mediabangsa.com – Psoriasis banyak dimaknai sebagai kondisi ketika sel-sel kulit menumpuk dan menghasilkan bercak bersisik yang gatal dan kering.

Psoriasis merupakan gangguan autoimun yang tidak hanya merusak kulit tetapi juga menyebabkan ketidaknyamanan mental bagi pasien dimana sel-sel kulit tumbuh dengan sangat cepat dan kulit tidak dapat melepaskannya dengan cepat.

Hal ini mengakibatkan menumpuknya sel- sel kulit mati pada lapisan atas kulit yang mengakibatkan timbulnya plak gatal, nyeri dan gatal yang dapat menyebabkan peradangan pada organ dan jaringan dan dapat bersifat genetik dan diturunkan melalui keluarga.

Psoriasis dapat mempengaruhi pria, wanita dan anak-anak dari semua jenis dan warna kulit.

Tidak ada penyebab psoriasis yang diketahui dan tidak ada obat untuk penyakit ini tetapi dengan obat-obatan modern dan beberapa perubahan gaya hidup sederhana, seseorang dapat dengan mudah mengelola pemicu dan gejala psoriasis .

Gejala Psoriasis

Dalam wawancara dengan HT Lifestyle, Dr Rinky Kapoor, Konsultan Dermatologis, Dermatologis Kosmetik dan Ahli Bedah Kulit di The Esthetic Clinics, menyarankan jika Anda telah memperhatikan tanda dan gejala berikut pada tubuh Anda, maka inilah saatnya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Pilihan pengobatan untuk Psoriasis

Dr Rinky Kapoor mengatakan, “Perlu diingat bahwa psoriasis adalah kondisi kekebalan otomatis dan oleh karena itu tidak dapat disembuhkan tetapi dapat diobati secara efektif.”

Dia menyarankan pilihan umum untuk pengobatan psoriasis yang meliputi:

1. Perawatan topikal

Ini termasuk obat-obatan yang dapat Anda aplikasikan langsung pada kulit.

Obat-obatan ini biasanya merupakan pengobatan lini pertama yang disarankan kebanyakan dokter.

Obat datang dalam bentuk lotion, busa dan krim. Mereka digunakan untuk pengobatan psoriasis ringan sampai sedang.

Pilihan umum termasuk steroid topikal, kortikosteroid yang memperlambat kerja sel-sel kekebalan di atas kulit.

Penggunaan kortikosteroid topikal yang berlebihan dapat menyebabkan penipisan kulit oleh karena itu gunakan hanya sesuai pedoman dan anjuran dokter.

2. Biologis

Biologis adalah jenis obat baru yang digunakan untuk pengobatan psoriasis dan terbuat dari bahan hidup. Ini datang dalam bentuk suntikan dan mengubah sistem kekebalan tubuh.

Ini membantu mengurangi peradangan kulit. Perawatan sistemik biologis digunakan untuk mengobati psoriasis sedang hingga serius dan radang sendi yang disebabkan karena gangguan ini.

Biologi umum termasuk Adalimumab, Bimekizumab, Brodalumab, Tofacitinib (oral), Ustekinumab dll,

3. Retinoid oral

Retinoid membantu mengurangi pertumbuhan sel. Retinoid oral seperti acitretin digunakan untuk mengobati psoriasis pustular yang menyebabkan bercak merah pada kulit.

4. Dithranol

Ini adalah pengobatan kuno untuk psoriasis plak. Obat ini dioleskan pada bagian kulit yang terkena dan bekerja dengan cara mengurangi produksi sel kulit.

Namun, ini hanya perawatan jangka pendek dan Anda perlu berhati-hati saat mengaplikasikannya karena dapat membakar jika terlalu pekat.

5. Asam salisilat

Perawatan kulit ini membantu melembutkan kulit dan mengurangi kulit bersisik.

Namun, efek samping utamanya adalah dapat menyebabkan folikel rambut melemah.

6. Imunosupresan

Seperti namanya, obat ini bekerja dengan menekan sistem kekebalan tubuh dan biasanya diterapkan pada area sensitif kulit yang terkena psoriasis seperti wajah, selangkangan, dan lipatan kulit.

7. Salep dan sampo tar batubara

Ini juga merupakan salah satu perawatan tertua untuk psoriasis . Tar batubara mengurangi peradangan, gatal dan sisik pada kulit tetapi membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari dan kekeringan.

8. Fototerapi

Sinar matahari telah digunakan untuk merawat jenis kondisi kulit ini selama bertahun-tahun.

Perawatan fototerapi menggunakan cahaya alami dan buatan (UV) untuk menargetkan sel-sel kulit yang tumbuh cepat dan memperlambatnya.

Perawatan ini dilakukan sebagai prosedur rawat jalan di kantor dokter. Terapi cahaya sering digunakan dalam kombinasi dengan metode pengobatan lain untuk bantuan yang lebih cepat.

Dr Rinky Kapoor menyarankan untuk Ikuti petunjuk yang diberikan oleh dokter kulit Anda untuk perawatan psoriasis .

Jangan mencoba untuk melakukan perawatan secara berlebihan karena dapat lebih berbahaya daripada baik.

Waspadai apa yang memicu timbulnya psoriasis dan jika produk perawatan kulit tertentu mungkin memperparah kondisi kulit.

Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda ingin mencoba pengobatan alternatif atau perawatan di rumah.***

pikiran-rakyat.com.