mediabangsa.com – Jakarta Seorang perancang busana asal Indonesia yang sedang naik daun, yakni Lisa Ju, sukses melakukan peragaan busana pertamanya di Arab Fashion Week 2022 – Couture FW 2023/2024 pada 13 Oktober 2022 lalu. Peragaan busana Arab Fashion Week ini digelar di Dubai, UEA (Uni Emirat Arab) yang diramaikan oleh desainer internasional lainnya dari Irak, Turki, Eropa, UEA termasuk Michael Cinco yang terkenal.

Lisa yang berasal dari Bandung, telah meluncurkan lini fashion pertamanya di bawah namanya pada tahun 2018. Ia secara konsisten menarik perhatian dan menginspirasi banyak orang dengan semua yang dilakukannya sejak saat itu. Kesempatan untuk menampilkan karyanya di Arab Fashion Week kali ini merupakan salah satu momen paling bersejarah dalam perjalanan modenya.

Mewakili Indonesia dalam pekan mode internasional resmi bukanlah hal yang kecil baginya. Kesempatan emas ini ia anggap sebagai perkembangan alami dari hasratnya yang besar sebagai perancang busana muda.

Menampilkan 18 koleksi

Lisa Ju menampilkan 18 koleksi miliknya yang bertajuk “LA FARFALLA”. Alasan ia memilih koleksi ini untuk dipamerkan di pekan mode internasional yakni Arab Fashion Week 2022/2023 adalah karena koleksi LA FARFALLA terinspirasi dari metamorfosis kupu-kupu di kebun raya. Arti lainnya adalah koleksi ini merepresentasikan simbol dari proses perkembangan manusia.

Desain pada koleksi LA FARFALLA diperkaya dengan aplikasi kompleks tas manik-manik yang dibalut dengan detail kristal. Dibuat dengan teknik manipulasi kain yang menarik, karya LA FARFALLA menampilkan desain garis struktural. Bentuk bunga dan kupu-kupu pada koleksi ini tidak hanya dipengaruhi oleh bentuk betina yang menonjol, tetapi juga dipengaruhi oleh anatomi botani.

Hal tersebut dapat dilihat dari mahkota bunga yang merupakan tabung yang dibentuk oleh kelopak di dasar bunga. Bentuk bunga yang utuh juga menciptakan kesan yang kuat, keseimbangan yang indah, dan juga keindahan harmoni yang menakjubkan. Warna dan mood melamun yang dihadirkan dari setiap karya diciptakan untuk mencapai estetika modern dan mencerminkan rasa tema yang halus tanpa mengorbankan keanggunan dan keunikan sebagai gaya khasnya.

“Saya sangat tertarik dengan filosofi dan telah terpesona oleh perihutan ini sejak saya masih kecil, dan ya ini adalah refleksi dan semangat bagaimana sayabisa berkembang di industri fashion ini,” kata Lisa.

Perjalanan karier Lisa Ju

Lisa Ju merupakan seorang perancang busana yang lahir di Bandung, Jawa Barat, Indonesia pada tahun 1991. Ia menyelesaikan pendidikannya di Universitas Fashion Maranatha Indonesia pada tahun 2013. Membuka toko pertamanya pada tahun 2019, Lisa dianugerahi sebagai The Best Young Designer oleh Majalah High End Indonesia setahun setelahnya, yakni 2019.

Lisa Ju selalu menghadirkan desain artistik, penuh warna, dan feminin yang tampak terstruktur cantik dalam setiap karyanya. Desain koleksinya cenderung menggabungkan kain halus seperti renda, sifon, organza, dan sutra dengan ornamen untuk menambah keanggunan ekstra pada karyanya. Desainnya yang mempesona, halus, terkesan romantis, dan canggih merupakan pilihan yang populer untuk pakaian malam dan gaun pengantin.

Klien Lisa Ju sangat beragam, mulai dari generasi baby boomer hingga generasi Z terbaru bahkan generasi sebelumnya. Lisa Ju terus berfokus pada tantangan tanpa mengkhawatirkan rasa takut akan perbedaan pendapat dan nilai antara generasi yang berbeda. Ia menyeimbangkan kebutuhan akan kemampuan beradaptasi dalam lingkungan yang selalu berubah. Fokus utama Lisa Ju adalah memastikan gaya inti dan ciri khasnya sambil menjalankan bisnisnya.

*Penulis: Frida Anggi Pratasya.

#Women for Women