mediabangsa.com – JAKARTA – Selama dua tahun terakhir ini, kebanyakan masyarakat Indonesia tidak bisa melakukan mudik pada Idul Fitri karena didera wabah COVID-19. Namun pada tahun ini, pemerintah mulai melonggarkan peraturan soal mudik karena angka kasus COVID-19 sudah semakin menurun.

Apa saja fitur yang terangkum dalam Toyota Safety Sense (TSS)?

Apa mesin yang dipakai oleh All New Ertiga Suzuki Sport FF?

Pemerintah sendiri telah menyatakan bahwa masyarakat diperbolehkan mudik asalkan sudah vaksin ketiga (booster) dan dibuktikan melalui aplikasi PeduliLindungi. Kelonggaran ini tampaknya akan dimanfaatkan oleh masyarakat yang sudah divaksin untuk melakukan mudik.

Bagi masyarakat yang ingin mudik dengan perjalanan darat, ragam MPV baru sudah bisa dibidik untuk dijadikan moda selama libur Idul Fitri 2022. Terutama yang datang dari segmen Low MPV.

1. All New Toyota Avanza

Salah satu kendaraan paling laris di jagad otomotif Indonesia dan paling ringkas untuk digunakan sebagai mobil keluarga. Kapasitasnya yang mencapai tujuh penumpang dengan tambahan ruang bagasi di bagian belakang membuatnya banyak diincar oleh konsumen di Indonesia. Apalagi mesin baru yang diusung tersedia dalam dua pilihan yakni 4-silinder 1.3-liter dan 4-silinder 1.5-liter.

Kedua mesin tersebut dibekali dengan teknologi Dual VVT-i yang menghasilkan tenaga yang maksimal serta konsumen bahan bakar yang irit. Pada mesin 1.3-liter tenaga maksimal yang dihasilkan mencapai 98 hp dengan torsi puncak yang mencapai 121 Nm. Sementara mesin berkonfigurasi 1.5-liter mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 106 hp dengan torsi puncak yang mencapai 137 Nm.

Pada varian teratasnya, Avanza juga dibekali dengan Toyota Safety Sense (TSS) yang terdiri dari beragam fitur keselamatan berkendara seperti Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking, Pedal Missoperation Control, Lane Departure Warning and Lane Departure dan Front Departure Alert. Selain itu tersedia pula fitur keselamatan standar seperti Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA).

PT Toyota Astra Motor membanderolnya dengan harga mulai dari Rp 233.100.000 untuk varian 1.3 E M/T hingga varian teratasnya yang diisi oleh 1.5 G CVT TSS dijual dengan harga Rp 295.800.000.

2. All New Toyota Veloz

Setelah memecahkan diri dari keluarga Avanza, Toyota Veloz malah tampil gemilang dan lebih laris. Pasalnya ia menawarkan paket yang lebih menarik mulai dari desain eskterior, interior hingga pada penggunaan fitur di dalamnya. Toyota Veloz juga mengisi MPV dengan konfigurasi tujuh penumpang yang hadir dengan tiga pilihan varian yakni Veloz M/T, Veloz Q CVT dan Veloz Q CVT dengan tambahan fitur TSS.

Tidak ada perbedaan yang mencolok antara Avanza dan Veloz, hanya saja material yang digunakan di dalam interior Veloz lebih premium dibandingkan di Avanza. Pada varian teratasnya juga dibekali dengan fitur kesemalatan TSS dan layanan T-Intouch yang memudahkan pengendara mendapatkan seluruh informasi tentang kendaraannya. Termasuk mencari lokasi terakhir dari Veloz saat berada di lapangan parkir dan mengetahui jadwal servis berkala melalui menu E-Care.

Toyota hanya menyediakan satu pilihan mesin 4 silinder 1.5 liter VVT-I yang dipadukan dengan dua pilihan transmisi yakni manual 5 – percepatan dan otomatis CVT. TAM membanderolnya dengan harga mulai dari Rp 251 Jutaan untuk varian terendah, sementara varian teratasnya dijual dengan harga Rp 292 Jutaan.

3. All New Daihatsu Xenia

Kembarannya Toyota Avanza ini juga memiliki kemampuan dan keunggulan yang serupa. Mulai dari kapasitas yang luas hingga tujuh penumpang serta ruang bagasi yang bisa disesuaikan dengan mengatur kursi baris ketiga. Model ini juga dibekali dengan mesin yang memiliki teknologi Dual VVT-i yang juga diklaim memiliki performa maksimal dengan konsumsi bahan bakar yang efisien.

Eksteriornya kini menawarkan tampilan yang lebih sporty berkat guratan garis di sekujur bodi serta penggunaan velg alloy wheel berukuran 16 inci. Di bagian lain, Xenia juga menampilkan desain lampu utama yang dinamis serta sudah didukung dengan teknologi LED di dalamnya.

Serupa dengan Avanza, Daihatsu Xenia juga menghadirkan dua pilihan mesin 4-silinder berkonfigurasi 1.3-liter dan berkonfigurasi 1.5-liter yang dipadukan dengan dua transmisi, yakni manual dan CVT. Sedangkan untuk urusan fitur keselamatan, Daihatsu Xenia membekalinya dengan teknologi Advanced Safety Assist (ASA) serta dukungan fitur standar seperti HSA (Hill Start Assist), VSC (Vehicle Stability Control), ESS (Emergency Stop Signal) dan Dual Airbag.

PT Astra Daihatsu menghadirkan sekitar 20 pilihan varian Xenia dengan rentang harga mulai dari Rp 202 Juta hingga Rp 272 Jutaan untuk varian teratas lengkap dengan fitur ASA dan tampilan ADS.

4. Mitsubishi Xpander

Berada di segmen yang sama, Mitsubishi Xpander sebenarnya memiliki keunggulan yang cukup banyak untuk dijabarkan. Salah satunya ialah desain mewah dan dinamis yang menghiasi eksterior dan interiornya. Belum lagi urusan performa yang ditenagai oleh mesin 4-silinder 1.5-liter dengan teknologi MIVEC yang menghasilkan tenaga maksimal 103 hp dengan torsi puncak yang mencapai 141 Nm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke roda depan melalui sistem transmisi otomatis CVT dan manual 5-percepatan.

Mitsubisi menghadirkan lima pilihan varian New Xpander yang sudah didukung dengan peranti keselamatan standar seperti ASC, ABS-EBD dengan BA, ESS dan Hill Start Assist. Selain sejumlah ubahan juga dilakukan pada bagian eksteriornya untuk mendukung perjalanan jarak jauh.

5. All New Nissan Livina

Seperti halnya Avanza – Xenia, Nissan Livina model tahun 2021 juga kembaran dengan Mitsubishi Xpander. Hasil dari aliansi Mitsubishi – Nissan – Renault memang menggunakan platform Xpander, tetapi secara eksterior dan interior memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

Misalnya, tampilan depan Livina mengusung filosofi desain V-Motion, dan lampu utama Livina pada bagian atas terlihat lebih kecil. Bentuk lampu bawah juga dibuat lebih oval. Untuk mesin, saudara kembar itu sama dengan yang Xpander.

6. All New Ertiga Suzuki Sport FF

Kendaraan keluarga yang paling populer di Indonesia memang diisi oleh MPV dengan konfigurasi 7-penumpang serta tambahan ruang bagasi di dalamnya. Melihat potensi pada segmen tersebut, PT Suzuki Indomobil Sales juga menghadirkan All New Suzuki Ertiga dengan berbagai pilihan varian.

Bahkan belum lama ini, PT SIS merilis Ertiga Suzuki Sport FF yang mengisi varian sport berkat penambahan sejumlah ornamen di eksterior dan interiornya. Secara umum, Suzuki Ertiga menawarkan MPV yang ringkas dengan tampilan yang jauh lebih modern.

Suzuki Ertiga dibekali dengan mesin K15B 4-silinder 1.4-liter VVT yang dikawinkan dengan dua pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Kabarnya mesin ini adalah yang paling irit di kelasnya dan memiliki daya saing yang ketat dengan MPV lainnya. Hal tersebut berkat penyematan fitur menarik seperti Electronic Stability Programme (ESP) serta penambahan fitur e-mirror yang menampilkan visibilitas spion dalam dari kamera belakang.

7. Honda Mobilio

Sejak pertama kali hadir pada 2014 silam, Honda Mobilio sukses menggoyang pasar Low MPV yang sebelumnya didominasi oleh Avanza Xenia. Kendaraan ini memiliki desain yang cocok untuk dikendarai jarak jauh berkat daya tampungnya yang mencapai 7-penumpang serta dukungan mesin 4-silinder 1.5-liter.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 116 hp dengan torsi puncak yang mencapai 145 Nm. Selain itu, Honda Mobilio juga sudah didukung dengan teknologi PGM-FI yang diklaim meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Sementara di dalamnya, Honda Mobilio sudah didukung dengan layanan hiburan yang berpusat pada layar sentuh berukuran 6,8-inci dengan sambungan nirkabel ke smartphone. Selain itu tersedia pula dukungan fitur keselamatan dan keamanan seperti teknologi ABS + EBD pada sistem pengereman. Serta peranti alarm dan fitur immobilizer untuk menghindari terjadinya pencurian kendaraan.

Honda Mobilio dibangun di atas rangka G-CON + ACE yang didesain agar kokoh dan mampu mengurangi dampak benturan pada penumpang kabin. PT Honda Prospect Motor membanderol Mobilio dengan harga Rp 217 juta untuk varian terendah, sementara varian RS dibanderol dengan harga Rp 239 jutaan.

8. Wuling Confero S

Sebenarnya nama Wuling Confero S adalah yang paling menarik untuk dijadikan kendaraan berlibur dan menjelajah ke luar kota. Desainnya yang boxy memberikan ruang kabin yang lega dan nyaman. Ditambah lagi tersedia pilihan konfigurasi kursi captain seat dengan layanan hiburan yang berpusat di layar sentuh berukuran 7-inci di depan.

New Confero S menampilkan desain eskterior yang lebih dinamis dibandingkan model Confero yang lebih sederhana. Sementara itu bagian dalamnya didominasi dengan material kulit bekelir gelap yang kontras oleh jahitan merah. Di balik kapnya, kita akan menemukan mesin 4-silinder 1.5-liter yang dipadukan dengan sistem transmisi manual 5-percepatan. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 96 hp dengan torsi puncak yang mencapai 135 Nm.

Wuling Motors menghadirkan tiga pilihan varian New Confero S dengan harga mulai dari 175,7 juta rupiah, sementara varian L dibanderol dengan harga Rp 188,8 juta rupiah, dan New Confero S 1.5 ACT adalah 197,3 juta rupiah. Kabarnya harga tersebut mengikuti kebijakan PPnBM dari pemerintah. (ALVANDO NOYA/EK)

carvaganza.com.