mediabangsa.com – Memasuki awal 2020, beberapa perusahaan penyedia bahan bakar minyak (BBM) melakukan penyesuaian harga untuk BBM non subsidi. Beberapa perusahaan yang melakukan penyesuaian harga BBM non subsidi seperti Pertamina, Shell, maupun Total. Penyesuaian harga tersebut dilakukan sesuai amanat pemerintah dan mengikuti perubahan harga minyak dunia. Ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah tertuang dalam Kepmen ESDM 187K/10/MEM/2019 mengenai Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyam Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan.

Menurut Fajriah Usman selaku Vice President Corporate Communication Pertamina, penurunan harga BBM umum merupakan tindakan yang dilakukan korporasi dalam merespon ketentuan yang ditetapkan pemerintah. Penyesuaian harga BBM ini diberlakukan di seluruh wilayah Indonesia. Harga BBM di tiap daerah, kata Fajriah, bisa berbeda-beda karena Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) di beberapa daerah tidaklah sama.

“Kami telah berkoordinasi dengan instansi terkait dan memastikan pelayanan kepada masyarakat terus berjalan dengan baik, terutama pelanggan setia produk-produk unggulan Pertamina,” kata Fajriah dalam siaran persnya belum lama ini.

Adanya penurunan harga BBM non subsidi juga dibenarkan oleh VP External Relations Shell, Rhea Sianipar. Menurutnya penurunan harga BBM non subsidi tersebut sesuai terhadap kebijakan internal Shell dalam penetapan harga BBM yang tergantung dari beberapa kondisi, seperti harga minyak dunia.

Shell dan Total telah memberlakukan harga baru lebih awal pada hari pertama tahun baru, yaitu 1 Januari 2020, Kemudian disusul oleh PT Pertamina yang menyesuaikan harga terhadap produk bensin dan solarnya pada 5 Januari 2020.

Lalu, berapa harga BBM non subsidi terbaru per Januari 2020? Berikut daftar selengkapnya.

Pertamina

Shell

Total

Sumber gambar: Shutterstock