mediabangsa.com – Bulu mata palsu dapat menambah drama pada makeup Anda. Dengan bulu mata yang lebih panjang, tebal, dan bervolume, riasan wajah akan nampak lebih hidup.

Orang-orang pasti lebih berfokus pada belajar memasang bulu mata, tapi jarang ada yang peduli dengan bagaimana cara melepas bulu mata dengan benar. Karena, banyak orang yang berpikir “tinggal cabut saja”. Padahal, sebaiknya bulu mata palsu tidak langsung dicabut begitu saja tanpa “bantuan”.

Bulu mata palsu memiliki lem yang cukup kuat, sehingga jika Anda mencabutnya begitu saja akan terasa sakit dan meninggalkan sisa lem di kelopak mata atau bahkan bulu mata Anda. Which is malah menambah kerjaan Anda nantinya.

Memang, dengan kalimat pembuka tadi nampaknya menghapus lem bulu mata palsu itu rumit, padahal tidak. Kamini akan memberi tahu Anda metode yang tepat untuk meluruhkan lem bulu mata sehingga lebih mudah dilepas. Lem bulu mata akan terlepas dalam hitungan menit (tanpa mencabut bulu mata asli Anda) dengan cara-cara berikut.

Cara Melepas Falsies & Membersihkan Lem dari Kelopak Mata

Agar tidak salah langkah, sebaiknya Anda ketahui cara melepas falsies dan membersihkan lemnya di daerah kelopak mata. Untuk mengetahuinya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Pilih Produk

* sumber: www.reviews.com

Cara yang paling mudah untuk mengelupas lem bulu mata tentunya dengan menggunakan produk yang sudah didesain untuk itu: eye makeup remover. Produk ini berfungsi untuk menghapus riasan mata dengan sempurna, bahkan yang ditinggalkan oleh makeup remover biasa.

Pilih eye makeup remover berdasarkan formulanya, karena setiap produk berbeda-beda. Ada cleansing/micellar water, dual-phase remover, gel, cream, wipes,.. Tapi, semua itu bisa dikategorikan dalam dua jenis saja, yaitu oil-based dan non oil-based eye makeup remover.

Penghilang riasan mata berbasis minyak biasanya paling efektif dalam menghancurkan perekat bulu mata. Namun, jika Anda berencana untuk menggunakan kembali bulu mata Anda, lebih baik pilih eye makeup remover dengan formula bebas minyak. Karena, residu minyak yang tertinggal pada bulu mata palsu dapat membuat lem sulit untuk menempel nantinya. Belum punya eye makeup remover? Lihat merk yang recommended di sini.

Beberapa brand makeup menjual penghilang lem bulu mata yang dirancang khusus untuk menghilangkan perekat false lashes. Namanya adalah eyelash glue remover atau adhesive remover. Namun, kalau Anda tidak bisa menemukannya, penghapus riasan mata biasa juga bisa menghilangkan lem false lashes, kok.

2. Gunakan Kapas

* sumber: www.birchbox.com

Sepertinya semua orang yang rutin berdandan pasti punya kapas kecantikan, kan? Nah, siapkan sekarang juga karena Anda akan membutuhkannya.

Tuang penghapus riasan mata secukupnya pada kapas. Guna kapas adalah untuk menahan eye makeup remover agar tidak masuk ke mata, karena mata akan terasa perih atau bahkan jadi iritasi kalau ternyata produk yang Anda pakai tidak “lembut” kandungannya.

3. Tempelkan

* sumber: www.leaf.tv

Tempelkan kapas pada kelopak mata dan beri sedikit tekanan saja, supaya eye makeup remover tidak menetes. Tekan pelan kapas di sepanjang garis bulu mata Anda, tepat di tempat bulu mata palsu menempel di kelopak mata. Langkah ini akan memungkinkannya eye makeup remover meresap dan melonggarkan lem dengan lebih baik.

4. Gerakkan Kapas

Jalankan kapas di sepanjang garis bulu mata di kelopak mata Anda. Perlahan-lahan usapkan kapas di atas garis bulu mata yang melekat pada kelopak mata Anda untuk membantu melonggarkan perekat false lashes.

5. Cabut Bulu Mata Palsu

* sumber: www.bebeautyps.com

Setelah false lashes mulai kehilangan kekuatan lemnya, mulailah menarik tepi bulu mata palsu. Pastikan Anda mengelupas dari sudut luar bulu mata yang cenderung mudah lepas.

Setelah sudut luar bebas, tarik bulu mata ke arah sudut dalam. Pastikan untuk mencabutnya dengan perlahan dan hati-hati, jadi Anda tidak merusak lekukan dari bulu mata palsu.

Gunakan bantalan jari Anda untuk melepas bulu mata. Jangan gunakan pinset atau kuku Anda karena mereka dapat merobek, merenggangkan, mengubah bentuk,.. intinya dapat merusak bulu mata palsu Anda. Tapi, itu kembali lagi pada Anda apakah lebih nyaman pakai jari, kuku, atau pinset.

6. Ada yang Nyangkut?

* sumber: www.society19.com

Jika masih ada area di mana bulu mata palsu masih susah dicabut, ambil kapas baru atau korek kuping dan basahi dengan penghapus riasan mata lagi. Lalu, gosokkan pelan-pelan pada garis bulu mata Anda sambil terus menarik bulu mata palsu agar terlepas.

7. Uap

* sumber: maed.co

Selain pakai produk pembersih komersial, Anda bisa juga menguap wajah dengan air panas selama 5 menit. Tuang beberapa gelas air mendidih ke dalam mangkuk. Atau gunakan facial steamer jika ada. Gantungkan handuk di atas kepala Anda dan posisikan wajah Anda di atas mangkuk. Handuk akan memerangkap uap sehingga dapat membantu melemaskan lem bulu mata.