mediabangsa.com – TANGERANG – Setahun setelah debutnya. Honda masih memamerkan SUV RS Concept di GIIAS 2022. Namun dibanding sebelumnya, kali ini SUV RS sudah dalam wujud versi produksi tapi belum sepenuhnya diperlihatkan. Para pengunjung bisa menjumpainya tapi masih dengan balutan stiker kamuflase di seluruh body.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM mengungkapkan yang dilihat pengunjung di lantai pameran Honda kali ini adalah langkah lanjutan dari realisasi SUV RS Concept. Sebelumnya kendaraan konsep ini disambut dengan antusias oleh konsumen di Indonesia.

“Model ini akan memperkuat lini Honda di segmen SUV yang saat ini terus menjadi segmen yang berkembang paling pesat di Indonesia. Saat ini kami masih melakukan beberapa studi mengenai model ini dan dalam waktu dekat kami akan meluncurkannya di Indonesia,” ucap Billy dalam keterangannya.

Billy juga menyebutkan waktu yang dijanjikan tidak akan lama. Bahkan dirinya berani mengungkapkan bentuk akhir SUV RS Concept akan diperlihatkan tahun ini dan bisa sampai di rumah konsumen pada awal 2023 mendatang.

SUV RS Concept memang akan menyasar pasar SUV kompak. Honda sendiri memberikan sentuhan karakter sporty sebagai ciri khas Honda. Tampilan eksteriornya dipadukan dengan desain SUV yang memiliki garis-garis tegas, grille berukuran besar berdesain modern. Desain lampu depan dan belakang yang menarik serta roda berukuran besar untuk mempertegas kesan tangguh. Sekilas menyerupai bentuk BR-V terbaru tentu dengan dimensi yang lebih ringkas.

Honda Small SUV RS ditempatkan dalam sebuah box khusus. Menariknya, pengunjung tidak dapat melihat detail desainnya karena unit konsep ini menggunakan livery kamuflase dengan warna perpaduan abu-abu, kuning neon dan merah. Namun bagi pengunjung yang penasaran, Honda menyertakan QR Code yang ada di samping display box dan mengarah ke situs berisi informasi lebih lanjut mengenai model ini.

Seperti pada kemunculannya di akhir 2021 lalu, SUV RS Concept menjadi cara Honda menggarap pasar SUV. Saat ini produk Honda di segmen SUV adalah All New Honda BR-V untuk Low SUV, All New HR-V untuk Medium SUV, dan CR-V di segmen SUV. Penjualan akumulatif ketiga produk SUV berkontribusi sebesar 53 persen terhadap total penjualan Honda di Juli 2022.

Tren penjualan SUV secara nasional juga ikut meningkat. Pada 2021 sempat melampaui penjualan LCGC dan MPV. Ini juga sejalan dengan tren di mana pasar kendaraan murah dan mobil keluarga cenderung stagnan. Di Juli 2022, segmen SUV menjadi segmen dengan penjualan terbesar di Indonesia.

Mengapa SUV bertumbuh? Jawabannya karena pemerataan ekonomi dan pembangunan infrastruktur di berbagai daerah. Ini mendorong terciptanya pasar otomotif baru, konsumen ingin mobil yang sesuai dengan kondisi sekitar serta sesuai kebutuhan.

SUV dianggap memenuhi kebutuhan konsumen saat ini. Beberapa di antaranya karena menawarkan kelebihan jarak pijak tanah yang lebih tinggi, mesin yang bertenaga, kabin yang nyaman, teknologi keamanan yang lebih canggih.

Selain itu, SUV juga terhitung kendaraan yang unik. Ini sesuai dengan karakter konsumen yang berbeda. Potensi menggiurkan ini tentu tidak ingin disia-siakan Honda sehingga harus menciptakan produk baru untuk segmen berbeda.(SETYO ADI / WH)