mediabangsa.com

Populasi mobil diesel kini kian meningkat. Tenaga besar dan hemat dalam pemakaian bahan bakar membuat mobil berbahan bakar solar ini jadi alternatif kendaraan pribadi.

Namun karakteristik dan pemeliharaan mobil diesel sedikit berbeda dibanding mobil berbahan bakar bensin. Satu diantaranya harus memperhatikan cara merawat filter solar. Karena komponen ini cukup vital bagi kinerja mesin mobil diesel.

1. Bersihkan Tiap 10.000 Km

Jangan lupa bersihkan filter solar dari kotoran

Filter solar sama dengan saringan bahan bakar (fuel filter) yang juga ada di mesin berbahan bakar bensin. Kegunaannya pun serupa, yaitu menyaring kotoran yang mungkin ada pada bahan bakar agar tidak ikut masuk ke ruang mesin dan komponen lainnya.

Untuk itulah sebaiknya bersihkan filter solar setiap kelipatan 10.000 km. Ini untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada filter agar filter tidak mudah rusak.

2. Jangan Telat Ganti

Jangan sampai telat ganti filter solar

Filter solar memiliki elemen yang cukup halus, sehingga mudah tersumbat oleh kotoran. Jika dibiarkan menumpuk, maka filter akan mudah sekali tersumbat. Nah cara merawat filter solar juga bukan hanya dibersihkan secara berkala, tapi juga perlu diganti.

Sebaiknya ganti filter tiap 20.000 km. Jangan sampai telat untuk mengganti filter, karena jika filter tak sanggup lagi menyaring kotoran, maka kotoran akan menyumbat nozzel dan menyebabkan kerusakan. Jika sudah rusak, harga nozzel jauh lebih mahal dibanding fuel filter.