mediabangsa.com

    11SHARES

Rumah Open Concept/ Foto: Instagram @enoughomey

Dream – Umumnya ruangan di dalam rumah dibatasi dengan sekat untuk membedakan fungsi. Sekat yang dibangun bisa berupa tembok, partisi kayu atau pembatas lainnya.

Adanya sekat memang bisa membuat rumah terlihat rapi karena ruangan yang berantakan bisa tertutup dengan baik. Sayangnya, efek yang muncul adalah suasana rumah jadi cenderung terasa lebih sempit.

Untuk menyiasati hal ini, ada yang bisa dilakukan, yaitu menerapkan open concept. Penataan rumah open concept ini adalah dengan tidak membangun sekat tegas untuk membedakan fungsi tiap ruangan. Seperti yang diterapkan pemilik akun Instagram @enoughomey.

© Instagram @enoughomey

Foto: Instagram @enoughomey.

Ia menata rumahnya dengan open concept dan lay out yang sangat menarik. Beberapa trik dibagikannya agar tampilan open concept jadi lebih menarik. Hal pertama adalah memilih furnitur yang tepat.

” Penataan furnitur jadi kekuatan visual untuk menegaskan tiap zona atau ruangan,” ungkapnya.

Minimalis dan Warna Netral

Kedua, terapkan konsep minimalis agar rumah tak terlalu berantakan. Tumpukan barang di satu satu juga berdampak pada keseluruhan suasana ruangan.

” Seleksi memilih dan menempatkan barang serta rutin decluttering,” tulisnya.

© Instagram @enoughomey

Foto Instagram @enoughomey.

Ketiga, pilihlah warna-warna netral untuk dekorasi rumah. Warna yang tepat yang membuat kesan lebih lapang.

” Pemilihan warna netral seperti putih dan cokelat yang dominan akan menciptakan ilusi ruangan yang terkesan luas,” pesannya.

Tembok Putih di Rumah Selalu Kinclong, Lakukan Perawatan Rutin

Dream – Warna putih dengan berbagai tone jadi pilihan banyak orang untuk dijadikan warna dinding utama di rumah. Tembok putih memang lebih mudah dipadukan dengan ragam dekorasi dan furnitur.

Tak hanya itu, efek tembok putih juga memberi kesan rumah lebih terang dan bersih. Ada syaratnya jika ingin mendapatkan efek tersebut, yatu rutin membersihkan dan melakukan perawatan pada dinding.

© MEN

Banyak yang tak tahu kalau dinding juga perlu rutin dirawat dan dibersihkan agar selalu terlihat kinclong. Untuk memastikan tembok putih selalu tampak cerah, lakukan saja empat hal ini.

1. Langsung bersihkan saat ada nodaJangan menunggu lama saat diketahui tembok terkena noda. Dengan cara langsung dibersihkan, kotoran yang ada pada dinding akan mudah dibersihkan. Sangat mudah, cukup gunakan kain dengan campuran detergen dan cuka. Bersihkan perlahan pada permukaan yang terkena noda kemudian lap dengan kain kering.

2. Campuran perasan lemon dan baking sodaUntuk hasil lebih maksimal lagi, bersihkan dengan campuran perasan lemon dan baking soda. Larutan ini cukup ampuh untuk membersihkan noda minyak dan makanan pada dinding rumah. Bila si kecil menempelkan makanan di dinding atau ada bekas keciprat minyak saat memasak, gunakan campuran ini dengan mencelupkan kain lap kemudian gosok-gosok pada bagian dinding yang kotor.

Formula Pembersih dan Cat Ulang

3. Gunakan yang dapat dibersihkanUntuk lebih mudah lagi, alangkah baiknya kalau menggunakan cat yang mudah di bersihkan. Kini, sudah banyak produk yang mengembangkan jenis cat yang dapat dibersihkan seketika saat kena noda. Hanya dengan menggunakan kain, dinding mudah dibersihkan.

4. Cat ulangJika noda sudah membandel dan dirasa tak memungkinkan lagi untuk dilakukan pembersihan, maka lakukan cat ulang. Dengan dicat, warna putih akan terlihat seperti baru dan fresh. Memang sebaiknya pengecatan dinding dilakukan secara berkala.

Sumber: Diadona.id

Perhitungan Penting Biar Tangga Rumah Tak Berbahaya

Dream – Membuat lantai dua pada rumah jadi solusi untuk siasati keterbatasan lahan. Salah satu fitur penting di rumah berlantai dua adalah tangga. Fungsi utamanya adalah sebagai penghubung antara lantai satu dan lantai dua.

Kini banyak sekali sekali desain tangga yang bisa disesuaikan dengan interior rumah. Ada yang dilengkapi railing kaca, besi, kayu atau besi ukiran. Biar makin cantik, juga kadang disertai pencahayaan di tiap anak tangga.

Apapun desain tangga yang dipilih, pastikan tangga dibuat dengan perhitungan yang detail agar keamanannya terjamin. Dikutip dari Instagram @archilago.id, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tangga tidak berbahaya.

© Shutterstock

Pertama, untuk tinggi ideal antara tangga dan langit-langit minimal harus 2,15 meter. Sedangkan ketinggian pegangan dapat bervarisi antara 80 dan 90 cm setiap langkah.

Perhatikan Ukuran Detail

Sedangkan ukuran lebar tangga utama rumah minimal 1 meter. Ukuran tersebut tak termasuk railing dan lainnya. Sebisa mungkin, jangan sampai lebar kurang dari 1 meter.

Untuk anak tangga, dalam menentukan dimensinya, ukuran aman yang bisa digunakan adalah sebagai berikut:

© Instagram @archilago.id

Foto: Instagram @archilago.id

Dalam penerapannya, dimensi anak tangga harus sama ukurannya dari pertama hingga yang terakhir. Pastikan lakukan perhatikan dengan tepat ya Sahabat Dream, agar tangga di rumah aman dan nyaman digunakan.