mediabangsa.com – Biasanya, slide yang ditampilkan di Microsoft PowerPoint hanya untuk ditampilkan saja. Di luar itu, ada juga cara print PowerPoint yang bisa kamu lakukan, supaya slide yang kamu buat dapat dibaca.

Microsoft PowerPoint adalah aplikasi yang dapat membantumu dalam melakukan presentasi. Aplikasi ini menyediakan slide yang dapat kamu olah agar presentasi yang kamu lakukan dapat berjalan lancar.

Nah, biasanya, slide presentasi ini akan ditampilkan lewat sebuah proyektor yang disambungkan pada laptop atau PC. Namun, adakalanya slide yang sudah dibuat harus dicetak.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut. Pertama, dengan mencetak slide, kamu dapat menemukan eror atau typo yang ada di dalam slide.

Kedua, salinan slide ini juga dapat bermanfaat bagi audiens yang memperhatikan presentasimu.

Untuk dapat mencetak slide PowerPoint yang sudah kamu buat, kamu bisa melewati beberapa langkah. Nah, Glints akan menjelaskan kepada kamu cara print slide PowerPoint yang sudah kamu buat.

Cara Print PowerPoint

PowerPoint sudah menyediakan fitur yang dapat membantu mencetak slide yang sudah dibuat. Ada beberapa langkah yang harus kamu tempuh untuk mencetak PowerPoint ini.

Dirangkum dari sumber seperti halaman support Microsoft dan How-to-Geek, beginilah langkah-langkahnya:

1. Akses file Powerpoint

Pertama, kamu harus mengakses file slide yang ingin kamu cetak. Usahakan, file itu sudah berformat PPT. atau PPTX. Format ini merupakan format umum dari slide yang dibuat di PowerPoint.

2. Print file Powerpoint

Kedua, klik menu “File”, lalu cari pilihan “Print”. Agar lebih cepat, kamu bisa mengetik CTRL + P di keyboard laptop atau PC-mu yang akan langsung mengantarkanmu pada menu “Print”.

Jangan lupa tentukan berapa jumlah salinan yang ingin kamu cetak.

Untuk menentukannya, kamu bisa melihat kolom “Copies”, dan pilih berapa salinan yang ingin kamu buat, misal satu rangkap, dua rangkap, tiga rangkap, atau seterusnya.

© Microsoft Powerpoint

Selain itu, usahakan sudah ada printer yang terkoneksi dengan laptop atau PC-mu. Biasanya, pilihan ini akan tampak dalam menu “Printer”.

Di situ, ada beberapa pilihan printer yang terhubung ke dalam laptop atau PC.

3. Pilih konfigurasi file yang ingin di-print

Urutan cara ketiga, pilih konfigurasi slide PowerPoint yang ingin kamu print. Ada beberapa pilihan yang dapat kamu pilih.

Secara default, PowerPoint akan “Print All Slides”, yang nantinya akan mengarahkanmu untuk mencetak semua slide yang kamu buat.

Namun, ada beberapa pilihan lain yang dapat kamu coba mulai seperti:

    “Print Selection” (mencetak halaman slide yang sudah kamu pilih)

    “Print Current Slide” (mencetak slide yang sedang kamu buka)

    “Custom Range” (kamu bisa mengatur berapa slide yang ingin kamu cetak)

© Microsoft Powerpoint

4. Tentukan detail file yang dicetak

Keempat, tentukan orientasi dan warna dari slide yang akan kamu cetak. Untuk orientasi ada pilihan “Portrai”’ dan ‘”Landscape”.

Jika kamu memilih “Portrait”, slide yang akan kamu cetak nantinya berbentuk vertikal (berdiri).

Sementara jika kamu memilih “Landscape”, slide yang kamu cetak nantinya akan horizontal (melebar).

Lalu untuk warna, pengaturannya ada di bawah orientation dropdown. Tentukan warna dari slide-mu, apakah akan hitam putih atau berwarna.

© Microsoft Powerpoint

5. Atur format file yang dicetak

Kelima, tentukan format hasil cetak slide-mu. Ada tiga format utama dari pilihan cara print slide PowerPoint, yakni “Full Page Slide”, “Notes Pages”, serta “Handout”.

Jika memilih format ‘Full Page Slide’, hasil cetak slide-mu nantinya adalah salinan versi cetak dari slide yang kamu buat, satu slide per satu halaman.

Lalu, jika kamu memilih format “Notes Pages”, akan ada kolom “Speaker Notes” yang disertakan ke dalam hasil cetak.

Kemudian, jika kamu memilih format “Handout”, satu kertas cetak nantinya bisa diisi oleh beberapa slide.

Secara khusus, biasanya format cetakan yang dipakai adalah handout. Akses untuk memilih format cetakan slide kamu nantinya ada di kolom di bawah konfigurasi pencetakan.

Pastikan pilihan “Scale to Fit Paper” sudah dicentang agar penempatan slide lebih sistematis.

© Microsoft Powerpoint

Jika sudah selesai melakukan pengaturan, kamu tinggal menekan pilihan “Print” untuk memulai pencetakan. Slide yang kamu buat pun akhirnya tercetak di atas kertas.

Cara Cetak dalam Bentuk PDF

Pertanyaan selanjutnya yang mungkin perlu dijawab adalah bagaimana cara print PowerPoint dalam bentuk PDF? Tenang saja, hal itu sudah disediakan oleh aplikasi ini.

    Pilih menu “File”, lalu cari pilihan “Export”.

    Klik pilihan ‘Create PDF/XPS Document’.

    Pilih format awal dari versi cetak slide PowerPoint kamu, apakah itu ‘Full Page Slides’, ‘Notes Pages’, atau ‘Handout’.

    Pada pop up-menu, klik ‘Options’ untuk membuka semua pengaturan yang dapat kamu lakukan. Ada kolom “Publish What” yang bisa kamu pakai untuk menentukan format cetakan slide.

© Microsoft Powerpoint

Nah, itulah cara print PowerPoint yang dapat kamu lakukan. Semoga tulisan ini dapat membantumu, ya!

Tahu cara cetak file PowerPoint saja tak cukup, lho, untuk jadi pemberi presentasi jempolan! Ada banyak skill lain yang wajib kamu kuasai.

Kamu bisa mendapatkan skill tersebut dengan mengikuti Glints ExpertClass. Di sana, ada kelas yang diisi pakar kaya pengalaman yang siap berbagi ilmu, termasuk soal presentasi.

Jangan lewatkan kesempatan ini, yuk, pilih kelasnya sekarang juga!

Sumber

    Print your PowerPoint slides, handouts, or notes

    How to Print Multiple PowerPoint Slides to Each Piece of Paper