mediabangsa.com – Kodim 1708/BN menggelar lomba tari Yospan antara pelajar dan sanggar semarakkan Hari Sumpah Pemuda 2022 di Lapangan Makodim 1708/BN, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Minggu.

Komandan Kodim 1708/BN Letkol Inf J. Daniel P. Manalu dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Jayapura, Minggu, mengatakan lomba Tari Yospan diikuti oleh 16 peserta dari beberapa pelajar dan sanggar di Kabupaten Biak Numfor.

“Antusiasme para peserta dalam lomba ini terlihat sangat tinggi dimana para peserta dengan semangat berusaha untuk menampilkan pertunjukan yang terbaik,” katanya.

Menurut Manalu, ratusan masyarakat dari Kota Biak juga berdatangan guna memberikan mendukung kepada peserta lomba Tari Yospan.

Dia menjelaskan lomba Tari Yospan tersebut merupakan momentum penting yang diselenggarakan agar lebih menumbuhkan rasa cinta pada budaya dan adat istiadat Papua.

“Sehingga kami dapat terus memelihara dan melestarikan Tari Yospan ini sebagai kekayaan budaya kami,” ujarnya.

Dia menambahkan selain melestarikan budaya, perlombaan Tari Yospan tersebut mampu memberdayakan generasi milenial untuk kembali mencintai seni budaya bangsa Indonesia khususnya Papua.

“Agar tetap ada dan terjaga karena Tari Yospan tarian jenis pergaulan masyarakat di Papua, sering dimainkan oleh pemuda sebagai bentuk persahabatan,” katanya lagi.