mediabangsa.com – TANGERANG – Toyota meramaikan GIIAS 2022 dengan menghadirkan dan meluncurkan sejumlah produk menarik. Di antaranya ada dari line up Gazoo Racing. Selain telah merilis GR86, Toyota juga memamerkan Hilux GR Sport yang konon sudah bisa dipesan oleh masyarakat Indonesia.

Menurut tenaga penjual di booth Toyota, bila tertarik memiliki Hilux GR Sport keran pemesanannya sudah dibuka. Adapun untuk besaran tanda jadinya, wiraniaga mematok booking-fee di Rp 15 juta.

“Sudah bisa dipesan, tanda jadi Rp 15 juta. Namun belum ada informasi harganya, karena memang belum diluncurkan secara resmi,” kata salah satu tenaga penjual di GIIAS, Senin (15/8).

Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan proses finalisasi administrasi Hilux GR Sport kepada instansi terkait. Begitu sudah rampung, mobil double cabin tersebut bakal segera dijual resmi kepada konsumen.

“Beberapa bulan lagi baru officially (resmi) kita bisa luncurkan harga dan suplainya. Karena, saat ini masih dalam uji tipe dan masih dalam proses pendaftaran. Tahun ini kita jual, dan jika ada konsumen yang minta bisa daftar lebih dulu, nanti ketika launch atau harga ada baru kita kirim,” kata Anton di GIIAS 2022 beberapa waktu yang lalu.

Unit Hilux GR Sport yang dipamerkan di booth khusus Toyota Gazoo Racing itu kedapatan mesin anyar. Di balik kapnya bersemayam mesin dengan output lebih besar sekitar 37 persen dibanding jantung pacu Hilux biasa.

Layout mesin pakai rancang yang sama dengan kepunyaan Toyota Fortuner 2.8L. Ya, Hilux GR Sport ini berbekal mesin diesel dengan kode 1GD, 2.775 cc yang mampu memproduksi tenaga maksimal hingga 201,2 hp dan torsi puncak menyentuh 499,1 Nm. Output itu kemudian disalurkan lewat transmisi otomatis 6-percepatan dengan sistem penggerak 4WD.

Adapun untuk sistem keamanan dari mobil ini juga terbilang advanced, meliputi 7 SRS Airbags, Hill Start Assist, ABS, Downhill Start Assist Control (DAC), Traction Control (TRC), Vehicle Stability Control, dan paket keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS).

“Kita mendapat masukan Fortuner menggunakan 1GD itu animonya bagus banget. Kemudian Hilux itu kan selalu imagenya mobil komersial, ya. Jadi konsumen minta Hilux untuk tipenya yang lebih privat,” pungkasnya.

Nah selain mesin yang lebih berperforma, area suspensi juga kena racik ulang dengan tipe peredam Monotube. Rancang kaki-kaki ini dibuat lebih tahan banting plus penyesuaian yang berkiblat pada konstruksi suspensi mobil Toyota di kompetisi elit World Rally Championship (WRC).

Lantas dengan pemakaian suspensi serta rancang kaki-kaki ini memberikan peningkatan yang positif dalam hal handling, respons sudut kemudi, kinerja di jalur lurus, dan saat diajak bermanuver di jalan rusak serta berat.

Meski begitu sektor kenyamanan ketika dipakai di jalan halus juga tetap jadi prioritas. Dengan respons cepat terhadap getaran, membuat Toyota Hilux GR Sport bukan hanya andal di jalan ekstrem tapi rasanya bakal nyaman bila dipilih sebagai kendaraan harian.

“Kita kasih yang lebih maksimal. Kalau GR jangan cuma sporty-sporty-an, harus ada power-nya, harus ada (tuning) suspensinya. Ini jawaban dari permintaan tersebut,” jelas Anton.

Sebagai informasi, Toyota Hilux GR Sport di Thailand dilepas dengan banderol 1,291,900 Baht atau setara Rp 537 juta. Nah set harga itu bisa jadi referensi untuk Anda yang memang mengincar mobil gagah tersebut. Bila masih penasaran dengan wujudnya, bisa datang ke pameran GIIAS hingga 21 Agustus mendatang. (BANGKIT JAYA / WH)