mediabangsa.com

Piranti hiburan pada sebuah mobil kini seakan sudah tak bisa lagi dipisahkan. Bahkan kelengkapan fitur perangkat hiburan ini menjadi faktor yang juga turut dipertimbangkan oleh para calon pembeli mobil baru.

Namun perlu Anda ketahui, sebenarnya sebuah perangkat hiburan pada mobil terdiri atas satu sistem kesatuan. Sistem ini terdiri atas head unit beserta beberapa speaker. Nah kali ini yang akan kita bahas adalah macam-macam jenis speaker mobil yang biasa digunakan.

1. Full Range

Speaker ini yang paling banyak digunakan produsen mobil

Ini merupakan sebuah speaker yang memiliki elemen midbass, tweeter, dan woofer dalam satu unit. Speaker jenis ini yang paling sering dipakai oleh pabrikan mobil dan Anda mengenalnya sebagai speaker standar.

Posisi speaker full range rata-rata ditempatkan pada dinding pintu atau doortrim. Baik pada pintu pengemudi dan penumpang depan, dan masing-masing pintu penumpang belakang. Untuk speaker full range dengan kualitas baik tentu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan suara treble, vocal, dan bass sekaligus.

2. Tweeter

Ukurannya kecil dan diletakkan pada pilar A

Speaker ini ciri khas untuk paling mudah membedakannya adalah memiliki ukuran yang mungil. Jauh lebih kecil dari speaker full range. Posisinya berada di pilar A sebuah mobil. Dan tweeter memiliki fungsi menampilkan suara treble pada sebuah musik di dalam mobil.

Pada beberapa mobil menengah ke atas, biasanya sudah dilengkapi tweeter berkualitas pada perangkat audionya. Namun untuk yang belum ada, bisa menambahkan dengan produk aftermarket yang banyak dijual di toko-toko audio mobil. Harganya mulai dari Rp100 ribuan dan pemasangannya cukup mudah.

3. Subwoofer

Umumnya diletakkan pada bagasi belakang mobil

Merupakan jenis speaker mobil dengan ukuran paling besar. Namun belakangan ini, ukuran woofer semakin ringkas tanpa menurunkan kualitasnya. Jika dulu subwoofer hanya tersedia dalam ukuran minimal diameter 12 inci, maka kini sudah ada yang ukuran 10 inci bahkan 8 inci.

Ketebalan dari subwoofer juga kini semakin kompak. Jika dekade lalu woofer harus diletakkan di bagasi belakang karena ukurannya yang besar, maka kini subwoofer sudah bisa diletakkan di kolong jok pengemudi atau penumpang depan. Meski demikian fungsinya tetap sama, yaitu menghasilkan suara bas dari audio mobil yang lebih kental.

Selain jenis speaker mobil tersebut, sebenarnya ada komponen audio mobil lainnya yang juga punya peranan penting. Seperti processor, capasitor, dan power amplifier. Tapi kita bahas di lain waktu ya…