mediabangsa.com – Jerawat pasir adalah jerawat dengan ukuran sangat kecil dalam jumlah banyak. Ciri-ciri jerawat ini sangat mudah dikenali dan biasanya tumbuh di dahi, di pipi, maupun di punggung. Tentu saja jerawat pasir dapat mengganggu penampilanmu. Selain itu, tekstur kulit akan jadi terasa kasar akibat keberadaan jerawat ini.

Hindari memencet jerawat ini karena akan memperparah kondisi jerawat dan bekasnya akan sangat susah dihilangkan. Bekas jerawat pasir ini akan sangat mengganggu penampilanmu, terutama jika bekasnya terdapat di wajah.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan jerawat pasir? Tidak perlu repot melakukan perawatan di klinik kecantikan atau membeli obat yang mahal karena kamu dapat mencoba cara menghilangkan jerawat pasir yang mudah, aman dan efektif ini. Kamu bahkan tak perlu repot-repot meracik bahan-bahan alami lagi dengan cara ini.

1. Perhatikan Penyebab Jerawat Pasir

Sebelum menentukan penanganan yang tepat, ada baiknya untuk cari tahu terlebih dahulu apa penyebab jerawat pasir yang kamu alami. Pasalnya, ada beberapa jenis jerawat yang timbul bukan hanya dari kebiasaan sehari-hari melainkan karena faktor hormon atau faktor kondisi tubuh lainnya.

Untuk penyebab jerawat yang timbul karena kebiasaan, kita masih bisa mengatasinya dengan mengubah kebiasaan tersebut. Tapi, kalau penyebabnya datang dari hormon atau kondisi tubuh lainnya sehingga jerawat tersebut selalu timbul, maka kita perlu bantuan profesional untuk menanganinya.

2. Lakukan Double Cleansing

Setelah memperhatikan penyebab timbulnya jerawat pasir, kita bisa mulai dengan mengubah kebiasaan. Kalau kamu biasanya hanya menggunakan water-based cleanser saja untuk membersihkan wajah padahal kamu sudah melakukan berbagai aktifitas di luar ruangan, kamu perlu menerapkan double cleansing.

Double cleansing sendiri merupakan salah satu metode pembersihan wajah dalam dua tahap yakni menggunakan micellar water atau oil based cleanser dan menggunakan water based cleanser. Penerapan double cleansing ini sangat berguna untuk memastikan enggak ada kotoran atau sisa makeup yang menempel di wajah. Kalau pembersihan wajah kurang maksimal, kotoran tersebut bisa menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

3. Eksfoliasi Wajah

Penyebab lain dari timbulnya jerawat pasir bisa diakibatkan karena pori-pori yang tersumbat dan bercampur dengan kotoran. Karena itu, penting untuk melakukan eksfoliasi rutin agar sel-sel kulit mati bisa terangkat dan kotoran yang menyumbat pori-pori bisa hilang.

Eksfoliasi bisa kamu lakukan dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan toner. Toner jenis eksfoliasi atau exfoliating toner biasanya mengandung AHA (seperti Glycolic Acid, Lactic Acid), BHA (contohnya: Salicylic Acid), atau PHA (Lactobionic Acid). Eksfoliasi jenis ini tergolong chemical peeling dan lebih aman di kulit.

4. Gunakan Pelembap yang Ringan

Jerawat pasir bisa juga timbul karena kulit yang over-moist atau terlalu lembap. Untuk menyiasatinya, kamu bisa pilih pelembap yang teksturnya ringan atau tipe pelembap yang berbahan dasar air.

Selain itu, kamu juga bisa pilih pelembap yang bertekstur gel. Pelembap dengan jenis ini biasanya cenderung lebih mudah diserap kulit dan terasa ringan sehingga enggak akan menimbulkan jerawat pasir.

5. Pastikan pH Wajah Seimbang

Kulit yang sedang berjerawat terutama sedang mengalami jerawat pasir biasanya sangat rentan untuk iritasi. Karena itu, penting untuk menggunakan pembersih wajah yang pH nya rendah biar keseimbangan kulit tetap terjaga.

Pembersih wajah dengan pH yang seimbang biasanya juga akan tetap terasa melembapkan di wajah meskipun kulit sudah dibersihkan. Jenis pembersih wajah dengan pH yang rendah juga enggak bakal bikin kulit jadi kering ketarik sehingga nyaman digunakan.

6. Hindari Kondisi yang Menimbulkan Keringat Berlebih

Penyebab jerawat pasir lainnya adalah bisa disebabkan oleh keringat berlebih. Tapi jangan salah, berkeringat memang bagus untuk mengeluarkan sisa-sisa kotoran yang enggak berguna di tubuh kita, tapi kalau kondisi kulit lagi terlalu lembap dan keringat berlebih, hal ini bisa menimbulkan jerawat pasir di wajah. Pasalnya, keringat bisa bercampur dengan kotoran sehingga menimbulkan jerawat pasir.

Penggunaan ciput yang terlalu ketat (bagi yang berkerudung) serta rambut berponi atau panjang juga bisa menjadi penyebabnya karena hal-hal tersebut rentan terkena kotoran dan keringat. Karena itu, hindari kondisi yang bisa menimbulkan keringat muncul secara berlebihan dan selalu jaga kebersihan benda-benda yang dipakai.

7. Lap Keringat Dengan Tisu atau Handuk Bersih

Ketika keringat berlebih muncul, kamu perlu menyeka keringat tersebut dengan menggunakan kain atau handuk bersih. Makanya, siapkan selalu handuk bersih di tas kalau kamu lagi banyak beraktifitas aktif di luar ruangan. Kamu juga bisa menggunakan tisu untuk me-lap keringat di wajah supaya bakteri dan keringat tidak bersatu dan akhirnya menimbulkan jerawat pasir.

8. Gunakan Produk Dengan Kandungan Tea Tree Oil

Salah satu kandungan yang dinilai cukup ampuh untuk mengatasi jerawat pasir adalah Tea Tree Oil. Kandungan ini memang banyak digunakan dalam berbagai produk kecantikan khusus jerawat. Pasalnya, Tea Tree Oil mempunyai kemampuan anti peradangan dan juga anti bakteri.

Kemampuan anti peradangannya bisa membantu mencegah jerawat pasir berkembang menjadi jerawat yang lebih parah. Sedangkan, anti bakteri-nya berguna untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Jadi, penggunaan produk dengan kandungan Tea Tree Oil bisa membantu mengontrol pertumbuhan jerawat pasir.