mediabangsa.com

Belakangan ini sejumlah wilayah di Indonesia seperti Jakarta terasa begitu panas. Sinar matahari terasa amat menyengat. Tentunya ini akan membuat Anda tidak nyaman manakala harus selalu berpergian ketika siang hari.

Solusinya, tentu Anda akan menyalakan AC mobil agar berkendara jadi lebih nyaman. Tetapi terkadang, para pemilik mobil tidak menyadari ada beberapa kesalahan menyalakan AC mobil yang mereka lakukan.

Alih-alih ingin kabin mobilnya cepat dingin dengan cara menyalakan AC, ketika yang dilakukannya tidak tepat malah akan merusak sistem pendingin di mobilnya itu sendiri.

1. Jangan Langsung Maksimum

Jangan langsung setel AC ke posisi maksimum saat baru masuk ke dalam mobil

Beberapa kesalahan menyalakan AC mobil yang sering dilakukan adalah langsung menyetel AC ke suhu maksimal dengan putaran blower juga paling kencang, sesaat setelah Anda menghidupkan mesin mobil. Tentunya Anda mengharapkan agar suhu kabin mobil langsung dingin dengan cara menghidupkan AC tersebut.

Padahal nyatanya udara panas dalam kabin mobil akan tersirkulasi ke seluruh ruang kabin saat AC dinyalakan. Akibatnya, Anda akan merasa kabin lebih panas dari sebelumnya. Nah, cara yang paling tepat sebenarnya membuka dahulu pintu dan kaca jendela sesaat sebelum mesin distarter. Lalu setelah pintu dan kaca terbuka 2-3 menit, tutup kembali kaca serta pintu tersebut baru kemudian nyalakan AC mobil ke pengaturan suhu paling dingin.

2. Mengarahkan Hembusan Angin ke Tubuh

Kisi-kisi AC sebaiknya arahkan ke atap mobil

Kesalahan menyalakan AC mobil lainnya adalah dengan langsung mengarahkan hembusan angin AC ke tubuh. Kisi-kisi AC disorotkan tepat ke arah tubuh Anda, dengan harapan tubuh merasa lebih dingin akibat terkena hembusan AC.

Yang benar, sebaiknya Anda mengarahkan kisi-kisi AC ke bagian atap mobil. Tujuannya suhu dingin dari AC akan tersirkulasi dulu ke seluruh kabin mobil sampai benar-benar merata. Nantinya suhu kabin mobil akan mengikuti suhu AC yang sudah disetel.

3. Manfaatkan Auto Climate

Aktifkan fitur Auto pada AC

Jika mobil Anda memiliki pengaturan AC dengan fitur Auto Climate, maka fitur tersebut bisa Anda manfaatkan. Caranya, setelah Anda hidupkan mesin mobil, aktifkan fitur Auto Climate dengan menekan tombol “Auto” pada mengaturan AC mobil Anda.

Dengan fitur ini, kesalahan menyalakan AC mobil bisa dihindari karena fitur Auto tersebut akan menghidupkan AC dengan sistem paling maksimum, namun sirkulasi udara akan dibiarkan terbuka.