mediabangsa.com – Salah satu masalah yang sering timbul pada rambut kepala adalah kutu. Kutu rambut ini akan membuat kepala terasa gatal sehingga kita harus terus menggaruknya. Lama-kelamaan, garukan tersebut akan membuat kulit kepala terkelupas sehingga memicu timbulnya masalah rambut lainnya seperti ketombe.

Nah, bagi Anda yang memiliki masalah kutu rambut tersebut, kali Kamini akan mengulas cara membasmi kutu rambut dengan cara yang alami. Namun sebelumnya mari kita bahas terlebih dahulu penyebab timbulnya kutu rambut tersebut.

Apa Itu Kutu Rambut?

Kutu rambut sendiri paling banyak terjadi pada anak-anak. Hal tersebut dapat dimaklumi mengingat mereka masih susah terkontrol dalam hal kebersihan rambutnya. Namun kutu rambut ini juga tidak menutup kemungkinan untuk terjadi pada orang dewasa, terutama yang jarang merawat rambutnya.

Kutu rambut merupakan parasit yang hidup dan menghisap darah dari kulit kepala manusia. Hisapan darahnya tersebut dapat membuat kulit terasa gatal, sama seperti ketika kita digigit nyamuk. Kutu rambut juga dapat terbang sehingga ia bisa berpindah ke rambut orang yang berinteraksi dengan penderitanya.

Kehadiran kutu rambut ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Pasalnya, kutu rambut betina biasanya akan bertelur hingga 6 buah per harinya. Seminggu kemudian telur tersebut akan menetas dan menambah populasi kutu rambut di kepala Anda.

Penyebab Kutu Rambut

Terdapat banyak faktor yang bisa menyebabkan kutu rambut hinggap di kepala kita, mulai dari masalah kebersihan hingga kesalahan penggunaan kosmetik. Nah, berikut adalah beberapa penyebab yang biasanya mengundang kutu rambut tersebut:

    Kurang menjaga kebersihan rambut.

    Interaksi dengan orang yang memiliki kutu rambut.

    Menggunakan sisir dan handuk yang digunakan oleh penderita kutu rambut.

    Menggunakan produk kosmetik rambut yang salah.

Poin-poin di atas hanyalah sebagian faktor penyebab kutu rambut. Masih banyak hal yang bisa menyebabkan parasit ini menyerang kulit kepala Anda. Kunjungi artikel penyebab kutu rambut berikut untuk mengetahui lebih dalam mengenai asal muasalnya.

Produk untuk Membasmi Kutu Rambut dan Telurnya

Ingin menghilangkan kutu rambut secara cepat? Anda bisa menggunakan sejumlah produk tertentu. Produk ini memang dirancang untuk mengatasi kutu rambut dan telurnya secara instan. Yuk, cari tahu produk yang bisa Anda pakai untuk membasmi kutu rambut maupun telurnya.

    Obat Kutu Rambut

Dewasa ini, Anda tidak perlu panik ketika ada kutu yang bersarang di rambut. Pasalnya, sudah banyak obat kutu rambut yang dijual di pasaran. Bahkan, tersedia juga obat kutu rambut yang diformulasikan untuk anak-anak. Temukan obat terbaik untuk atasi kutu rambut dan telurnya dalam artikel obat penghilang kutu rambut.

    Alkohol

Alkohol 70 persen bisa membantu Anda membasmi kutu rambut dan telurnya. Senyawa isoprofil yang terdapat di dalam alkohol lah yang bertindak untuk membasmi kutu rambut. Namun, jika ada luka di kulit kepala sebaiknya urungkan menggunakan alkohol karena kulit kepala akan terasa perih.

Cara menggunakannya adalah tuang alkohol di telapak tangan lalu usapkan ke kulit kepala sambil diberi pijatan ringan. Setelah 30 menit, sisir rambut untuk membuang kutu dan telurnya. Kemudian, lanjutkan dengan keramas pakai shampo.

    Cuka

Tingkat keasaman yang tinggi pada cuka mampu membasmi kutu rambut dan telurnya. Namun, Anda juga harus waspada karena keasaman cuka juga bisa membuat kulit kepala terasa perih.

Campurkan 2 sdm cuka dengan 2 sdm minyak kelapa (VCO). Usapkan larutan ini ke kulit kepala dan rambut. Tutup rambut dengan shower cap, lalu Anda bisa langsung tidur. Keesokan harinya, hilangkan sisa cuka di rambut dengan mencuci rambut menggunakan shampo.

    Sisir Serit

Satu lagi “senjata” ampuh untuk menghilangkan kutu dan telur di rambut, yakni sisir serit. Ini merupakan jenis sisir dengan gerigi yang sangat rapat. Jarak antara gigi hanyalah 0,2mm saja. Gigi sisir yang sempit ini mampu mengangkut kutu dan telur dari rambutmu. Basahi rambutmu terlebih dahulu, kemudian sisir dengan sisir serit.

Gunakan produk-produk di atas untuk menyingkirkan kutu rambut dan telurnya secara cepat. Jangan biarkan kutu rambut bersarang pada rambut Anda dalam jangka lama, segera hilangkan kutu dan telurnya tersebut.

Bahan Alami Pembasmi Kutu Rambut

Selain produk yang bisa menghilangkan kutu rambut secara instan, ada juga bahan-bahan alami yang dipercaya dapat membasmi kutu rambut maupun telurnya. Yuk, intip daftar bahan alami pembasmi kutu rambut di bawah ini.

    Jus Lemon

Buah lemon memiliki sifat asam yang cukup kuat sehingga tidak disukai oleh kutu rambut. Maka dari itu untuk resep pertama ini Anda cukup mengambil beberapa buah lemon segar kemudian dibuat menjadi jus. Selanjutnya silahkan basuh rambut Anda dengan jus lemon tersebut. Diamkan selama 30 menit lalu basuh dengan menggunakan air hangat.

    Bawang Merah

Tidak hanya berfungsi sebagai penyedap masakan, bawang merah juga ternyata dapat membunuh kutu rambut. Menurut penelitian, bawang merah memiliki banyak kandungan sulfur yang dapat meracuni kutu-kutu pada rambut Anda.