mediabangsa.com – JAKARTA – BMW Group Indonesia resmi menghadirkan 2-series Gran Coupe Sport ke Tanah Air. Konsep yang ditawarkan cukup radikal, pasalnya BMW ingin menggabungkan DNA sedan dan pengalaman berkendara gran tourer dalam satu paket. Ditambah dengan dukungan performa khas BMW yang kini sudah mengadopsi mesin transversal dengan penggerak roda depan. Tentu ini adalah hal baru yang disematkan pada keluarga BMW yang dikenal dengan konfigurasi mesin loungitudinal berpenggerak roda belakang.

Harga BMW 2-Series Gran Coupe CKD

Keunikan spesifikasi 218i Gran Coupe

BMW 2-series Gran Coupe ini juga menegaskan kesan coupe yang kental meski memiliki empat pintu dengan kapasitas empat penumpang. Di samping itu, dukungan fitur pengendaraan dan hiburan juga tak luput pada generasi terbaru dari 2-series Gran Coupe ini. BMW Group Indonesia merilis 2-series Gran Coupe dalam satu varian yang dirakit lokal di Indonesia, selain itu ia menjadi model BMW paling terjangkau dengan banderol Rp 705 jutaan off the road. Berikut ini kami hadirkan fakta-fakta menarik dari BMW 2-series Gran Coupe yang baru saja diluncurkan di Indonesia.

Eksterior

Desain eksterior pada BMW 218i Gran Coupe Sport ini sangat kental dengan model coupe klasik yang memiliki siluet memanjang dan dinamis. Selain itu, terdapat detail eksklusif seperti garis-garis kidney grille dengan BMW M Performance High Glossy Black serta penggunaan desain lampu utama yang sudah didukung teknologi LED. Beralih ke bagian belakang, terdapat BMW M Performance Rear Spoiler yang didesain untuk meningkatkan aerodinamika dan stabilitas saat berakselerasi.

Selain itu, penggunaan BMW M Performance juga terdapat pada kedua spion dan velg berukuran 18-inci dengan V-Spoke light alloy dengan kelir hitam. BMW Seri-2 Gran Coupe memiliki panjang 4.526 mm dan lebar 1.800 mm tetapi tingginya hanya 1.420 mm, ditambah lagi wheelbase 2.670 mm memberikan ruang kabin nyaman dan luas. Pengguna 2-series Gran Coupe juga dapat memanfaatkan kompartemen bagasi seluas 430 liter untuk membawa barang bawaan tambahan seperti koper hingga sebuah tas golf.

Mesin

Sebagai sebuah kendaraan yang menawarkan performa yang maksimal, BMW 218i Gran Coupe Sport dibekali dengan mesin 3-silinder 1.5 liter TwinPower Turbo yang dikawinkan dengan transmisi Steptronic 7-percepatan. Paket mesin tersebut mampu memproduksi tenaga maksimal hingga 140 hp dengan torsi puncak yang mencapai 220 Nm pada 1.480 rpm hingga 4.200 rpm. Dengan bekal tersebut, BMW 2-series Gran Coupe mampu melesat dari posisi diam ke 100 km/jam dalam waktu 8,7 detik dengan kecepatan maksimal yang mencapai 213 km/jam. Selain itu, mesin tersebut juga sudah didukung dengan teknologi BMW EfficientDynamics generasi terbaru yang meningkatkan efisiensi bahan bakar dan lebih ramah lingkungan.

Interior

BMW 218i Gran Coupe Sport memadukan gaya sporty dengan sentuhan mewah di dalam kabinnya. Seluruh bagian interior dilapisi dengan material Sensatec Upholstery yang dikombinasikan dengan Illuminated Trim Berlin. Selain itu, kursi belakang juga dapat dilipat dengan konfigurasi 40/20/40 demi memberikan ruang tambahan di bagasi belakang saat membawa barang bawaan yang banyak. Untuk memudahkan akses pintu bagasi tersedia pula tombol otomatis dengan fitur comfort access yang dapat dioperasikan melalui gerakan kaki di bawah bagasi.

Beralih ke ruang kemudi, BMW 2-series Gran Coupe sudah disajikan dengan layar cluster meter berukuran 10,25 inci dengan BMW Live Cockpit Profesional. Sementara itu, akses untuk layanan hiburannya sudah didukung dengan BMW Operating System 7.0 terbaru, lengkap dengan gesture control.

Selain dapat mengoperasikan seluruh layanan melalui lingkar kemudi, pengendara juga dapat memanfaatkan fitur BMW iDrive Controller untuk mengoperasikan seluruh layanan hiburan serta menggunakan BMW Intelligent Personal Assistant. Fitur terakhir yang disebut merupakan layanan perintah suara yang dapat Anda operasikan dengan diawali oleh kalimat “Hai BMW!”. Sementara untuk sambungan nirkabel ke smarpthone sudah didukung dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Fitur Pengendaraan

BMW 2-series Gran Coupe juga menyediakan fitur pengendaraan, salah satunya BMW Performance Control. Melalui fitur ini sistem secara otomatis mengontrol setiap roda satu per satu demi memberikan pengendaraan yang lebih dinamis dan stabil. Selain itu, keempat rodanya mampu menggunakan traksi maksimum untuk memastikan pengendaraan yang stabil namun gesit.

Fitur keselamatan lain yang tersedia pada BMW 2-series Gran Coupe adalah Active Park Distance Control (PDC), rear view camera, Parking Assistant dan Reversing Assistant. Meskipun seluruh fitur ini hadir sebagai opsional yang ditawarkan pada konsumen sebelum memiliki BMW 2-series Gran Coupe. Fitur Parking Assistant memungkinkan parkir berbantuan otomatis di ruang parkir yang paralel atau tegak lurus dengan jalan, serta manuver otomatis keluar dari ruang parkir paralel.ALVANDO NOYA / WH

carvaganza.com.