mediabangsa.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/06/05/Ay6TmsFs/depositphotos-88591468-stock-illustration-set-of-s-44df.jpg”>

Banyak yang perlu dipertimbangkan ketika Anda akan membeli mobil baru. Mulai dari tampilan eksterior, fitur interior, tenaga mesin, hingga teknologi keselamatannya. Namun, untuk keselamatan, ternyata memilih warna mobil baru memiliki dampak terhadap kemungkinan Anda mengalami kecelakaan.

Ada banyak alasan untuk memperhatikan warna mobil pilihan Anda

Sebagaimana dilansir dari Reader’s Digest, Kelly Blue Book menjelaskan bahwa warna perak merupakan warna mobil paling popular di dunia. Sedangkan warna putih menjadi yang kedua. Namun dari dua warna mobil tersebut, mobil berwarna putih memiliki peringkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan perak, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Accident Research Center dari Monash University.

Berdasarkan penelitian tersebut, mobil berwarna putih memiliki kemungkinan 12% lebih kecil untuk mengalami kecelakaan dibandingkan mobil hitam. Terlepas dari waktu kejadian kecelakaan. Sedangkan mobil berwarna krem, kuning, dan beige memiliki peringkat di bawah mobil berwarna putih.

Selain hitam, warna mobil paling berbahaya di jalan adalah abu-abu dengan risiko kecelakaan 11% lebih tinggi dibandingan warna lainnnya. Mobil berwarna perak memiliki risiko 10% lebih tinggi, biru dengan 7% lebih tinggi, dan risiko Anda mengalami kecelakaan di jalan akan meningkat 7% ketika Anda memiliki mobil berwarna merah.

Mobil putih mengalami lebih sedikit kecelakaan dibandingkan warna lain

Namun hal tersebut bukanlah angka pasti. Selain peningkatan yang tidak begitu besar, ada banyak hal yang mempengaruhi keselamatan dan kemungkinan Anda mengalami kecelakaan. Yang terpenting adalah selalu menaati peraturan dan berkendara defensif di jalan. Nah, jika ingin memilih warna mobil baru untuk mobil Anda, warna apa yang ingin Anda pilih?