mediabangsa.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/02/06/Ay6TmsFs/imbas-hujan-lebat-tol-jorr-tergenang-dan-lalin-ter-1328.jpg”>

Aquaplaning merupakan kondisi pada kendaraan dimana traksi ban tidak mampu menggenggam permukaan jalanan dengan pas. Hal ini mengakibatkan mobil susah dikendalikan hingga mungkin tergelincir. Mulai dari jalanan perkotaan hingga jalan tol bebas hambatan. Meskipun masalah di jalan tol menjadi lebih berbahaya mengingat kecepatan pengendara lebih tinggi dibandingkan jalanan biasa.

Jalan tol juga tidak terhindar dari aquaplaning

Dilansir dari CNN Indonesia, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ) Herry Trisaputra Zuna mengungkapkan sejumlah ruas tol Tanah Air masih belum bebas dari kondisi ini. Herry menjelaskan, “Kalau aquaplaning ini di beberapa tempat memang saluran drainase tidak mengalir (baik) sehingga tergenang.”

Sistem saluran air yang tidak berfungsi dengan baik memunculkan genangan ketika terjadi hujan maupun setelahnya. Dijelaskan oleh Harry, masalah yang juga dikenal sebagai hydroplaing ini terjadi bukan terletak pada kesalahan pembuatan drainase saluran air, tetapi dikarenakan pemeliharaan drainase yang tidak teratur.

Aquaplaning biasanya terjadi ketika ada genangan di jalanan

“Artinya kalau menimbulkan genangan ya harus diperbaiki. Tapi pada saat dibangun, hitung-hitungan sudah memadai. Hanya memang setelah berjalan lama ya memang perlu maintenance tadi. Entah ada tersumbat atau apa,” ungkap Herry.

Masalah aquaplaning yang terjadi pada jalan tol memang bukan hal baru. Namun Herry selama ini mengungkapkan bahwa masih belum ada laporan terkait jalan tol yang rawan terkena kondisi ini. Ia menjelaskan, “Belum update karena belum ada laporan secara keseluruhan. Tapi itu spot per spot ya sifatnya. Dan juga tergantung dengan curah hujan.”

Aquaplaning mengakibatkan ban tidak mencengkram jalanan dengan baik

Untuk menangani aquaplaning yang terjadi di jalanan, Harry mengingatkan pengemudi untuk berhati-hati, terlebih ketika berkendara di jalanan basah selama maupun setelah hujan. Bukan hanya di jalanan tol, sedangkan kondisi ini juga bisa terjadi pada jalanan biasa. Yang terbaru, sebuah Toyota Fortuner mengalami aquaplaning dan terekam kamera mengalami kecelakaan.

cintamobil.com.