mediabangsa.com – Apakah Anda penikmat sajian informasi Detik.com? Tahukah Anda kisah sukses Budiono Darsono dibalik Detik.com?

Mari intip kisah sukses Budiono Darsono, pendiri Detik.com melalui rubrik berikut ini. Selamat membaca dan terinspirasi!

Rubrik Finansialku

Media Sosial Online, Detik.com

Media sosial online Detik.com memang sudah dipercaya selama hampir 20 tahun menjadi media informasi sosial online oleh para penggunanya.

Kemunculannya semenjak tahun 1998, begitu banyak cerita jatuh bangun dan bahkan titik terpuruk dari para pendirinya, termasuk Budiono Darsono.

Seperti apakah kisah sukses Budiono Darsono, salah satu pendiri Detik.com dalam menorehkan sejarah sebagai pendiri media informasi online terlaris?

Dengan total pengunjung hingga 3 juta hits per harinya dan pendapatan hingga Rp4-5 miliar per bulan dari iklan, berikut ini liputan kisah sukses beliau.

Mengenal Budiono Darsono, Pendiri Detik.com

Budiono Darsono (mantan wartawan DeTik) kini dikenal sebagai salah satu pendiri dari media sosial online Detik.com bersama dengan tiga temannya, yakni Yayan Sopyan (mantan wartawan DeTik), Abdul Rahman (mantan wartawan Tempo) dan Didi Nugrahadi.

[Baca Juga: 6 Soft Skills yang Harus Dimiliki Setiap Calon Pemimpin, Apakah Kamu Sudah Punya yang ke-5?]

Bapak yang dikaruniai 2 orang anak, sempat berkarier sebagai wartawan Majalah Tempo untuk wilayah Jawa Timur pada tahun 1987. Beliau melahirkan Detik.com pada masa terjadinya gejolak politik di tanah air pada tahun 1998.

Lahirnya Detik.com

Pada masa itu (tahun 1998), seperti yang kita ketahui bersama adalah termasuk masa-masa sulit dalam sejarah perkembangan Bangsa Indonesia dalam segala aspek.

Ketika setiap kantor tabloid DeTik dan beberapa kantor surat kabar seperti tabloid Tempo dan lain sebagainya ditutup secara paksa oleh pemerintah. Kejadian tersebut menyebabkan banyak wartawan menjadi pengangguran, termasuk Budiono Darsono dan ke-3 rekannya pun terkena dampaknya.

[Baca Juga: Kisah Sukses Nicholas Kurniawan, Pengusaha Ikan Hias]

Budiono Darsono tentu saja mengalami keadaan ekonomi yang berat karena dia tidak berpenghasilan selama beberapa waktu lamanya.

Coba bayangkan apabila hal tersebut terjadi pada Anda. Apakah Anda sudah memiliki dana darurat untuk mengantisipasi hal-hal darurat seperti pemberhentian kerja yang dialami oleh Budiono Darsono?

Mari persiapkan dana darurat sesegera mungkin. Lantas, berapa besarnya dana darurat yang Anda butuhkan? Cari tahu besarnya dana darurat Anda melalui Aplikasi Finansialku yang dapat Anda gunakan layanan free trial-nya.

Dalam situasi sulit tersebut, muncul ide yang kreatif dari seorang Budiono Darsono dengan ke-3 rekannya tersebut untuk membuat sebuah portal berita online yang up to date.

Dengan bermodalkan sekitar Rp40 juta dan slogan “Mengapa menunggu besok, Detik ini juga!”, pada tanggal 9 Juli 1998, terciptalah Detik.com yang terpampang di blog resmi Budiono Darsono.

Pada awal perjalanan Detik.com, banyak waktu dan tenaga dari Budiono Darsono yang tersita. Bahkan, ia sendiri mengakui bahwa keluarganya sendiri sempat terlupakan.

Perjalanan yang sukar dan panjang dihadapi oleh Budiono Darsono, suami dari Hana Budiono yang memiliki anak bernama Putra Suprabana dan Bening Putri Wardani.

Masa Pelik Detik.com

Berbekal semangat, tape recorder dan juga HT (handy talky), ia memulai perjalanan karier Detik.com dengan meliput peristiwa tragedi semanggi 1998. Berita tersebut merupakan berita pertama yang dimuat di Detik.com.

Budiono Darsono bersama 3 rekannya harus mencari berita berbagai tempat, mulai dari melakukan wawancara, menulis hingga mem-posting berita mereka lakoni.

Pada tahun 2000 hingga 2002, merupakan masa paling sulit yang pernah mereka hadapi sepanjang perjuangan mereka hingga saat ini.

[Baca Juga: Kisah Sukses Eka Gustiwana, Vlogger Sukses Indonesia]

Masa itu terjadi goncangan pada industri dunia yang berimbas pada Detik.com, sehingga membuat situs media sosial online yang kini diakuisisi oleh Chairul Tanjung itu, sempat memberhentikan setidaknya 27 karyawan yang bekerja.

Selain itu, Detik.com sempat mendapat kecaman karena beritanya dinilai kurang akurat. Tak hanya itu, para pengguna sempat memberi kritikan mengenai banyaknya tampilan iklan di homepage Detik.com.

Seperti pengalaman Budiono Darsono, saat mengawali suatu bisnis atau usaha, tentu banyak sekali tantangan dalam mengembangkan bisnis tersebut termasuk perencanaan keuangan yang matang.

Miliki perencanaan keuangan yang matang sejak dini. Jika Anda seorang yang berusia 20-an, segera download secara gratis e-book perencanaan keuangan bagi usia 20-an yang disusun oleh Finansialku bagi Anda.

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Bergerak Semakin Menanjak – Detik.com

Kini Budiono Darsono menjabat sebagai direktur utama Detik.com dengan dana sebesar Rp540 miliar dari Chairul Tanjung yang telah mengakuisisi media sosial online terlaris ini.

Melalui perjalanan panjang dan pengalaman tak terbayarkan, kerja keras Detik.com yang digawangi oleh Budiono Darsono kini memiliki banyak investor yang menanam saham.

Pendapatan dari Detik.com semakin naik hingga puluhan miliar setiap tahunnya seiring bertambahnya pengiklan yang masuk.

[Baca Juga: Apakah Anda Seorang Pemimpin atau Seorang Boss? Ini 10 Perbedaanya]

Tak tanggung-tanggung, karena semakin banyaknya pengunjung situs per harinya, rate dari Detik.com kini berkisar Rp500 ribu hingga Rp200 juta.

Jika Anda mengunjungi situs Detik.com, Anda akan menemukan berbagai space iklan yang berada pada domain utama dan juga subdomain. Diantaranya detik finance, detik health, detik oto, detik sport, detik net, detik hot, detik news dan juga wollipop.

Budiono Darsono begitu optimis akan keuntungan dan peningkatan yang akan didapatkan Detik.com setelah diakuisisi oleh Chairul Tanjung atau CT Corp.

Jika usaha Anda mengalami peningkatan dan perkembangan seperti yang dialami oleh Budiono Darsono, apa langkah yang akan Anda lakukan untuk mengelola keuangan Anda?

Tentu Anda perlu merencanakan setiap tujuan keuangan Anda bukan? Jika Anda berusia 30-an, segera download secara gratis e-book perencanaan keuangan bagi usia-30-an.

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Kisah sukses pendiri Detik.com, Budiono Darsono tentunya sangat memberikan inspirasi bagi banyak kalangan.

Keberhasilannya dalam mendirikan portal berita online di masa keterpurukan suatu masa, perlu diapresiasi.

Bahkan, hingga hampir 2 dekade masih terpampang tegar dalam situs dunia maya melampaui setiap terpaan tantangan dan perkembangan zaman.

Jika Anda merasa perlu untuk membagikan artikel mengenai kisah sukses pendiri Detik.com, Budiono Darsono kepada setiap kenalan Anda, ada baiknya Anda tidak menunda niat baik Anda.

Anda pun dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda.

Ide bisnis memang bisa muncul kapan saja, dimana saja dan kepada siapapun juga, termasuk Anda.

Apakah Anda memiliki pengalaman sukses melalui bisnis yang Anda jalankan? Anda dapat membagikan kisah sukses Anda pada kolom yang terdapat di bawah ini.

Sumber Referensi:

    Admin. Kisah Sukses Budiono Darsono, Pendiri Portal Berita Online. Detik.com – https://goo.gl/tzzfTS

    Admin. Budiono Darsono ~ Pendiri Detik.com, Media Online Terbesar di Indonesia. Maxmanroe.com – https://goo.gl/NM3vJ9

Sumber Gambar:

    Kisah Sukses Budiono Darsono – https://goo.gl/JyjVUV dan https://goo.gl/ueku43

    Budiono Darsono – https://goo.gl/6zEHkq dan https://goo.gl/vEVMue

    Pendiri Detik.com – https://goo.gl/JWnwAv

Download E-book Investasi Emas untuk Pemula