mediabangsa.com – Bepergian ke perkebunan teh tampaknya bukan sesuatu yang menarik minat kawula muda seiring banyaknya cafe dan destinasi modern. Namun, Anda harus betul-betul memikirkan kunjungan ke Kebun Teh Cipasung karena ada berbagai hal ditawarkan di dalamnya. Tidak hanya sekadar mencari hiburan, Anda pun bisa menambah wawasan seputar teh.

Bersama kawan atau keluarga, Anda dapat melakukan penjelajahan sepuasnya menyusuri perkebunan itu. Jalanan setapak yang membentang di atas dataran tinggi membuat suasananya jadi lebih menyenangkan. Dari pintu masuk hingga pintu keluar, habiskan waktu dengan bebas sebagai media refreshing.

Lelah berjalan kaki? Anda dapat mampir ke sejumlah warung sederhana untuk memesan minuman hangat. Dinginnya udara di Kabupaten Majalengka bisa saja bikin menggigil sehingga perlu dibarengi dengan satu cangkir teh hangat sambil melihat-lihat lanskap menawan.

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Teh Cipasung

1. Kesejukan Alami

Kebun Teh Cipasung tidak perlu diragukan lagi sebagai salah satu tempat yang menawarkan hawa sejuk secara alami. Tak butuh alat elektronik seperti AC dan air purifier agar Anda dapat memperoleh udara segar.

Kesejukan ini dipengaruhi oleh letaknya yang ada di kaki Gunung Cakrabuana, juga pohon-pohon di sekitarnya. Terkadang itu bahkan bisa membuat Anda ingin terlelap selama di perjalanan, jadi sebaiknya berhati-hati bila Anda menjadi pengemudi atau menumpang pada transportasi roda dua.

2. Kabut Tipis

Sudah menjadi hal lumrah jika menemukan kabut tipis melingkupi dataran tinggi, demikian pula saat bepergian ke Kebun Teh Cipasung. Saat dijadikan sebagai latar belakang untuk memotret, hasilnya pasti bisa sangat indah.

Hamparan teh yang tampak bagai karpet sintetis berwarna hijau dilengkapi kabut tipis menjadikan keindahannya begitu natural. Anda bahkan dapat melakukan video dokumenter atau membuat lukisan saat berada di kaki gunung yang artistik ini.

3. Perjalanan Mengesankan

Agaknya medannya memang kurang bersahabat jika dilalui oleh pengemudi pemula, tetapi berbeda halnya saat Anda datang bersama orang yang terbiasa melintasi jalan-jalan menanjak. Meski tentu saja, Anda sendiri sebenarnya dapat memilih mengemudi motor, melalui rute berkelok-kelok sampai tiba di lokasi perkebunan.

Pemandangan cantik bahkan akan menemani perjalanan Anda begitu memasuki Kabupaten Majalengka. Ini menjadikannya jauh lebih mengesankan meskipun matahari sedang bersinar terik, tetapi hawanya terasa dingin.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Arahkan kemudi Anda ke selatan pusat Kota Majalengka sekitar dua jam lamanya untuk tiba di Kecamatan Lemah Sugih. Persisnya di Desa Cipasung, membentang sebuah perkebunan teh yang menakjubkan karena dipercantik dengan lanskap Gunung Cakrabuana.

Kebun Teh Cipasung namanya, salah satu objek wisata keluarga yang menjadi andalan warga Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Berhati-hatilah selama mengendara sebab keadaannya jalannya masih kurang bersahabat, butuh keahlian mengemudi yang bagus. Meskipun begitu, keindahan panorama di sepanjang perjalanan akan menghibur hati Anda.

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Cipasung

Cukup murah biaya yang dibutuhkan untuk duduk bersantai di salah satu sudut Kebun Teh, hanya berkisar Rp 5.000. Ini belum termasuk sewa motor dan mobil di mana masing-masing diatur Rp 2.000 dan Rp 5.000.

Kemudian, Anda dimungkinkan untuk datang kapan saja setiap hari per 24 jam sehingga cenderung fleksibel. Sebaiknya rencanakan agenda kunjungan akhir pekan bersama kawan terdekat agar Anda semakin menikmati apa yang ditawarkan oleh perkebunan indah ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kebun Teh Cipasung

1. Berkemah di Kawasan Wisata

Mengingat Kebun Teh Cipasung menyediakan kesempatan 24 jam untuk kunjungan, maka tidak ada salahnya mencoba berkemah di destinasi eksotis ini. Anda dapat menghabiskan waktu sampai malam bersama kawan-kawan terdekat, bernyanyi, bermain gitar, menatap langit, dan masih banyak lagi.

Kemah adalah kegiatan yang menyenangkan bagi banyak orang di berbagai rentang usia. Apalagi, jika perkemahan tersebut dilaksanakan bersama mereka yang memiliki hubungan emosional dekat dengan diri Anda.

Daripada bingung menghabiskan waktu di rumah saja saat liburan, mengapa tak mencoba mampir ke perkebunan bernilai estetika ini? Bila perlu, buatlah rundown khusus agar perkemahan itu tidak dilakukan ala kadarnya, melainkan penuh persiapan.

2. Santai Ditemani Alam yang Menawan

Ingin bersantai tapi tak mau terus di rumah seharian? Datanglah ke Kebun Teh Cipasung untuk menghabiskan waktu dengan berleha-leha. Ada beberapa cara yang dapat dipilih agar kegiatan bersantai Anda lebih bermakna.

Anda dapat membawa buku lalu membacanya sambil berbaring di atas rumput atau duduk di gazebo. Memilih salah satu pohon yang kukuh lalu bersandar pada batangnya sambil mendengarkan musik juga patut dicoba. Sesuaikan saja dengan preferensi pribadi, apakah saat berbaring atau duduk manis.

Alternatif lain, Anda juga dapat mengajak salah seorang sahabat terdekat lalu memesan secangkir teh di warung pinggir jalan. Mengobrol ke sana-kemari hingga tanpa terasa waktu telah banyak berlalu.

Selain itu, Anda bisa mengunduh beberapa film yang bagus di rumah kemudian datang ke sini dan habiskan waktu untuk menonton. Tentunya akan terasa berbeda bila dilakukan di dalam kamar sendiri dibandingkan saat di area yang luas dan tenang.

3. Menjelajah di Kebun Teh Cipasung

Kegiatan penjelajahan akan melengkapi pengalaman bermain Anda saat berada di Kebun Teh. Anda bisa menuruni bukit-bukit yang ditumbuhi teh, melewati ruas-ruas jalan lalu menghabiskan waktu sambil bersenandung ria.

Ini juga bisa jadi kesempatan Anda mencari tahu lebih jauh tentang tanaman teh itu sendiri kepada para petani yang mungkin ditemukan di perkebunan. Dengan begitu, tak hanya sekadar mencari hiburan demi mengisi waktu luang, namun Anda pun dapat menambah wawasan seputar teh jika memungkinkan.

Sambil menunggu matahari tenggelam, Anda dapat mencari tempat terbaik untuk melihat sunset. Hasilnya pasti akan berkali lipat lebih indah berkat daerah pegunungan yang nantinya ditimpa cahaya jingga.

Tidak ingin menghabiskan waktu lama di Kebun Teh Cipasung? Anda bisa datang lebih pagi agar sempat melihat sunrise meskipun ini agak sulit dilakukan. Namun, tidak ada salahnya mencoba mengemudi di pagi buta demi mencari panorama yang memuaskan mata, bukan? Setiba di lokasi eksotis ini, Anda pun dapat memanfaatkan jalan setapak untuk jogging.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Aneka ragam fasilitas siap memanjakan Anda saat berada di Kebun Teh Cipasung, lebih dari sekadar memenuhi kebutuhan utama. Area parkirnya luas, musala cukup bersih, dan begitu pula dengan sejumlah toilet yang bisa ditemukan di beberapa titik kawasan ini.

Anda juga punya pilihan untuk mampir ke warung sederhana di tepi jalan saat merasa haus atau lapar. Jika ingin sebatas bersantai sambil menikmati udara segar, pihak pengelola melengkapi perkebunan cantik ini dengan gazebo.

Ingin melakukan eksplorasi lebih jauh? Anda dapat mengunjungi area outbond dan bermain sampai puas. Beberapa rintangan telah disediakan sehingga pengunjung tinggal menggunakannya saja. Tak kalah menarik, ada pula spot foto buatan yang memang didedikasikan bagi pengunjung dengan hobi eksis di media sosial.

Kebun Teh Cipasung akan membawa Anda merasakan keindahan lereng Gunung Cakrabuana. Dari rumput yang merambat di lapangan luas, bentangan kebun teh di puncak bukit, hingga aneka pohon yang menjulang tinggi membuat suasana jadi tenteram. Agendakan segera kunjungan ke sini demi momen liburan penuh kesan.