan petugas layanan kesehatan sehingga mereka lebih bisa memberikan pelayanan dengan performa yang baik dan juga kualitas yang baik.

Bisa Menghemat Waktu

Manfaat yang paling utama adalah lebih banyak waktu kamu yang dihemat untuk berkumpul di rumah bersama keluarga.

Alangkah lebih baik jika waktu yang kamu gunakan untuk pergi ke kantor BPJS dan mengurus pembayaran JKN atau iuran bisa digunakan untuk berkumpul dengan keluarga di rumah.

Menarik sekali kan manfaat layanan aplikasi online terpercaya Mobile JKN?

Akses Online, Jawaban Atas Pengurangan Kontak Langsung

Keberadaan aplikasi Mobile JKN juga mengurangi resiko kamu terpapar penyakit selain Covid-19 karena di situasi pandemi saat ini, imun tubuh kita relatif rentan menurun.

Hal ini membuat kita mudah terserang penyakit dari satu tempat ke tempat yang lain terutama jika tempatnya tidak higienis dan berisi banyak orang dalam satu ruangan tersebut.

Mengunduh aplikasi Mobile JKN adalah salah satu langkah yang tepat sebagai dukungan kita untuk pemerintah yang sedang berusaha memberantas rantai penyebaran Covid-19.

[Baca Juga: Untuk Dana Pensiun Nanti Pilih Mana: Reksa Dana, BPJS Ketenagakerjaan atau DPLK?]

Segera Download dan Nikmati Layanannya

Gimana? Banyak banget kan manfaat Mobile JKN yang bisa kamu akses untuk pelayanan kesehatan kamu?

Nah, sobat finansialku, ternyata penting banget loh untuk punya persiapan dana darurat kesehatan untuk fasilitas kesehatan seperti Mobile JKN ini, terutama di masa tak terduga seperti sekarang ini!

Jadi, udah nyiapin dana darurat untuk persiapan pelayanan kesehatan kamu belom? Atau kamu ternyata masih bingung cara mengatur dana darurat kamu?

Kalau masih bingung, boleh banget loh buka dan dengar audiobook Finansialku untuk kasih kamu pencerahan mengatur keuangan dana darurat kamu.

Kalau kamu sudah mengatur dana darurat untuk kesehatan kamu, jangan tunggu lama buat download dan instal aplikasi Mobile JKN melalui App Store atau Google Play Store di handphone kamu ya!

Dan jangan sampai ketinggalan juga untuk mengikuti update atau perkembangan tentang aplikasi Mobile JKN dan fitur-fitur terbarunya!

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda makin ingin untuk mengunduh dan memanfaatkan aplikasi yang satu ini? Yuk ajak orang terdekat untuk menggunakannya, terima kasih.

Editor : Ivana Christy Tampubolon

Sumber Referensi:

    Playstore Mobile JKN

Sumber Gambar:

    https://bit.ly/3xxPGoq