mediabangsa.com – realme Indonesia telah resmi meluncurkan realme 8 series yang menyasar kelas menengah. Hadir dalam dua varian yaitu realme 8 dan realme 8 Pro, keduanya menawarkan performa tinggi dan kemampuan kamera terbaik di kelasnya.

Bahkan pada versi Pro, kamera menjadi sektor yang diunggulkan dengan hadirnya resolusi kamera tertinggi saat ini yaitu 108 MP. Ini masih dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan sebagai penunjang dalam menghasilkan foto maupun video yang lebih kreatif.

Dan kali ini kami berkesempatan memegang terlebih dahulu seri Pro-nya. Sebelumnya perlu diketahui bahwa perbedaan antara realme 8 dan versi Pro ada pada penggunaan SoC, resolusi kamera utama, kapasitas baterai.

Dari sisi desain, kedua seri ini mengusung konsep yang sama. realme sendiri menyebut desain ini dengan nama Infinite Bold Design untuk menciptakan elemen fashion terdepan dan mudah dikenali dalam sekejap mata. Untuk dimensi, realme 8 Pro tergolong tipis dengan ketebalan hanya 8,1 cm dan bobot 176 gram.

Bodi belakangnya menggunakan material palstik dengan kombinasi lapisan glossy dan matte. Di sisi kanan bodi belakang, realme menyematkan tulisan tipis DARE TO LEAP yang akan terlihat saat smartphone dimiringkan. Pilihan warna pada realme 8 Pro adalah Infinite Blue dan Infinite Black pro, sementara unit yang kami pegang menggunakan warna kedua.

Empat kamera belakang tersusun dalam satu frame berbentuk kotak dengan fisik agak menonjol. Kameranya terdiri dari kamera utama 108 MP dengan sensor Samsung ISOCELL HM2, 8 MP lensa ultra wide angle dengan luas pandang 119 derajat, 2 MP lensa makro, dan 2 MP lensa B&W.

Seperti disebut sebelumnya, kamera memang jadi hal yang ditonjolkan pada realme 8 Pro. Kamera utamanya memiliki fitur 3x Ultra Zoom dan 3x Optical Zoom. Sementara fitur lain dalam aplikasi kamera diantaranya New Super Nighscape Mode yang menghasilkan foto tetap terang dan detail meski dalam malam hari.

Fitur menarik lainnya adalah Tilt-shift Mode yang menanfaatkan efek bokeh agar hasil foto seakan mengubah dunia nyata menjadi dunia miniatur, menggunakan semacam ilusi optik mata manusia. Mode ini juga mendukung format video dan jadi smartphone pertama yang menggunakannya.

realme 8 Pro juga menyematkan fitur Starry Mode yang kali ini merupakan generasi kedua untuk memfoto langit berbintang dengan tingkat noise yang minim. Tersedia pula opsi untuk perekaman video dan juga jadi smartphone pertama yang mengadopsinya.

Sementara fitur kamera menarik lain diantaranya yaitu Neon Portrait, Dynamic Bokeh, AI Color Portrait, dan New AI Portrait yang membuat hasil foto jadi makin unik dan memancing kreativitas penggunanya. Ada satu lagi pada mode video yaitu Dual-view Video yang memungkinkan merekam dua tampilan video dalam satu layar memanfaatkan kamera belakang dan depan.

Pada sektor layar, dengan ukuran 6,4 inci panel yang digunakannya yaitu Super AMOLED. Panel ini memungkikan realme menempatkan sensor sidik jari di dalam layar. Rasio layar juga cukup besar yaitu mencapai 90,8% serta punya tingkat kecerahan 1000 nits yang membuatnya tetap nyaman dilihat dalam luar ruangan dengan terik matahari.

Layar ini menggunakan desain punch hole yang merupakan tempat dimana kamera selfie 16 MP berada dengan posisi di sisi kiri atas.

Untuk sisi-sisinya, pada bagian kanan terdapat tombol Volume dan Power. Pada sisi kiri terdapat tray yang menyediakan kompartemen untuk dua kartu SIM dan satu kartu microSD secara bersamaan. Sisi bawah terdapat jack audio 3.5mm, lubang mikrofon, port USB type-C, dan lubang speaker. Tidak ketinggalan terdapat pula NFC

Meski ringan dan tipis, realme 8 Pro tetap memiliki baterai dengan kapasitas 4500 mAh. Baterai ini mendukung pengisian daya cepat 50 watt SuperDart Charge yang diklaim mampu mengisi daya hingga 100% dalam waktu 47 menit.

Untuk spesifikasi lainnya, realme 8 Pro dipersenjatai Snapdragon 720G dan hadir dengan satu varian kapasitas memori yaitu RAM 8 GB dan ROM 128 GB. Dan untuk harganya, realme 8 Pro dibanderol dengan harga Rp4.499.000.