mediabangsa.com – Kawasan Puncak, Bogor memang sudah sejak lama menjadi tujuan liburan akhir pekan maupun pada masa liburan tiba. Terutama bagi warga Jabodetabek khususnya warga Jakarta yang menginkan suasana sejuk yang sulit didapatkan di kota besar itu. Selain udaranya yang sejuk nan menyegarkan, di sana banyak terdapat destinasi wisata yang menggoda bagi para wisatawan. Lokasi puncak terkenal dengan pemandangan permadani perkebunan teh yang luas.

Selain banyak terdapat berbagai alternatif wisatawan, pengunjung pun tidak perlu mengocek kantong terlalu dalam alias harga tiket masuknya sangat bersahabat. Tidak heran, setiap akhir pekan di Puncak, Bogor selalu terjadi kemacetan akibat padatnya wisatawan. Oleh karena itu, sistem contra flow atau buka tutup jalan sering diberlakukan oleh pihak kepolisian demi kelancaran arus kendaraan.

Alasan lain banyak yang memilih Puncak sebagai tujuan berlibur karena lokasinya menyediakan bagi berbagai kalangan. Mulai dari untuk kaum muda-mudi hingga wisata untuk keluarga. Salah satu destinasi yang menjadi favorit bagi para keluarga untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga adalah Melrimba Garden.

Daya Tarik yang Dimiliki Melrimba Garden

Objek wisata yang kaya akan fasilitas penunjang ini namanya memang tidak setenar Taman Safari Indonesia, Taman Bunga Cibodas, Masjid At Ta’wun, atau Warpat. Tetapi, ketika baru pertama kali menginjakkan kaki Anda akan terkesan dengan pemandangan alamnya. Apalagi sepanjang mata memandang terbentang sarana dan prasarana yang tidak sabar untuk segera dinimakmati bersama-sama.

Karena berada di kawasan puncak, tentu udara sejuk akan menyapa dan menerpa kulit. pohon-pohon tumbuh dengan subur sehingga daun-daun hijau seolah menyihir mata yang selanjutnya memberikan kesegaran baik jiwa dan raga.

Melrimba Garden ini pun terdapat aliran sungai kecil. Gemericik air sungai semakin menenangkan hati dan membawa energi baru bagi setiap pengunjung. Dengan begitu selepas berkunjung, wisatawan akan pulang dengan senang dan energi yang penuh karena sudah diisi saat berkunjung. Bunyi aliran sungai ini semakin syahdu saat malam hari sekaligus sebagai lagu alam pengantar tidur bagi para pengunjung yang berkemah atau camping.

Layaknya sungai pasti ada titik dimana air menuju bagian lebih tinggi sehingga tercipta seperti air terjun mini. “Air terjun” ini pun menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung. Selain menikmati pesona air terjun mini ini, wisatawan bisa sesekali menyeburkan kaki guna merasakan kesegaran aliran sungai yang jernih ini.

Kejernihan air ini mengalir dan menghiasi Melrimba Garden yang memiliki luas kurang lebih 5 hektar. Luas sekali bukan, namun jangan khawatir jika pemandangannya hanya pohon-pohon hijau saja. Destinasi cantik di Puncak ini menyediakan berbagai spot-spot yang pastinya tidak akan membuat mata Anda bosan justru setiap pasang mata akan dimanjakan dan terpesona.

Salah satu fasilitas atau spot yang juga menjadi daya tarik dari Melrimba Garden adalah Kampoeng Melrimba. Area ini menjadi favorit sekaligus spot foto Instagramable dimana berbagai bunga warna-warni tumbuh dengan indah. Mulai dari warna merah, kuning, merah muda semuanya indah memanjakan mata.

Sayangnya area Kampoeng Melrimba Garden ini hanya dibuka pada akhir pekan atau hari Sabtu dan Minggu saja. Selain melihat warna-warni keeksotisan bunga, biasanya pun terdapat para penjualan makanan tradisional di lokasi ini. tentunya kudapan yang dijual adalah makanan khas Puncak.

Oleh karena itu, wajib hukumnya Anda untuk mengeksplorasi lokasi yang memiliki luas 5 hektar ini. Pengelola pun sudah menyiapkan jalan setapak yang sudah disemen sehingga aman meskipun saat hujan turun. Selain itu di bagian kanan dan kiri tersedia pegangan jadi orang tua pun aman melalui jalan ini. bahkan beberapa spot di sepanjang jalan setapak ini sering dijadikan sebagai spot foto.

Pengelola lokasi favorit bagi keluarga dalam menghabiskan masa liburan patut diacungi jempol. Pasalnya, hampir semua fasilitas yang dibutuhkan oleh pengunjung lengkap tersedia. Sarana dan prasarananya pun terawat secara apik dan bersih. Apalagi di masa kenormalan baru atau era new normal yang mengharuskan kebersihan dan kehigienisan menjadi hal penting.

Lokasi objek wisata yang ada di Puncak ini pun mudah diakses sehingga tidak menyulitkan bagi para wisatawan. Mengingat beberapa tempat wisata belum memiliki akses dan jalur yang baik. Yang mana menjadi salah satu faktor wisatawan enggan untuk ke sana.

Supaya lebih tergambar bagaimana kondisi dan suasana Melrimba Garden, tetapi para wisatawan masih ragu Anda bisa mengunjungi akun instagram di @merlimbagarden. Akun tersebut akan menampilkan foto-foto dan area-area yang ada di objek wisata nan menawan ini. dengan begitu pelancong akan semakin yakin dan percaya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Lokasi nan segar ini beralamat di Jalan Raya Puncak Km.87, Tugu Utara, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pengunjung pun bisa melacak lokasi dengan presisi melalui Google Maps dengan keyword “Melrimba Garden” setelah itu Anda akan diarahkan ke destinasi favorit ini. Jika pengunjung tahu lokasi Masjid At Ta’awunawun, Puncak jaraknya sudah semakin dekat sekitar 1 kilometer dengan asumsi 5 menit.

Apabila pengunjung berasal dari daerah Jakarta dan keluar di Gerbang Tol Ciawi lalu arahkan langsung ke Puncak. Wisatawan kemudian akan menemui Resto Rindu Alam, perhatikan di sebelah kiri terdapat papan petunjuk ke lokasi taman. Sementara, bagi yang berasal dari Kota Bogor hanya perlu menempuh jarak sekitar 34 kilometer yang akan memakan waktu tempuh sekitar 1 jam saja.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Setiap wisatawan akan terbilang cukup terjangkau dan bersahabat bagi masyarakat yakni sebesar Rp 20 ribu untuk orang dewasa dan Rp 10 ribu bagi anak-anak Sementara, bagi pelancong yang berasal dari luar negeri atau mancanegara dikenakan tarif Rp 70 ribu. Harga ini hanya untuk tiket masuk saja belum termasuk dengan menikmati berbagai wahana dan outbound yang tersedia.

Untuk mencoba setiap wahana tarifnya sekitar Rp 25 ribu hingga Rp 225 ribu rupiah. Sedangkan untuk merasakan bermalam bersama keluarga atau camping ceria maka pengunjung harus merogoh dana Rp 1,4 juta untuk setiap empat orang. Harga ini rasanya sesuai atau worth it karena sepadan dengan panorama yang disuguhkan Melrimba Garden

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Melrimba Garden

Luasnya lokasi destinasi wisata cantik nan sejuk ini memberi keleluasaan bagi para pelancong untuk melakukan berbagai aktivitas yang menarik. Berikut beberapa kegiatan yang bisa pengunjung coba saat mengunjungi Melrimba Garden:

1. Camping Bersama Teman dan Keluarga

Salah aktivitas yang paling banyak dan paling populer yang dilakukan oleh para wisatawan adalah berkemah atau camping. Dengan berkemah pengunjung akan lebih puas menikmati panorama, kesejukan dan mengelilingi lokasi ini yang areanya bisa dibilang sangat luas jika hanya sehari sepertinya tidak cukup. Apalagi keindahan saat malam hari yang mana lampu-lampu kota mulai menyala seperti kunang-kunang yang menghiasi sunyinya malam itu.

Udara yang semakin malam semakin dingin juga menambahkan kesan terhadap pengalaman yang sangat mengesankan. Suara aliran air sungai menambah suasana malam hari yang gelap gulita menjadi lebih syahdu. Bahkan sewaktu-waktu di lokasi nan eksotis di Bogor ini sering tertutupi kabut sehingga suasananya pun menjadi lebih dramatis.

Kegiatan camping atau berkemah dipilih karena sudah disediakan paket oleh pengelola. Sehingga pengunjung tidak perlu repot-repot membawa peralatan seperti tenda dan alat outdoor lainnya. Pengelola sudah menyediakannya dengan sebaik mungkin, tenda-tenda berukuran besar berdiri tegak di satu spot jadi tidak perlu susah payah mendirikan tenda tinggal terima enak saja.

Apalagi terdapat pula tempat untuk membuat api unggun. Pasalnya apabila berkemah rasanya kurang lengkap apabila tidak membuat api unggun. Khususnya jika bersama teman-teman, momen api unggun menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu. Selain untuk menghangatkan badan, sepanjang api menyala Anda bersama kawan-kawan bisa memetik gitar dan bernyanyi lagu favorit.

2. Kegiatan Outbound

Di Melrimba Garden pun tersedia trampoline dan arena outbound serat ATV. Fasilitas ini sangat memanjakan bagi para pengunjung yang suka dengan tantangan atau kegiatan yang bisa memacu adrenalin. Lokasi sejuk ini pun acap kali dijadikan sebagai lokasi camping ceria oleh sebuah instansi, organisasi maupun komunitas.

Tidak heran pasalnya area yang luas sehingga bisa menampung orang banyak. Maka pengunjung pun harus membawa baju ganti sebagai antisipasi pakaian yang digunakan kotor terkena cipratan air yang bercampur tanah.

3. Berswafoto dengan Apik

Foto-foto menjadi sebuah kewajiban atau keharusan bagi siapapun yang baru mengunjungi suatu lokasi. Melrimba yang berada di ketinggian kurang lebih 1.400 Meter di Atas Permukaan Laut (MDPL) menyuguhkan lanskap daerah bogor yang indah. Apalagi saat matahari bersinar cerah, warna biru cerah akan mendominasi langit dan berbagai pohon-pohon terpatri dengan jelas layaknya foto dengan kualitas tinggi atau HD.

Foto di sepanjang jalan setapak yang ada di dalam lokasi cantik ini pun tersedia spot foto yang ciamik. Pengunjung hanya perlu cermat saja memilih dan menempatkan angle yang tepat ketika memotret menggunakan lensa kamera maupun lensa gawai yang kini sudah setara lensa kamera beresolusi tinggi.

4. Berkunjung ke Wahana Flora

Pengunjung yang menyukai tanaman sepertinya akan teramat senang mengetahui salah satu area yang berada di Melrimba Garden yaitu Sentra Anggrek Bulan. Disini Anda akan menemui berbagai jenis dan warna-warni anggrek. Mulai dari yang berwarna putih, kuning, violet hingga ungu. Bagi yang terpikat dengan anggunnya anggrek ini, wisatawan dapat membelinya untuk menghiasi rumah atau koleksi tanaman sebagai buah tangan.

Selain sentra anggrek di taman Kampoeng Melrimba, wisatawan pun akan menjumpai bunga-bunga eksotis lainnya. Mulai dari tanaman hias hingga tanaman herbal antara lain tanaman bonsai, kaktus hias, cabe kerdil, bunga celosia dan sebagainya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Melrimba Garden adalah destinasi wisata yang berada di Puncak dimana sudah mapan artinya sudah memiliki manajemen pengelolaan yang baik. Hal ini tercermin dari baiknya akses berupa jalur objek wisata, setiap area yang ada terjaga kebersihannya bahkan memberikan keamanan seperti adanya jalan setapak yang memberi kemudahan saat hendak berkeliling taman ini khususnya untuk orang tua.

Demi memberikan kenyamanan dan membuat wisatawan semakin betah berlama-lama di objek wisata yang sangat sejuk, maka tersedia pula fasilitas penunjang primer. Fasilitas-fasilitas tersebut adalah:

    Camping Area

    Restoran Melrimba Kitchen

    Outbound

    Lahan Parkir Luas

    Toilet Umum

    Tempat Ibadah

Dari ulasan dan penggambaran singkat mengenai Melrimba Garden mampu meyakinkan para calon pengunjung untuk segera berkunjung. Apalagi merasakan bermalam di camping area dan bagi para ibu-ibu atau pecinta tanaman sangat tertarik singgah ke rumah Anggrek Bulan.